Nabila, Astri (2023) Digital leadership Kepala Sekolah dalam peningkatan literasi teknologi dan literasi digital (studi multi-kasus di SD Plus Al kautsar dan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang) / Astri Nabila</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi saat ini pesat dalam beragam aspek terlebih dari aspek Pendidikan yang saat ini bisa diakses dengan teknologi digital dengan mudah dan cepat. Hal tersebut harus adanya yang mengarahkan atau memotivasi dalam penggunaan teknologi khususnya dalam lingkungan Pendidikan yang ada di sekolah pada jenjang sekolah dasar. SD Plus Al Kautsar dan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang menjadi tempat penelitian mengenai pemanfaatan teknologi yang diarahkan oleh kepala sekolah. Kepala sekolah dalam hal ini harus memahami kebutuhan pada pekembangan saat ini untuk mencapai visi misi sekolah dengan mengintegrasikan komunikasi sarana gaya kepemimpinan serta adanya evaluasi berkelanjutan untuk mengetahui aspek yang harus ditingkatkan. Tujuan utama penelitian ini ialah untuk mengetahui tahapan yang digunakan kepala sekolah dalam pemanfaatan teknologi dengan digital leadership dalam peningkatan literasi teknologi dan literasi digital. Selain itu mengetahui program atau kegiatan dalam bentuk strategi kepala sekolah dalam meningkatkan literasi teknologi dan literasi digital dengan digital leadership. Selanjutnya mengetahui dampak yang dirasakan berupa dampak positif atau dampak negatif dalam pemanfaatan teknologi disekolah dengan adanya digital leadership kepala sekolah. Terakhir yaitu mengetahui problematika yang ditemukan disekolah mengenai digital leadership kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multi-kasus. Lokasi penelitian yaitu di SD Plus Al Kautsar dan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan data berdasarkan kepercayaan atau credible keteralihan atau transferability ketergantungan atau dependability dan kepastian atau confirmability Berdasarkan pemaparan diatas hasil penelitian ini ialah untuk memaparkan pertama tahapan atau sintake digital leadership kepala sekolah terhadap peningkatan literasi teknologi dan literasi digital di SD Plus Al Kautsar dan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang dalam hal tahapan ini kedua sekolah memiliki perbedaan dalam tahapan pelaksanaan pemanfaatan teknologi pada SD Plus Al Kautsar dalam tahapan awal atau perencanaan kepala sekolah mengadakan rapat tahun ajaran baru untuk membahas koordinasi mengenai kegiatan atau program sekolah yang akan dilaksanakan tentunya dengan menggunakan teknologi dalam setiap kegiatan atau program baik itu pendidik tenaga pendidik atau peserta didik. Semua hal akan terintegrasi dengan teknologi digital setelah pelaksanaanya akan dilakukan evaluasi secara menyuluruh untuk memaksimalkan aspek yang kurang tentunya akan bersifat tindak lanjut tidak hanya dievaluasi saja. Pada evaluasi kepala sekolah menggunakan google drive untuk merekap semua aspek yang dievaluasi agar tersimpan baik dan dapat diakses oleh stakeholder sekolah di SD Plus Al Kautsar. Jika di SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang dalam tahap awal atau perencanaan akan melaksanakaan evaluasi karena kepala sekolah terhitung baru menjabat sebagai kepala sekolah di SDN Tunjungsekar 1 perlu adanya evaluasi awal lalu mengadakan rapat dengan pendidik atau tenaga pendidik yang diakhiri dengan evaluasi disetiap minggu berupa jurnal dan aspek lainnya. Kedua strategi digital leadership kepala sekolah terhadap peningkatan literasi teknologi dan literasi digital di SD Pus Al Kautsar dan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang. Beragam strategi yang ada dalam peningkatan ini tentunya dengan kebijakan atau keputusan kepala sekolah lokasi pertama mengadakan pelatihan berkelanjutan dan lokasi kedua yaitu mengikuti pelatihan yang diselenggarakan pihak pemerintah pusat dan daerah dengan adanya dorongan atau motivasi kepala sekolah dalam mengikuti lokasi kedua tentunya kepala sekolah turut serta dalam meningkatkan serta membimbing dalam hal kegiata yang terintegrasi dengan teknologi. Ketiga dampak digital leadership terhadap peningkatan literasi teknologi digital di SD Plus Al Kautsar dan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang. Dampak dalam hal digital leadership akan berupa dampak positif ataupun negatif dampak positif yang dengan adanya digital leadership ialah kepala sekolah dapat memaksimalkan keterampilan ataupun kompetensi pendidik dalam pemanfaatan teknologi mengefektifkan kegiatan belajar mengajar atau cepatnya mendapatkan infromasi ynag diperlukan. Dampak negatifnya yaitu data harus disimpan dengan baik ketergantuangannya pada teknologi dan berkurangnya interaksi hal ini menjadi salah satu tugas kepala sekolah untuk mengadakan pertemuan rutin agar adanya komunikasi atau koordinasi secara langsung. Keempat problematika digital leadership di SD Plus Al Kautsar dan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang. Problematika yang dihadapi dalam digital leadership kepala sekolah di lokasi pertama yaitu cepatnya muncul fitur aplikasi terbaru sehingga pendidik harus cepat beradaptasi dengan perubahan era digital lokasi kedua yaitu dengan jaringan wifi yang kurang stabil. Namun hal demikian kepala sekolah sudah melakukan atau kebijakan untuk meminimalisir problematika yang dialami. Berdasarkan pemaparan dalam hal ini bahwa saran bagi kepala sekolah yaitu dalam pemanfaatan teknologi digital dengan digital leadership harus terus dilaksanakan dan berkelanjutan agar pendidik tenaga pendidik peserta didik terbiasa menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari hal tersebut yang dinamakan literasi teknologi dan literasi digital.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322072 |
Actions (login required)
View Item |