Nisa, Kamilatun (2023) Pengaruh supervisi akademik digital, pemahaman inovasi pedagogis guru, personal learning network guru terhadap peningkatan profesionalisme guru pada SMA / MA Unggulan di Jawa Timur / Kamilatun Nisa</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil survey lapangan hasil penelusuran kepustakaan dan telaah hasil-hasil riset sebelumnya masih belum banyak ditemui model supervisi akademik digital yang mampu mengoptimalkan inovasi pedagogis guru dan jejaring belajar personal guru terhadap peningkatan profesionalisme guru. Berdasarkan hasil survei di lapangan juga bahwa selama ini kunjungan kelas yang dilakukan oleh kepala sekolah belum optimal sehingga kepala sekolah belum bisa melihat kinerja guru dan masalah yang dihadapi di dalam kelas secara lebih dalam. penelitian ini memiliki tujuh rumusan masalah dengan tujuan yakni (1) mendeskripsikan supervisi akademik digital pemahaman inovasi pedagogis personal learning network dan peningkatan profesionalisme guru (2) mengetahui pengaruh supervisi akademik digital terhadap peningkatan profesionalisme guru (3) mengetahui pengaruh pemahaman inovasi pedagogis terhadap peningkatan profesionalisme guru (4) mengetahui pengaruh personal learning network guru terhadap peningkatan profesionalisme guru (5) mengetahui pengaruh supervisi akademik digital berpengaruh secara signifikan terhadap personal learning network (6) mengetahui pengaruh pemahaman inovasi pedagogis terhadap personal learning network dan (7) mengetahui pengaruh supervisi akademik digital pemahaman inovasi pedagogis dan personal leraning network guru terhadap peningkatan profesionalisme guru. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive correlational and prediction design. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA dan MA Unggulan di Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan melalui google form. Untuk mengungkap bagaimana hubungan atau pengaruh antar faktor atau variabel yang diteliti maka penelitian ini menggunakan analisis SEM berbantuan SPSS 26 dan AMOS 24. Hasil temuan menunjukkan (1) deskripsi para guru umumnya memiliki persepsi positif terhadap implementasi supervisi digital pemahaman inovasi pedagogis keterlibatan guru pada personal learning network dan peningkatan profesionalisme guru supervisi akademik digital pemahaman inovasi pedagogis personal learning network dan peningkatan profesionalisme guru (2) adanya pengaruh langsung supervisi akademik digital terhadap peningkatan profesionalisme guru (3) tidak adanya pengaruh langsung pemahaman inovasi pedagogis terhadap peningkatan profesionalisme guru (4) adanya pengaruh langsung personal learning network guru terhadap peningkatan profesionalisme guru (5) adanya pengaruh langsung supervisi akademik digital terhadap personal learning network guru (6) adanya pengaruh langsung pemahaman inovasi pedagogis terhadap personal learning network guru dan (7) adanya pengaruh tidak langsung supervisi akademik digital pemahaman inovasi pedagogis terhadap peningkatan profesionalisme guru yang dimediasi oleh personal learning network guru. Pada temuan pertama didukung dengan nilai p value 0.031 ( lt 0.050) dan C.R sebesar 2.153 dengan kata lain adanya penolakan H0 dan penerimaan H1. Pada temuan kedua ditunjukkan dengan nilai p value 0.334 ( gt 0.050) dan C.R sebesar 0.966 maka pada hipotesis kedua terjadi penerimaan H0 dan penolakan H1. Pada temuan ketiga didukung dengan nilai p value 0.000 ( lt 0.050) dan C.R sebesar 4.074 dengan kata lain adanya penolakan H0 dan penerimaan H1. Pada temuan keempat didukung dengan nilai p value 0.039 ( lt 0.050) dan C.R sebesar 2.066 dengan kata lain adanya penolakan H0 dan penerimaan H1. Pada temuan kelima didukung dengan nilai p value 0.000 ( lt 0.050) dan C.R sebesar 5.923 dengan kata lain adanya penolakan H0 dan penerimaan H1. Pada temuan keenam didukung dengan nilai p value 0.000 ( lt 0.050) dan dan Ftabel sebesar 2.6049 dengan kata lain adanya penolakan H0 dan penerimaan H1. Berbagai hasil dan proses dalam penelitian ini menghasilkan sebuah saran yang membangun yang dapat digunakan untuk beberapa pihak dengan penelitian yang serupa. Beberapa saran yang diberikan pasca penelitian ini antara lain (1) bagi Kepala SMA Merlion Surabaya SMAN 1 Kediri SMAN 1 Sidoarjo SMAN 1 Sumberpucung MAN 1 Kediri MAN 1 Jombang SMA K St. Albertus Malang bisa menjadi bahan rujukan dalam pelaksanaan tupoksi sebagai kepala sekolah dan sekaligus bisa dijadikan sebagai salah satu panduan dalam mengimplementasikan supervisi akademik digital dan personal learning network dalam peningkatan profesionalisme guru di sekolahnya yang kini memasuki masa perubahan dari era manual ke era digital (2) bagi Ketua Yayasan Pendidikan Satya Vidya dan Sancta Maria bisa menjadi suatu bahan pertimbangan dan tindaklanjut dalam melaksanakan formulasi kebijakan supervisi pendidikan khususnya dalam konteks supervisi akademik digital yang mampu meningkatkan inovasi pengajaran dan profesionalisme guru (3) bagi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Kemenag bisa sebagai bahan pertimbangan dalam mengangkat pengawas yang didasarkan pada memahami kompetensi digital bagi kepala sekolah dan gurunya. Pada konteks ini pengawas yang diangkat merupakan pengawas yang memiliki kompetensi digital sebagai yang pertama kemudian mengawasi dan membina dan (4) bagi peneliti selanjutnya dapat memberi manfaat untuk dijadikan referensi dalam penelitian berikutnya yang lebih mendalam dan komprehensif. Penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian tindakan sekolah menggunakan desain penelitian quasi experiment agar memiliki kemungkinan keterlaksanaan yang lebih baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322073 |
Actions (login required)
View Item |