Ratri, Dwi Kurnianing (2023) Pengaruh literasi digital, kompetensi teknologi informasi dan komunikasi serta motivasi kerja terhadap performa mengajar Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Banyuwangi / Dwi Kurnianing Ratri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pentingnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di abad 21 khususnya pasca pandemi lebih dari kemampuan mengidentifikasi menelusuri mengelola merawat dan memahami seputar pandemic atau secara operasional disebut sebagai literasi digital. Terdapat kompetensi yang wajib dimiliki pada abad 21 yaitu kompetensi TIK. Kompetensi TIK serta literasi digital guru di Indonesia belum cukup baik. Pemerintah telah berupaya meningkatkan kompetensi TIK dan literasi digital melalui bimbingan teknologi. Namun meningkatnya kompetensi TIK dan literasi digital guru ternyata tidak menjamin diterapkannya kompetensi tersebut dalam performa mengajar guru. Hal ini terjadi karena guru belum memiliki motivasi kerja yang kuat untuk menerapkan kompetensi yang dimiliki ke dalam performa pembelajaran. Motivasi kerja guru menjadi rendah akibat pandemi sehingga mengakibatkan menurunnya performa mengajar oleh guru. Performa guru di abad-21 dipengaruhi oleh kompetensi TIK dan literasi digital serta didukung oleh motivasi kerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat literasi digital tingkat kompetensi TIK tingkat motivasi kerja dan tingkat performa mengajar guru sekolah menengah pertama negeri di Banyuwangi.Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap motivasi kerja guru pengaruh literasi digital terhadap performa mengajar guru pengaruh kompetensi TIK terhadap motivasi kerja guru pengaruh kompetensi TIK terhadap performa mengajar guru pengaruh motivasi kerja terhadap performa mengajar guru pengaruh literasi digital terhadap performa mengajar guru melalui motivasi kerja serta pengaruh kompetensi TIK terhadap performa guru melalui motivasi kerja Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah metode kuantitatif deskriptif korelasional dengan desain non-eksperimental. Populasi penelitian adalah guru sekolah menengah pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Banyuwangi. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus slovin kemudian sampel ditentukan melalui proporsional random sampling dengan jumlah 321 responden. Instrumen berupa angket skala likert. Uji validitas dan realibilitas instrument dibantu dengan aplikasi IBM SPSS Statistics 21 dengan jumlah responden 50 guru. Uji asumsi klasik dilakukan dengan bantuan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 21 dan SmartPLS 3. Analisis data menggunakan analisis structural equation model (SEM). Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis ditemukan bahwa rerata tingkat literasi digital guru SMP Negeri di Kabupaten Banyuwangi dalam kriteria tinggi. Rerata untuk variabel kompetensi TIK guru SMP Negeri di Kabupaten Banyuwangi dalam kriteria tinggi. Rerata variabel motivasi kerja guru SMP Negeri di Kabupaten Banyuwangi dalam kriteria tinggi. Rerata variabel performa mengajar guru SMP Negeri di Kabupaten Banyuwangi dalam kriteria tinggi. Variabel literasi digital tidak memberikan pengaruh secara langsung terhadap motivasi kerja. Variabel literasi digital secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap performa mengajar. Variabel kompetensi TIK secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja. Variabel kompetensi TIK secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap performa mengajar. Variabel motivasi kerja secara langsung berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel performa mengajar. Tidak terdapat pengaruh tak langsung dari variabel literasi digital terhadap performa mengajar melalui motivasi kerja. Terdapat pengaruh tidak langsung dari variabel kompetensiTIK terhadap performa mengajar melalui motivasi kerja. Guru perlu mengembangkan literasi digital dan kompetensi TIK. Pemerintah telah banyak memberikan wadah untuk guru berupa seminar webinar pelatihan dan bimbingan teknologi. Namun terdapat hal lain yang perlu diperhatikan yaitu motivasi kerja guru. Meskipun kompetensi guru telah berkembang tanpa motivasi kerja yang baik maka performa mengajar guru tidak akan maksimal. Dengan begitu maka perlu bagi kepala sekolah maupun warga sekolah untuk menjaga supaya faktor motivasi guru dapat terpenuhi sehingga performa mengajar menjadi baik. Penelitian selanjutnya perlu memberikan perhatian kepada usia guru jika ingin meneliti terkait variabel literasi digital dan kompetensi TIK. Hal yang perlu diteliti kedepannya adalah tentang pengaruh usia guru terhadap variabel literasi digital kompetensi TIK motivasi kerja serta performa mengajar. Selain itu penelitian tentang faktor motivasi guru dengan rentang usia yang berbeda juga perlu dilakukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322056 |
Actions (login required)
View Item |