Hubungan perilaku kepemimpinan Kepala Sekolah, kompetensi sertifikasi guru, dan motivasi guru dengan kinerja guru di SMP Negeri se-Kabupaten Tulungagung / Retno Wulandari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan perilaku kepemimpinan Kepala Sekolah, kompetensi sertifikasi guru, dan motivasi guru dengan kinerja guru di SMP Negeri se-Kabupaten Tulungagung / Retno Wulandari</p>

Wulandari, Retno (2021) Hubungan perilaku kepemimpinan Kepala Sekolah, kompetensi sertifikasi guru, dan motivasi guru dengan kinerja guru di SMP Negeri se-Kabupaten Tulungagung / Retno Wulandari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru berperan membantu perkembangan peserta didik mewujudkan tujuan hidup secara optimal. Guru profesional adalah penentu utama keberhasilan pendidikan. Guru dibina dikembangkan dan diberi penghargaan yang layak. Sertifikasi adalah program pemerintah Indonesia unuk meningkatkan kualitas dan kinerja guru. Guru wajib memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi profesioal. Mutu dalam pendidikan merupakan proses evaluasi guna peningkatan kebutuhan untuk mencapai proses pengembangan bakat pesert didik berdasarakan pemenuhan standar kualitas yang telah ditetapkan oleh institusi yang membayar untuk proses atau output dari proses pendidikan. Meskipun secara berkelanjutan menjadi perhatian banyak pihak pendidikan di Indonesia masih jauh dari ketercapaian mutu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kondisi perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam kaitannya dengan kinerja guru di SMP Negeri Se-Kabupaten Tulungagung (2) Mendeskripsikan kondisi sertifikasi guru dalam kaitannya dengan kinerja guru di SMP Negeri Se-Kabupaten Tulungagung (3) Mendeskripsikan kondisi motivasi guru dalam kaitannya dengan kinerja guru di SMP Negeri Se-Kabupaten Tulungagung (4) Mendeskripsikan kondisi kinerja guru secara umum di SMP Negeri Se-Kabupaten Tulungagung (5)Mengetahui hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kabupaten Tulungagung (6)Mengetahui hubungan antara sertifikasi guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kabupaten Tulungagung.(7) Mengetahui hubungan antara motifasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kabupaten Tulungagung.(8) Mengetahui hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah sertifikasi guru dan motivasi guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kabupaten Tulungagung. (9)Mengetahui sumbangan efektif perilaku kepemimpinan kepala sekolah sertifikasi guru dan motivasi guru yang lebih banyak hubungannya dengan kinerja guru SMP Negeri di kabupaten Tulungagung. Deskripsi data hasil penelitian ini terdiri dari variabel Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) Sertifikasi Guru (X2) Motivasi Kerja (X3) sebagai Variabel Bebas (Indipendent Variable) dan Kinerja Guru (Y) Sebagai Variable Terikat (Dependent Variable) Tujuan dari deskripsi data adalah untuk mengetahui tingkatan setiap variable yang dikelompokan dalam 5 kategori Selalu Sering Jarang Jarang Sekali Tidak Pernah Dengan menggunakan Angket atau Kuesioner yang digunakan sebagai pengukuran terhadap keempat variabel tersebut.Angket yang valid adalah angket yang dapat digunakan atau mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi untuk mengungkapkan data yang sesungguhnya atau sebenarnnya. Penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert yang di sebarkan ke Guru SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung sebanyak 150 responden sebagai sampel penelitian ini. Dalam angket skala perilaku kepemimpinan kepala sekolah sertifikasi guru dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru terdapat rentang nilai 5 sampai 1 pada pertanyaan yang bernilai positif atau sejalan dengan realitas sebenarnya yang diharapkan. Dengan demikian instrument atau angket yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket yang dinyatakan valid atau sudah bisa dipakai atau bisa dikatakan layak untuk digunakan (dapat dilihat pada lampiran validitas dan realibilitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri sekabupaten Tulungagung dikategorikan berkinerja tinggi. (2) sertifikasi guru di SMP Negeri sekabupaten Tulungagung dikategorikan berkinerja sangat tinggi. (3) motivasi guru di SMP Negeri sekabupaten Tulungagung dikategorikan berkinerja tinggi. (4) kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Tulungagung dikategorikan berkinerja sangat tinggi. (5) terdapat hubungan signifikan yang sangat kuat antara perilaku kepemimpinan sekolah dan kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Tulungagung. Hubungan ini memiliki arah positif yang berarti bahwa tingginya perilaku kepemimpinan sekolah akan menyertai tingginya kinerja guru. (6) terdapat hubungan signifikan yang sangat kuat antara sertifikasi guru dengan kinerja guru guru di SMP Negeri sekabupaten Tulungagung. Hubungan ini memiliki arah positif yang berarti bahwa tingginya nilai sertifikasi guru akan menyertai tingginya kinerja guru.(7) terdapat hubungan signifikan yang kuat antara motivasi guru dengan kinerja guru guru di SMP Negeri sekabupaten Tulungagung. Hubungan ini memiliki arah positif yang berarti bahwa tingginya nilai motivasi guru akan menyertai tingginya kinerja guru.(8) terdapat hubungan signifikan perilaku kepemimpinan sekolah sertifikasi guru dan motivasi guru dengan kinerja guru di SMP Negeri sekabupaten Tulungagung secara simultan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322054

Actions (login required)

View Item View Item