Suprianto, Matius Eko (2024) Pengaruh supervisi pembelajaran Kepala Sekolah terhadap kinerja guru dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang dimoderasi iklim dan budaya Sekolah pada SMP di Kota Malang / Matius Eko Suprianto</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru merupakan garda terdepan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kinerja guru merupakan hal yang sangat penting dalam mendukung tercapainya pendidikan yang bermutu di setiap satuan pendidikan. Tanpa kinerja yang baik guru hanya mampu melaksanakan tugas pembelajaran tanpa dijiwai oleh semangat juang yang tinggi. Sebab kinerja bukan hanya bertanggungjawab terhadap tugas sebagai guru dalam pembelajaran melainkan kinerja diterapkan dalam sikap dan perilaku guru dalam kebersamaan denggan peserta didik di sekolah. Lebih lanjut kinerja guru seyogyanya terselenggara secara maksimal demi mendukung pencapaian prestasi peserta didik dalam belajar. Hal yang memprihatinkan apabila kinerja guru menjadi menurun dan berpengaruh terhadap peningkatan proses belajar-mengajar. Penelitian terdahulu membuktikan berbagai faktor yang dapat berpengaruh terhadap menurunnya kinerja guru baik karena profesionalitas pribadi pengaruh kurikulum yang baru dan temuan lain yang memberi kontribusi terhadap rendahnya nilai kinerja guru. Kinerja guru yang dimaksud adalah kinerja dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang telah diterapkan dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat aktualisasi supervisi pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Salah satu tanggung jawab kepala sekolah adalah melakukan supervisi guna meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Lebih lanjut penelitian ini juga bertujuan menganalisis pengaruh iklim dan budaya sekolah terhadap pelaksanaan kinerja guru di sekolah. berbagai pengaruh tersebut akan dianalisis baik pengaruh langsung maupun tidak langsung dari variabel eksogen terhadap variabel endogen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif korelasional dengan desain non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP di Kota Malang. Peneliti menentukan metode sampling area (cluster sampling) karena luas geografis wilayah Kota Malang. Selanjutnya dari masing-masing kecamatan dipilih sekolah secara random. Jumlah sampel dihitung dengan rumus Slovin dengan jumlah responden 214 guru. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan skala likert. Pengujian instrumen sebelum dilakukan penelitian dalam skala luas diuji berdasarkan penilaian ahli (expert judgment) Analisa conten validity uji coba lapangan terbatas dengang jumlah 52 responden guru di luar dari jumlah populasi penelitian dan dianalisis dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil penelitian diuji untuk mengukur agar data terdistribusi secara normal dengan uji asumsi klasik dan confirmatory factor analysis sedangkan untuk analisis data digunakan aplikasi Structural Equation Model melalui SmartPLS 3. Temuan analisis dan pengujian hipotesis penelitian memperoleh hasil bahwa pelaksanaan supervisi pembelajaran kepala sekolah tergolong tinggi iklim sekolah tergolong tinggi tingkat budaya sekolah tergolong tinggi dan tingkat kinerja guru tergolong tinggi. Hasil hipotesis mengemukakan bahwa seluruh variabel laten berpengaruh terhadap kinerja guru. Temuan dalam pengaruh langsung mengungkapkan bahwa (1) supervisi pembelajaran berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja guru (2) supervisi pembelajaran berpengaruh langsung dan signifikan terhadap iklim sekolah (3) supervisi pembelajaran berpengaruh langsung dan signifikan terhadap budaya sekolah (4) iklim sekolah berpengaruh langsung dan singnifikan terhadap kinerja guru (5) budaya sekolah berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja guru. Sedangkan dalam temuan pengaruh tidak langsung mengungkapkan bahwa (1) supervisi pembelajaran berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru yang dimoderasi iklim sekolah dan (2) supervisi pembelajaran berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru yang dimoderasi budaya sekolah. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini diharapkan setiap sekolah berupaya dalam meningkatkan pelaksanaan supervisi pembelajaran sebagai salah satu bantuan dalam pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kinerjanya. Selain itu membangun hubungan dan komuniasi yang baik antara kepala sekolah dan guru guna menciptakan iklim sekolah dan budaya sekolah yang kondusif serta efektif. Sebab iklim dan budaya sekolah sesungguhnya memberikan pengaruh positif yang menunjang demi kemajuan dan keberhasilan pembelajaran terhadap peserta didik di sekolah. Hal lain yang perlu ditemukan lebih lanjut dalam penelitian selanjutnya adalah penelitian terkait dengan variabel lain yang belum diteliti untuk mendukung tercapainya peningkatan kinerja guru demi terselenggaranya pembelajaran dan pencapaian keberhasilan belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322086 |
Actions (login required)
View Item |