Kepemimpinan berfokus solusi, kepuasan kerja guru, komitmen keorganisasian guru terhadap reputasi sekolah menengah pertama negeri di Kota Malang / Wiwin Ni\'maturrohmah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan berfokus solusi, kepuasan kerja guru, komitmen keorganisasian guru terhadap reputasi sekolah menengah pertama negeri di Kota Malang / Wiwin Ni\'maturrohmah</p>

Ni'maturrohmah, Wiwin (2022) Kepemimpinan berfokus solusi, kepuasan kerja guru, komitmen keorganisasian guru terhadap reputasi sekolah menengah pertama negeri di Kota Malang / Wiwin Ni\'maturrohmah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Reputasi sekolah merupakan hal yang penting karena tidak hanya calon peserta didik terbaik yang tertarik masuk tetapi juga dukungan sumberdaya kepadanya sangat tinggi. Untuk mewujudkan sekolah yang berkualitas tentunya tergantung sepenuhnya pada pimpinan sekolah yaitu kepala sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah yang berfokus solusi akan mendukung peran guru dan staf sehingga memberikan kontribusi terbaik guna mencapai keberhasilan sekolah. Penelitian ini ingin meneliti lebih lanjut mengenai peran kepala sekolah terutama mengenai kepemimpinan yang berfokus solusi serta guru terutama berkaitan dengan kepuasan guru dan komitmennya terhadap reputasi sekolah dikarenakan reputasi sekolah bukan hanya hasil kerja atau kinerja semata-mata dari bagian hubungan masyarakat (humas) sekolah. Tanpa dilandasi oleh kinerja kepemimpinan kepala sekolah kepuasan kerja dan komitmen keorganisasian guru maka capaian reputasi sekolah tidak lebih sekadar hasil pencitraan yang akan menjadi boomerang bagi sekolah apabila ditemukan bukti yang sebaliknya. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan berfokus solusi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru pengaruh kepemimpinan berfokus solusi kepala sekolah terhadap komitmen keorganisasian guru baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja guru serta mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan berfokus solusi kepala sekolah terhadap reputasi sekolah baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja guru dan komitmen keorganisasian guru SMP Negeri di Kota Malang. Populasi pada penelitian adalah seluruh guru dan tenaga pendidik di SMP Negeri Kota Malang serta orang tua wali murid SMP Negeri di Kota Malang. Berdasar data yang diperoleh diketahui jika jumlah guru dan tenaga pendidik SMP Negeri di Kota Malang sebanyak 1.334 orang. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 200 orang guru dan tenaga pendidik dari tiap-tiap SMP Negeri di Kota Malang untuk menilai variabel kepemimpinan sekolah fokus solusi kepuasan kerja dan komitmen keorganisasian. Sebanyak 200 orang tua siswa digunakan untuk menilai variabel reputasi sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 24.0. Hasilnya menunjukkan bahwa kepemimpinan berfokus pada solusi kepala sekolah mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri di Kota Malang. Kepemimpinan berfokus pada solusi kepala sekolah mempunyai pengaruh terhadap komitmen keorganisasian guru baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja guru SMP Negeri di Kota Malang. Kepemimpinan berfokus pada solusi kepala sekolah mempunyai pengaruh terhadap reputasi sekolah baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja guru dan komitmen keorganisasian guru SMP Negeri di Kota Malang. Hasil temuan dari penelitian ini maka Kepala Dinas disarankan untuk memprogramkan dan meyelenggarakan pelatihan untuk kepala sekolah dengan materi antara lain kepemimpinan berfokus solusi karena akan berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru. Selain itu Kepala Dinas hendaknya menugaskan kepada pengawas untuk memberikan arahan tentang kepemimpinan berfokus solusi dan mencari tenaga ahli untuk menulis pedoman tentang kepemimpinan berfokus solusi yang kemudian diberikan kepada kepala sekolah dengan konsultan peneliti. Bagi kepala sekolah hendaknya dalam menjalankan kepemimpinannya mengutamakan keteladanan dan juga memberikan dorongan pada guru dan tenaga pendidik dalam menemukan solusi secara bersama guna meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen keorganisasian yang akhirnya akan berdampak positif terhadap reputasi sekolah. Guru seharusnya lebih menjalin hubungan interaktif dengan siswa diantaranya dengan melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan memperhatikan pendapat siswa sehingga dapat meningkatkan kepuasan guru terhadap siswa. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan alat analisis lain seperti Partial Least Square (PLS) sehingga diperoleh hasil penelitian yang lebih baik. Penelitian ini masih dibatasi pengaruhnya pada kepuasan kerja dan komitmen keorganisasian sehingga disarankan selanjutnya untuk dilakukan penelitian terhadap kinerja guru dan tenaga pendidikan yang juga menjadi salah satu hal penting yang menentukan keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuannya dan juga pengembangan reputasi sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322098

Actions (login required)

View Item View Item