Setyowati, Kusrini (2023) Strategi kepemimpinan kepala sekolah mewujudkan branded school di Sekolah Berciri Khas Agama / Kusrini Setyowati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Setyowati Kusrini. 2022. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Mewujudkan Branded School Di Sekolah Berciri Khas Agama (Studi Multi Situs Di SD Muhammadiyah 1 SDK Santa Maria 1 Dan SD Kristen Petra). Tesis Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M. Pd. (II) Dr. Juharyanto M. Pd. Kata Kunci Strategi kepemimpinan branded school sekolah berciri khas agama Di dunia maju kualitas sumber daya manusia adalah segala-galanya oleh karena itu masyarakat akan bersaing untuk mencari sekolah yang terbaik bagi putra - putrinya. Strategi kepemimpinan kepala sekolah sangat diperlukan. Kepala sekolah memiliki strategi mewujudkan branded school. Peserta didik berkualitas apabila sekolah memberikan kualitas pelayanan kepada peserta didik. Kepala sekolah harus mampu mengelola dan mengembangkan sekolah secara komprehensif (menyeluruh) oleh karena itu kepala sekolah mempunyai peran sangat penting dan strategis dalam mewujudkan visi misi dan tujuan sekolah guna menghasilkan output dan outcome yang bermutu serta mewujudkan branded school.(Ramli 2017) Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Pendekatan kualitatif bertujuan untuk memperoleh data yang lebih dalam mengembangkan teori dan menggambarkan realitas yang kompleks.Penelitian ini merupakan aktivitas ilmiah untuk mengumpulkan data secara sistematik mengurutkannya sesuai kategori tertentu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang diperoleh dari wawancara atau percakapan biasa observasi dan dokumentasi. Data berupa kata gambar foto catatan-catatan rapat dan sebagainya. Tujuannya untuk mendapat pemahamanan mendalam tentang perilaku proses interaksi makna suatu perbuatan nilai pengalaman individu atau kelompok yang semuanya berlangsung dalam latar alami. Penelitian ini menggunakan jenis studi multisitus sehingga melibatkan beberapa situs dan subjek penelitian. Strategi kepemimpinan kepala sekolah berciri khas agama dimulai dari keteladanan kepala sekolah. Pemimpin di sekolah harus memiliki kemampuan untuk menjadikan diri teladan bagi orang yang dipimpinnya memiliki akhlak mulia sesuai ajaran agama serta mampu mengendalikan dirinya untuk memerintah serta memotivasi dirinya. Dalam mengambil suatu keputusan atau merancangkan tindakan-tindakan strategis untuk mencapai tujuan yang ditetapkan selalu dibicarakan bersama dengan dimusyawarahkan bersama. Keteladanan yang menunjukkan pencerminan dalam ajaran keagamaan yaitu dalam hal berdoa bertutur kata dan bersikap yang baik sesuai ajaran agama yang dianutnya. Strategi disiplin waktu dalam segala hal termasuk disiplin administrasi disiplin menghargai waktu untuk bekerja dan disiplin menjalankan doa dan beribadah sesuai ciri khas agama di sekolah. Kedisiplinan akan mampu mewujudkan branded school bila kepala sekolah menerapkan sikap disiplin pada kegiatan-kegiatan rutin sebagai model serta menyisipkan pesan moral disiplin saat berperan dalam kegiatan-kegiatan dimana kepala sekolah memberikan amanat sesuai ajaran agama. Strategi komunikasi efektif dilakukan baik secara personal maupun secara klasikal tergantung dari kebutuhan dan persoalannya. Dalam menyelesaikan semua persoalan baik secara pribadi maupun secara bersama komunikasi efektif sangat diperlukan. Bentuk komunikasi yang dapat dilakukan yaitu komunikasi dengan mengutamakan sikap kekeluargaan dengan suasana yang membuat semua orang nyaman tanpa tekanan tetapi fokus pada tujuan sehingga mampu mewujudkan branded school. Evaluasi strategi kepemimpinan kepala sekolah dilakukan secara rutin guna memastikan tujuan strategi dapat tercapai atau belum. Bila belum tercapai penyebabnya apa dan solusi untuk ke depannya bagaimana supaya menjadi lebih baik lagi. Evaluasi strategi kepemimpinan kepala sekolah akan lebih berguna bila pelaksanaan evaluasi dilakukan secara rutin dan dalam waktu pelaksanaannya tidak terlalu jauh dari kegiatan yang akan dievaluasi. Evaluasi dilakukan ke semua bidang yang mendukung kegiatan dan harus memberi pendapat masukan saran atau kritik yang membangun. Hasil implementasi strategi kepemimpinan kepala sekolah adalah jumlah murid semakin banyak sarana prasarana semakin lengkap perubahan guru dan pegawai serta prestasi yang diperoleh dari tingkat kota sampai tingkat nasional serta peningkatan prestasi baik bagi sekolah maupun peserta didik. Problematika kepala sekolah mewujudkan branded school yaitu menyatukan pola pikir bapak ibu guru yang berbeda-beda SDM dan SD materi (digitalisasi) yang kurang kemampuan guru untuk menciptakan metode atau model pembelajaran masih rendah kurangnya peserta didik yang mendaftar ke sekolah swasta dan ada guru yang kurang tertib administrasi. Langkah pertama diajak komunikasi dari hati ke hati melaksanakan kegiatan kebersamaan dengan suasana baru di luar sekolah yang bertujuan menyatukan pola pikir membuat angket melakukan pembinaan pelatihan seminar atau KKG di sekolah atau gugus memberi reward bagi guru yang berhasil mendampingi guru yang belum mampu digitalisasi sampai bisa mandiri. Sebaiknya kepala sekolah juga melakukan pembinaan dan kegiatan khusus berkaitan dengan kepribadian seperti kegiatan rekoleksi atau kegiatan retret yang bertujuan merefleksi diri melihat kembali apa yang telah dilakukan selama ini kemudian dari refleksi tersebut diharapkan muncul pertobatan dan niat baik yang akan dilakukan. Peneliti memberikan saran bagi penyelenggara pendidikan (yayasan) sebagai masukan memberi arahan kepada kepala sekolah bagi kepala sekolah agar dapat menggunakan strategi kepemimpinan bagi guru dan tenaga kependidikan dapat memberikan wawasan dan bagi peneliti lain dapat menggunakan rancangan yang berbeda untuk dijadikan bahan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Apr 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322059 |
Actions (login required)
View Item |