Putri, Nia Amanda (2023) Hubungan pendekatan heutagogi, fasilitas pembelajaran dan teacher digital competence dengan kreativitas guru di SMP Negeri Kabupaten Blitar / Nia Amanda Putri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Di Indonesia pertumbuhan pendidikan dan komunikasi terjadi dengan sangat cepat. Informasi dan komunikasi di Indonesia berkembang dengan pesat begitupun dengan pendidikan salah satu pilar pendidikan adalah pendidik atau guru. Peningkatan kualitas guru disiapkan untuk generasi muda yang sesuai dengan dunia kerja dan sosial abad 21. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan kompetensi yang harus dikuasai guru pada abad 21. Penelitian dilakukan di SMP Negeri kabupaten Blitar yang merupakan salah satu tingkatan sekolah dibawah naungan pemerintah dimana segala bentuk fasilitas sekolah sebagai penunjang upaya peningkatan kreativitas guru dibiayai oleh pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui besar tingkat pendekatan heutagogi di SMP Negeri Kabupaten Blitar (2) mengetahui besar tingkat fasilitas pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Blitar (3) mengetahui besar tingkat teacher digital competence di SMP Negeri Kabupaten Blitar (4) mengetahui besar tingkat kreativitas guru di SMP Negeri Kabupaten Blitar (5) mengetahui hubungan antara pendekatan heutagogi dengan kreativitas guru di SMP Negeri Kabupaten Blitar (6) mengetahui hubungan antara fasilitas pembelajaran dengan kreativitas guru di SMP Negeri Kabupaten Blitar (7) mengetahui hubungan antara antara teacher digital competence dengan kreativitas guru di SMP Negeri Kabupaten Blitar (8) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara pendekatan heutagogi dengan teacher digital competence (9) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara fasilitas pembelajaran dengan teacher digital competence (10) mengetahui hubungan tidak langsung antara pendekatan heutagogi dan kreativitas guru melalui teacher digital competence (11) mengetahui hubungan tidak langsung antara fasilitas pembelajaran dan kreativitas guru melalui teacher digital competence. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian menggunakan 10 SMP Negeri Kabupaten Blitar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ialah proportional random sampling. Sehingga sampel yang digunakan sebanyak 226 guru. pengumpulan data menggunakan kuesioner serta teknik analisis menggunakan jalur path dengan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat pendekatan heutagogi dalam kategori baik (2) tingkat fasilitas pembelajaran dalam kategori sangat baik (3) tingkat teacher digital competence dalam kategori baik (4) tingkat kreativitas guru dalam kategor baik (5) terdapat hubungan antara pendekatan heutagogi dengan kreativitas guru dengan nilai P Value 0 040 lt 0 05. (6) terdapat hubungan antara fasilitas pembelajaran dengan kreativitas guru dengan P value 0 000 lt 0 05. (7) terdapat hubungan antara teacher digital competence dengan kreativitas guru dengan nilai P value 0 013 lt 0 05. (8) terdapat hubungan antara pendekatan heutagogi dengan teacher digital competence dengan nilai P value 0 000 lt 0 05. (9) terdapat hubungan antara fasilitas pembelajaran dengan teacher digital competence dengan nilai P value 0 024 lt 0 05. (10) adanya hubungan tidak langsung teacher digital competence yang berperan dalam hubungan antara pendekatan heutagogi dengan kreativitas guru nilai P Value 0 023 lt 0 05 (11) tidak adanya hubungan tidak langsung teacher digital competence yang berperan dalam fasilitas pembelajaran dengan kreativitas guru nilai P Value 0 169 gt 0 05. Berdasarkan temuan dan pembahasan hasil penelitian dikemukakan beberapa saran (1) Kepala Dinas Pendidikan hasil penelitian dapat digunakan sebagai referensi dalam evaluasi program pengembangan kreativitas guru sebagai tenaga pendidik sehingga nantinya dapat meningkatkan kompetensi digital guru khususnya pada jenjang SMP. (2) Koordinator Program Studi S2 Manajemen Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan informasi mengenai urgensi pemahaman manajemen pendidikan bagi lulusan manajemen pendidikan yang nantinya diharapkan mampu mencetak dosen manajer pendidikan supervisor dan analisis berbagai program pendidikan masa depan yang kompeten dan profesional. (3) Kepala sekolah dapat digunakan untuk membantu mengetahui peningkatan sistem pembelajaran disekolah sebagai gambaran dari nilai sekolah lain yang kategorinya tinggi untuk menjadi sekolah yang memiliki integritas guru dengan kualitas digital yang tinggi dengan memanfaatkan pendekatan fasilitas dan kreativitas yang semakin luas. (4) Guru SMP Negeri Kabupaten Blitar dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengukur kemampuan diri untuk berkembang menjadi pendidik yang menguasai pembelajaran yang didukung dengan fasilitas sekolah yang lebih lengkap dan menambah beberapa media yang dibutuhkan untuk proses pembelajaran agar berjalan dengan baik serta perlu mempertahankan kemampuan kompetensi digitalnya dan memperluas wawasan untuk mendukung pendidikan berbasis student centered learning dan teknologi yang ada serta kemampuan guru era digital pada abad 21 yang melek teknologi agar menjadi guru yang semakin berkualitas dan menjadi guru yang lebih dapat menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran unik kreatif dan lebih beragam dengan memanfaatkan kompetensi digitalnya. (5) Penelitian selanjutnya dapat menjadi gambaran untuk lebih mendetail tentang variabel yang baru yakni pendekatan heutagogi fasilitas pembelajaran teacher digital competence dan kreativitas guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322085 |
Actions (login required)
View Item |