Pengembangan media e-learning koi park berbasis scan qr android pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Udanawu / Erlik Prasetyo Wahyudi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-learning koi park berbasis scan qr android pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Udanawu / Erlik Prasetyo Wahyudi</p>

Wahyudi, Erlik Prasetyo (2023) Pengembangan media e-learning koi park berbasis scan qr android pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Udanawu / Erlik Prasetyo Wahyudi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wahyudi Prasetyo Erlik. 2023. Pengembangan Aplikasi Media E-learning Koi Park Berbasis Scan QR Android Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK Negeri 1 Udanawu Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Eng. Didik Dwi Prasetya ST MT (II). Prof. Dr. Tuwoso MP Kata Kunci Mobile learning ADDIE Scan QR Android Koi Park kewirausahaan hasil pembelajaran. Perkembangan teknologi Informasi dan Teknologi (IT) dalam media pembelajaran di dunia pendidikan terus mengalami perubahan yang cepat khususnya melalui penerapan Mobile Learning berbasis Android. Tujuan utama dalam penelitian dan pengembangan ini pada upaya untuk mengembangkan aplikasi media e-learning Koi Park Blitar berbasis Scan QR Android pada mata pelajaran Kewirausahaan Mengetahui tingkat validasi kelayakan aplikasi media e-learning Koi Park Blitar berbasis Scan QR Android pada mata pelajaran Kewirausahaan dan Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XII TKJ di SMK Negeri 1 Udanawu setelah menggunakan aplikasi media e-learning Koi Park Blitar berbasis Scan QR Android sebagai media literasi pembelajaran inovatif pada mata pelajaran Kewirausahaan Penelitian ini difokuskan pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 1 Udanawu. Model penelitian dan pengembangan yang dipakai adalah model ADDIE (Analysis Design Developmen Implementation and Evaluation). Alasan penggunaan model ADDIE dikarenakan model tersebut menggunakan pendekatan sistematis dimana memiliki evaluasi disetiap akhir tahapan. Metode Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Dalam kerangka penelitian ini terbentuklah dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pembentukan kelompok-kelompok ini dilakukan secara alami di dalam satu kelas. Kedua kelompok tersebut dikenai perlakuan yang sama dari segi tujuan dan materi pembelajaran namun perbedaan mendasar terletak pada metode pembelajaran pada kelompok kontrol tanpa menerapkan metode pembelajaran mobile learning sementara kelompok eksperimen menggunakan aplikasi media Mobile learning scan QR koi Park berbasis Android dalam konteks mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan Literasi. Untuk mengevaluasi keberhasilan pengembangan aplikasi media Koi Park Blitar sebagai alat pembelajaran dilakukan perbandingan hasil belajar peserta didik antara kelompok eksperimen yang menggunakan media Koi Park Blitar dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media tersebut dalam proses pembelajaran. Pada tahap uji coba lapangan ini melibatkan 32 siswa dari kelas XII TKJ 2 sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswa dari kelas XII TKJ 1 sebagai kelompok kontrol. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Kolmogorov-Smirnov. Keputusan didasarkan pada nilai signifikansi. Jika signifikansi gt 0 05 maka populasi dianggap terdistribusi normal. Jika signifikansi le 0 05 maka populasi dianggap tidak terdistribusi normal. Mengingat data pretest dan posttest tidak mengikuti distribusi normal maka dilakukan uji Mann Whitney diadakan untuk menguji perbedaan hasil pretest dan posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisa data menggunakan SPSS diperoleh data bahwa Data pretest dan posttest yang telah dianalisis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada uji Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk lt 0 05 sehingga disimpulkan bahwa data penelitian tidak berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas nilai Sig gt 0 05 menunjukkan bahwa data homogen. Uji statistik non-parametrik Mann-Whitney digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kriteria pengambilan keputusan Mann-Whitney adalah jika nilai Asymp Sig lt 0 05 maka hipotesis diterima dan jika nilai Asymp Sig gt 0 05 maka hipotesis ditolak..Analisis hasil menunjukkan nilai Mean Rank kelompok eksperimen sebesar 33.81 lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang memiliki nilai 30.25. Nilai Asymp Sig (2-tailed) adalah 0 031 lt 0 05. Rata-rata nilai posttest peserta didik kelompok eksperimen sebesar 84.00 lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang memiliki rata-rata 78.13. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Media Koi Park Blitar memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada kegiatan antara penerapan mobile learning scan QR Koi Park berbasis android terhadap hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan di kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Udanawu. Bagi peneliti berikutnya kami merekomendasikan untuk lebih memperluas lingkup penelitian dengan menggali lebih dalam tentang pengaruh berbagai faktor seperti karakteristik siswa dan konteks sekolah terhadap efektivitas mobile learning scan QR Koi park berbasis android dalam mata pelajaran ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322081

Actions (login required)

View Item View Item