Ridho, Muhammad Rasyid (2023) Kepemimpinan digital Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran di era revolusi industri 4.0 (studi multi situs SMA Muhammadiyah 1 Malang dan MA Al Irtiqo’ Kota Malang) / Muhammad Rasyid Ridho</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan revolusi industri 4.0 yang berkembang saat ini telah banyak membantu memudahkan manusia dalam banyak aspek pesatnya perkembangan teknologi memberikan warna baru khususnya dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi juga memberikan dampak dalam dunia pendidikan saat ini yang di mana banyak lembaga pendidikan sudah mengintegrasikan teknologi ke dalam proses belajar mengajar. Arus globalisasi yang terjadi juga sudah memunculkan gaya kepemimpinan baru dan salah satunya yaitu kepemimpinan digital. Gaya kepemimpinan digital merupakah salah satu alternatif pendekatan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Hal ini juga dicoba oleh SMA Muhammadiyah 1 Malang dan MA Al Irtiqo rsquo Kota Malang dalam menjawab tantangan yang terjadi saat ini. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui strategi kepemimpinan digital kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran di era revolusi Industri 4.0 di SMA Muhammadiyah 1 Malang dan MA Al Irtqio rsquo Kota Malang 2) untuk mengetahui implementasi kepemimpinan digital kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran di era revolusi industri 4.0 di SMA Muhammadiyah 1 Malang dan MA Al Irtiqo rsquo Kota Malang dan 3) untuk mengetahui hambatan kepemimpinan digital kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran di era revolusi industri 4.0 di SMA Muhammadiyah 1 Malang dan MA Al Irtiqo rsquo Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang diharapkan mampu menjawab fenomena yang terjadi selama penelitian di lapangan. Penelitian ini menggunakan sebuah rancangan jenis studi multisitus. Lokasi pada penelitian ini berada di SMA Muhammadiyah 1 Malang dan MA Al Irtiqo rsquo Kota Malang yang di mana kedua lokasi tersebut sudah mengintegrasikan kepemimpinan digital kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis data situs tunggal dengan langkah-langkah pengumpulan data kondensasi data penyajian data penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk analisis data lintas situs diperoleh dari masing-masing situs yang mengintegrasikan data antar situs. Dalam pengecekan keabhsahan data menggunakan triangulasi ketekunan pengamatan dan pengecekan anggota. Adapun tahap penelitian yakni tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) strategi yang digunakan kepemimpinan digital kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran di era revolusi industri 4.0 yakni dengan membuat pelatihan media pembelajaran yang berbasiskan pada digital di setiap akhir semester yang dimana dari pelatihan tersebut dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran selain itu yakni dengan mengupayakan kemampuan yang dimiliki pendidik sehingga diharapkan memberikan dampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di era revolusi industri 4.0. 2) implementasi kepemimpinan digital kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran di era revolusi industri 4.0 dengan cara mengupayakan pembelajaran menggunakan media digital seperti komputer proyektor dan media digital lainnya yang dapat membantu peningkatan proses pembelajaran melengkapi fasilitas yang melibatkan teknologi menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik di dalam negeri maupun di luar negeri mengintegrasikan teknologi ke dalam hal administrasi sekolah. 3) hambatan kepemimpinan digital kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran di era revolusi industri 4.0 yaitu latar belakang anak yang berbeda-beda masih ditemukan beberapa pengajar yang masih menggunakan pengajaran konvensional konektivitas jaringan internet yang kurang lancar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322071 |
Actions (login required)
View Item |