Implementasi kompetensi manajerial Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu di SDK dan SMPK Mardi Wiyata Kota Malang / Gian Bagus Prasetyo</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kompetensi manajerial Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu di SDK dan SMPK Mardi Wiyata Kota Malang / Gian Bagus Prasetyo</p>

Prasetyo, Gian Bagus (2023) Implementasi kompetensi manajerial Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu di SDK dan SMPK Mardi Wiyata Kota Malang / Gian Bagus Prasetyo</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manajemen sekolah merupakan hal penting dalam lembaga pendidikan berfungsi sebagai pengawas atau titik fokus untuk semua prakarsa pendidikan. Akibatnya sekolah yang mengejar ldquo mutu rdquo harus senantiasa bergerak penuh dinamis dalam kegiatan inovasi dan memantapkan dirinya sebagai lembaga atau organisasi pembelajaran yang senantiasa hadir pada tuntutan masyarakat yang terus berubah. Administrasi sekolah sangat terkait dengan penyampaian program sekolah yang efektif dan tepat. Bagi sebagian besar dari mereka administrasi yang tepat di sekolah merupakan tanggung jawab yang menjadi tanggung jawab administrator atau pimpinan sekolah. Unsur yang menentukan keberhasilan semua sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan nasional sesuai dengan kriteria yang berlaku adalah penanggung jawab sebagai kepala sekolah. Untuk mencegah kesalahpahaman di kemudian hari tentang menjadi pengurus dan manajemen sekolah kepala sekolah adalah guru yang memiliki wewenang lebih besar untuk mengontrol administrasi ketertiban menetapkan pedoman internal dan menjalankan visi dan misi di sekolah. Kepala sekolah juga akan mewujudkan sekolah yang diinginkan. Fokus penelitian meliputi (1) penyusunan perencanaan sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah di bawah yayasan mardi wiyata Kota Malang (2) struktur organisasi kepala sekolah sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah di bawah yayasan mardi wiyata Kota Malang (3) kepemimpinan sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah di bawah yayasan mardi wiyata Kota Malang (4) pengelolaan perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajaran yang efektif sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah di bawah yayasan mardi wiyata Kota Malang (5) penciptaan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah di bawah yayasan mardi wiyata Kota Malang (6) problematika pengimplementasian kompetensi manajerial kepala sekolah sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah di bawah yayasan mardi wiyata Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah SMPK Mardi Wiyata Kota Malang dan SDK Mardi Wiyata 1 Kota Malang. Observasi wawancara dokumentasi dan analisis data digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis mendalam terhadap fokus penelitian merupakan tujuan dari penelitian ini yang juga bertujuan untuk mengelola perubahan sekolah mengembangkan organisasi pembelajaran yang efektif dan meningkatkan kualitas sekolah Mardi Wiyata di Kota Malang. Temuan penelitian dijelaskan sebagai berikut (1) pada perencanaan sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah menyusun program kerja kepala sekolah membuat dan menyusun visi dan misi bersama rekan guru serta menyusun program pengajaran dan pendidikan (2) dalam pengembangan struktur organisasi manajerial untuk meningkatkan mutu sekolah mengembangkan bagan pengorganisasian yang sesuai dengan tugas masing-masing (3) pendayagunaan sumber daya sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah dilakukan oleh melalui pelaksanaan 8 standar sekolah (4) pengelolaan perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajaran yang efektif dengan mengikuti keputusan pemerintah dalam perubahan kurikulum (5) upaya menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif melalui beberapa langkah antara lain menciptakan norma dan kebiasaan yang positif serta membangun hubungan dan kerjasama yang harmonis di antara semua anggota sekolah dengan saling menghargai satu sama lain dan memberikan motivasi kepada siswa baik secara langsung maupun tidak langsung agar mereka termotivasi untuk belajar dengan semangat (6) Problematika Pengimplementasian kompetensi kepala sekolah untuk meningkatkan mutu di sekolah Mardi Wiyata Kota Malang memiliki perbedaan yaitu pada SDK Mardi Wiyata 1 fasilitas sarana prasarana yang kurang mendukung untuk mencapai tujuan peningkatan mutu sekolah dan kurangnya pendanaan sekolah yang membatasi kemampuan kepala sekolah untuk mengembangkan program. Sedangkan pada SMPK Mardi Wiyata kurangnya motivasi guru yang maksimal dalam melaksanakan tugas-tugas pengajaran sehingga mungkin mempengaruhi hasil pembelajaran siswa dan kurangnya waktu pengajaran yang tersedia sehingga menghambat pelaksanaan program-program peningkatan mutu yang memerlukan waktu lebih banyak. Peneliti memberikan saran bagi kepala sekolah agar berupaya meningkatkan kompetensi manajerial dan memotivasi kerja guru guna meningkatkan kinerja guru bagi guru agar meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas maupun kewajibannya sebagai pendidik dan menambah wawasan bagi peneliti selanjutnya agar memperkaya informasi empirik dalam hal kompetensi manajerial kepala sekolah dan memperdalam informasi maupun teknik dalam peningkatan mutu sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322066

Actions (login required)

View Item View Item