Strategi supervisi penilik dalam peningkatan kapasitas kelembagaan kelompok bermain (studi kasus di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang)/ Evi Udi Santiko</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi supervisi penilik dalam peningkatan kapasitas kelembagaan kelompok bermain (studi kasus di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang)/ Evi Udi Santiko</p>

Santiko, Evi Udi (2022) Strategi supervisi penilik dalam peningkatan kapasitas kelembagaan kelompok bermain (studi kasus di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang)/ Evi Udi Santiko</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program pendidikan nonformal di Indonesia saat ini masih memerlukan peningkatan kapasitas dan mutu kelembagaan. Salah satunya pada lembaga pendidikan nonformal yang disebut dengan kelompok bermain (KB). Upaya untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dapat dilaksanakan melalui fungsi kepenilikan dan pengendalian mutu yang dilakukan oleh penilik. Oleh karena itu dibutuhkan seorang penilik pada tingkat kecamatan untuk melakukan supervisi. Penilik yang melakukan fungsi kepenilikan dengan prestasi yang cukup gemilang salah satunya yaitu penilik di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Berdasarkan penelitian pendahuluan penilik KB di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang telah memenuhi target keberhasilan dan produktifitas yang cukup tinggi untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan KB seperti akreditasi penulisan karya ilmiah dan peningkatan sarana prasarana melalui supervisi yang telah dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam observasi partisipatori dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Sumber data pada penelitian ini adalah penilik Kepala Seksi (Kasi) dan Kepala Bidang (Kabid) bidang pendidikan nonformal Kabupaten Malang dan Kepala Lembaga KB di Kecamatan Gedangan. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan menggunakan tiga tahapan utama yaitu data collection data reduction dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan strategi dalam supervisi lembaga KB di Kecamatan Gedangan yang meliputi (1) supervisi dilakukan secara interaktif dan humanis (2) mengadakan kegiatan bimbingan teknis (BIMTEK) mandiri dan pendampingan secara intens (3) membuat instrumen supervisi yang fleksibel dan sesuai dengan keadaan dilapangan (4) merubah pola pikir (5) melakukan konsultasi dan studi banding dan (6) menggunakan metode dhelpi. Terdapat dua materi yang digunakan oleh penilik dalam supervisi lembaga KB di Kecamatan Gedangan yaitu materi aspek manajerial dan materi aspek akademik. Materi yang digunakan dalam supervisi aspek manajerial yang dilaksanakan oleh penilik di KB Kecamatan Gedangan adalah (1) standar pendidik dan kependidikan (2) standar sarana dan prasarana (3) standar pengelolaan dan (4) standar pembiayaan. Kemudian aspek dalam supervisi akademik di lembaga KB Kecamatan Gedangan yang dilakukan oleh penilik yaitu (1) perencanaan pembelajaran yang terdiri dari program semester rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) rencana pelakasanaan pembelajaran (RPPM) dan kurikulum (2) pelaksanaan pembelajaran dan (3) penilaian hasil belajar. Komponen-komponen tersebut merupakan suatu rangkaian untuk pengendalian mutu dan evaluasi dampak program yang bertujuan untuk peningkatan kapasitas kelembagaan. Saran berdasarkan hasil penelitian ini yaitu (1) penilik agar tetap mempertahankan dan meningkatkan strategi supervisi yang telah dilakukan baik dari aspek akademik maupun manajerial (2) Dinas Pendidikan Kabupaten Malang khususnya bidang pendidikan nonformal dan informal disarankan untuk melakukan peningkatan kapasitas penilik dan lembaga KB melalui inovasi dan strategi yang adaptif dan kolaboratif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322119

Actions (login required)

View Item View Item