Nawasita, Kartika Dwi (2023) Manajemen strategik pembelajaran literasi Sekolah Dasar Inklusi di Malang (studi multi situs di SD Unggulan Permata Jingga, SD my little island, dan SDN Sumbersari 2 Malang) / Kartika Dwi Nawasita</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan komponen penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas sebagai pondasi utama membentuk karakter bangsa untuk itu diperlukan manajemen strategik yang baik dalam penerapannya. Manajemen strategik dimulai dari pengembangan misi penetapan tujuan penyusunan strategi implementasi strategi dan evaluasi yang dilaksanakan sebagai suatu kesatuan. Kualitas dan kemajuan suatu bangsa juga dapat dilihat dari minat literasi masyarakatnya. Kemampuan literasi yang baik diperlukan oleh semua kalangan baik peserta didik di sekolah umum maupun inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan visi dan misi yang berhubungan dengan pembelajaran literasi yang dilakukan oleh kepala sekolah di sekolah dasar inklusi (2) Mendeskripsikan faktor lingkungan internal dan eksternal pembelajaran literasi di sekolah dasar inklusi (3) Mendeskripsikan tujuan sasaran dan strategi pembelajaran literasi oleh kepala sekolah di sekolah dasar inklusi dan (4) Mendeskripsikan hasil dari penerapan manajemen strategik pembelajaran literasi pada kemampuan membaca menulis dan memahami bacaan bagi peserta didik sekolah dasar inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain multi situs. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah wakil kepala sekolah dan guru kelas yang dipilih menggunakan teknik snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan model pemikiran interaktif yang diperkenalkan oleh Miles Huberman amp Saldana (2014). Model ini meliputi pengumpulan data pemadatan data penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan memastikan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik. Temuan penelitian ini mengungkapkan hal-hal sebagai berikut (1) Visi dan misi yang ditetapkan oleh kepala sekolah menjadi pedoman dalam kegiatan pembelajaran literasi. Pembelajaran literasi dilaksanakan selaras dan dibangung berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan individu yang kompeten dan profesional dengan menumbuhkan suasana belajar yang menarik kreatif efisien menyenangkan dan inovatif (2) Penerapan pembelajaran literasi tidak hanya dipengaruhi oleh faktor eksternal Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dicanangkan oleh pemerintah tetapi juga dipengaruhi oleh faktor internal sekolah yang menyadari pentingnya literasi untuk melatih peserta didik agar berpikir kritis dan memiliki pemahaman yang baik serta pentingnya kegiatan literasi untuk pengembangan potensi dan kemampuan peserta didik (3) Tujuan pembelajaran literasi yang dilakukan adalah meningkatkan pemahaman bacaan peserta didik dan kemampuan menganalisa yang lebih baik dengan sasarannya adalah peserta didik kelas 1 hingga kelas 6 baik yang reguler maupun yang berkebutuhan khusus menggunakan strategi pembelajaran literasi yang telah disesuaikan dengan kemampuan peserta didik pada jenjang yang berbeda antara kelas bawah (kelas 1 2 dan 3) serta kelas atas (kelas 4 5 dan 6) juga disesuaikan dengan kemampuan peserta didik yang berkebutuhan khusus sehingga pembelajaran literasi dapat terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan yang telah ditentukan pada setiap jenjang (4) Penerapan dan evaluasi manajemen strategik pembelajaran literasi yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan membaca menulis dan memahami bacaan peserta didik karena dilakukan secara rutin dengan pengembangan yang dilakukan oleh guru dan memaksimalkan penggunaan media yang disediakan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322074 |
Actions (login required)
View Item |