Utami, Mukti Sari (2023) Kepemimpinan moral Kepala Sekolah dalam memberi dampak pada perilaku guru untuk membelajarkan siswa (studi multi kasus di SD Muhammadiyah 4 Batu dan SDN Ngaglik 01 Batu) / Mukti Sari Utami</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Krisis multidimensi dan berbagai perubahan masyarakat yang terjadi di Indonesia berdampak pada semakin sulitnya menemukan pemimpin ideal yang memiliki kompetensi dan komitmen tinggi dalam menjalankan tanggung jawab dan tugasnya. Pendidikan sebagai instrumen kunci dalam kemajuan suatu bangsa dan pembangunan sumber daya manusia menghadapi tantangan berat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dengan pribadi-pribadi yang dapat dijadikan panutan dalam berperilaku dan berkepribadian luhur menjadi kunci dalam terciptanya lulusan yang berkualitas. Menanggapi beberapa masalah yang telah dijelaskan tersebut kepala sekolah sebagai pemimpin diharuskan untuk dapat memberikan teladan perilaku baik kepada para guru untuk membelajarkan siswa agar dapat menyukseskan program-program sekolah dan kemudian akan bisa mewujudkan pembelajaran yang efektif di sekolah. Berdasarkan hasil temuan studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti di SD Muhammadiyah 4 Batu dan SDN Ngaglik 01 Batu ditemukan hal-hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Fokus penelitian meliputi (1) dasar pemikiran yang melandasi kepemimpinan moral kepala sekolah (2) perilaku kepemimpinan moral kepala sekolah (3) dampak kepemimpinan moral kepala sekolah terhadap perilaku guru dalam membelajarkan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi multi kasus. Saat melakukan penelitian peneliti bertujuan untuk memahami makna dari setiap peristiwa dan interaksi orang-orang dalam situasi sehingga peneliti dapat memahami konsep pendapat dan tindakan kepemimpinan moral kepala sekolah dalam memberi dampak pada perilaku guru untuk membelajarkan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam (2) observasi dan (3) studi dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh disusun diinterpretasikan dan diperiksa secara menyeluruh dengan menggunakan analisis kasus tunggal dan lintas kasus yang digunakan untuk membangun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Teknik triangulasi pengecekan anggota dan diskusi teman sejawat digunakan untuk memastikan validitas data. Temuan penelitian dijelaskan sebagai berikut. Pertama dalam menjalankan kepemimpinan moral di sekolah kepala sekolah memiliki dasar pemikiran yang melandasinya yaitu kepala sekolah menyadari bahwa jabatan merupakan amanah dari Allah memedomani nilai-nilai Pancasila memaknai filosofi Muhammadiyah dan menghidupkan spirit tokoh pendiri Muhammadiyah K.H. Ahmad Dahlan menyadari bahwa segala aktivitas pembelajaran harus merujuk visi misi dan program-program dari Kemendikbud RI menjalankan pendidikan di sekolah dengan visi khas unggul mandiri serta berwawasan global untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila serta kepala sekolah menjalankan capaian visi sekolah yang mewujudkan insan yang merdeka berkarakter Pancasila unggul dalam prestasi dan peduli lingkungan. Kedua perilaku kepemimpinan moral kepala sekolah tergambar dalam beberapa perilaku kegiatan. Perilaku itu terdiri dari kepala sekolah sebagai motivator dan supervisor dalam mengarahkan para guru untuk berperilaku dan menjalankan kegiatan-kegiatan spritual Qur rsquo ani serta menanamkan pembiasaan As-Sunnah sebagai supervisor dan evaluator yang unggul dalam menerapkan pendekatan yang berpusat pada guru melalui coaching memfasilitasi dalam pengembangan profesionalisme guru melalui kegiatan pelatihan mengordinasi tim kerja secara kolegial dan membentuk Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) menunjukkan perilaku peduli saling berbagi dan berempati dalam bermasyarakat serta perhatian dermawan dan royal kepada seluruh warga sekolah berperan sebagai motivator untuk memperluas relasi dan kerjasama bagi para guru menggunakan pendekatan komunikasi yang demokratis memprioritaskan nilai-nilai humanis menginspirasi dengan pribadi yang gemar membaca mengedepankan nilai-nilai cinta damai cinta mendalam terhadap tanah air peduli terhadap lingkungan inspirator pribadi yang sangat kreatif dan inovatif inspirator yang memiliki pribadi yang rapi disiplin tertib taat aturan penuh tanggung jawab pekerja keras serta pribadi yang perhatian peduli dan memiliki toleransi tinggi menjunjung tinggi perilaku jujur sehingga terbentuk kepribadian guru dan siswa yang selalu jujur dalam kehidupan. Ketiga kepemimpinan moral kepala sekolah memberikan banyak dampak dari berbagai hal terhadap perilaku guru untuk membelajarkan siswa. Dampak tersebut terlihat dari terbentuk kepribadian Islami dan perilaku guru yang menerapkan nilai-nilai moral spiritual Qur rsquo ani dengan melaksanakan As-Sunnah sehingga terjadi perubahan tingkah laku siswa ke arah perilaku yang lebih baik kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sekolah meningkat dengan para guru bisa mengembangkan profesionalismenya menjadikan guru dapat keluar dari zona nyaman dan dapat berjenjang karir guru terinspirasi untuk melaksanakan dan membentuk siswa melalui pembiasaan di sekolah sehingga terbentuk Profil Pelajar Pancasila guru termotivasi untuk membentuk siswa agar memiliki jiwa kompetisi dan semangat berprestasi sehingga dapat menjadikan branding sekolah yang baik untuk dikenal oleh masyarakat guru termotivasi menjadi pribadi yang disiplin sehingga dapat hadir ke sekolah tepat waktu guru termotivasi untuk menjadi pribadi yang taat aturan sehingga dapat menjadikan siswa pribadi yang taat aturan dan jujur sehingga menjadikan siswa juga dapat berperilaku jujur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322067 |
Actions (login required)
View Item |