Pengaruh kepemimpinan pembelajaran dan iklim sekolah terhadap kinerja guru dalam penerapan kurikulum merdeka SMK di Kota Bitung /&nbsp;Irvine Sibula&nbsp;</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepemimpinan pembelajaran dan iklim sekolah terhadap kinerja guru dalam penerapan kurikulum merdeka SMK di Kota Bitung /&nbsp;Irvine Sibula&nbsp;</p>

Sibula, Irvine (2024) Pengaruh kepemimpinan pembelajaran dan iklim sekolah terhadap kinerja guru dalam penerapan kurikulum merdeka SMK di Kota Bitung /&nbsp;Irvine Sibula&nbsp;</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan fenomena yang terjadi dimana tugas kepala sekolah selaku pemimpin secara khusus selaku pemimpin pembelajaran belum mempunyai bagian seharusnya. Kepala sekolah terkadang masih sibuk dengan tugas rutin seperti kegiatan non akademis pertemuan hingga kesempatan untuk memperbaharui inovasi pembelajaran kurikulum penilaian belum mendapatkan perhatian secara utuh sehingga berdampak pada kinerja guru. Penelitian terdahulu mengungkapkan bahwa 1) guru yang belum memahami konsep Kurikulum Merdeka Belajar 2) guru yang kurang memahami tentang pengembangan model ajar 3) guru yang belum memahami tentang model projek 4) guru yang belum memahami asesmen formatif awal dan pembelajaran berdiferensiasi 5) Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran masih rendah 6) Penerapan P5 belum optimal dan 7) Penerapan asesmen dan pembelajaran berdiferensiasi belum optimal. Hal - hal seperti inilah yang menjadi pemicu kinerja guru sehingga akan berdampak pada penerapan kurikulum merdeka yang dalam pelaksanaannya belum sesuai harapan. Adapun pada penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat aktualisasi kepemimpinan pembelajaran oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru pada penerapan kurikulum merdeka SMK di Kota Bitung. Lebih lanjut penelitian juga bertujuan untuk menganalisis iklim sekolah terhadap kinerja guru pada implementasi kurikulum merdeka smk di Kota Bitung. Berbagai pengaruh akan dianalisis pada pengaruh secara langsung ataupun secara simultan dari variabel eksogen terhadap variabel endogen. Penelitian ini memiliki rancangan atau metode penelitian seperti description correlational and prediction design. Populasi pada penelitian ini seluruh Guru SMK di Kota Bitung. Teknik pengambilan sampel memakai random sampling. Teknik pengambilan data memakai kuesioner kemudian dibagikan kepada sekolah melalui pengiriman aplikasi google form. Untuk mengungkapkan bagaimana pengaruh antara faktor atau variabel yang akan diteliti maka penelitian ini memakai analisis SEM berbantuan SPSS 26. Temuan analisis dan pengujian hipotesis penelitian memperoleh hasil seperti (1) adanya pengaruh secara signifikan akan kepemimpinan pembelajaran pada kinerja guru dalam penerapan kurikulum merdeka SMK di Kota Bitung (2) adanya pengaruh secara signifikan akan iklim sekolah pada kinerja guru pada penerapan kurikulum merdeka SMK di Kota Bitung (3) adanya pengaruh secara signifikan antara kepemimpinan pembelajaran dan iklim sekolah secara bersama pada kinerja guru dalam penerapan kurikulum merdeka SMK di Kota Bitung. Adapun beberapa saran diberikan dalam penelitian seperti (1) pemerintah dinas pendidikan provinsi Sulawesi utara bisa menjadi evaluasi implementasi kebijakan pemerintah dengan melaksanakan kegiatan pelatihan atau pembinaan demi peningkatan kompetensi guru dalam kurikulum merdeka (2)kepala sekolah bisa mengembangkan kompetensi kepala sekolah secara khusus terkait kepemimpinan pembelajaran dengan melaksanakan workshop untuk membantu guru memperlengkapi kompetensi dalam pembelajaran dalam kurikulum merdeka (3)peneliti yang selanjutnya diharapkan bisa menyempurnakan kekurangan penelitian ini mengenai kepemimpinan pembelajaran iklim sekolah dan kinerja guru serta dapat memberikan referensi dalam peneltiian berikutnya secara mendalam dan komprehensif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322091

Actions (login required)

View Item View Item