Kepemimpinan pelayanan (servant leadership) Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru, motivasi belajar, dan penanganan masalah belajar siswa (studi multi situs di SMP Kristen Aletheia dan SMP Kristen Petra Kota Malang) / Ary Yuwanita</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan pelayanan (servant leadership) Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru, motivasi belajar, dan penanganan masalah belajar siswa (studi multi situs di SMP Kristen Aletheia dan SMP Kristen Petra Kota Malang) / Ary Yuwanita</p>

Yuwanita, Ary (2022) Kepemimpinan pelayanan (servant leadership) Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru, motivasi belajar, dan penanganan masalah belajar siswa (studi multi situs di SMP Kristen Aletheia dan SMP Kristen Petra Kota Malang) / Ary Yuwanita</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam mengatasi segala persoalan yang terjadi dalam ruang lingkup lokal maupun global. Kepemimpinan pelayanan menawarkan harapan besar untuk masa depan dalam menciptakan organisasi yang lebih baik dan lebih humanis. Kepemimpinan pelayanan diawali dari hati yang ingin melayani terlebih dahulu secara alami. Kepala sekolah sebagai leader melakukan upaya memengaruhi seluruh warga sekolah melalui pendekatan kemanusiaan dan pemberdayaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kepemimpinan pelayanan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru motivasi belajar dan penanganan masalah belajar siswa di SMP Kristen Aletheia dan SMP kristen Petra Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi multi situs dengan pengambilan data di SMP Kristen Aletheia dan SMP Kristen Petra kota Malang. Penelitian ini memiliki fokus meliputi (1) kepemimpinan pelayanan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru (2) kepemimpinan pelayanan kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan (3) kepemimpinan pelayanan kepala sekolah untuk menangani masalah belajar siswa. Teknik pengumpulan data penelitian mencakup wawancara yang mendalam dengan kepala sekolah guru dan siswa observasi lapangan dan pengambilan gambar serta penelaahan dokumentasi. Peneliti melakukan pemaparan dan analisis data yang diperoleh dari para informan. Analisis yang dilakukan yaitu analisis situs tunggal yang terdiri dari kondensasi data sajian data dan verifikasi dan analisis lintas situs. Peneliti mendapatkan temuan situs tunggal dari masing-masing sekolah dan temuan lintas situs dimana pada tahap ini data yang diperoleh dari berbagai sumber dikumpulkan diklasifikasikan dan dianalisa dengan komparasi konstan. Temuan dari kepemimpinan pelayanan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi (1) keteladanan dalam kedisiplinan kerja dan sistem bekerja bersama tanpa memandang kedudukan (2) sistem demokrasi dalam menetapkan program dan pengambilan keputusan dalam menyelesaikan masalah siswa (3) azas kekeluargaan mendalam lebih kepada ikatan batin antar guru (4) supervisi dan pelatihan peningkatan kompetensi dan kinerja guru dan (5) kesediaan mendengarkan keluh kesah guru. Sedangkan temuan dari kepemimpinan pelayanan yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah (a) menetapkan visi misi yang mendorong siswa mencapai profil lulusan yang diharapkan (b) mengembangkan pembinaan spiritual siswa (c) mengembangkan pembinaan karakter siswa (d) mengembangkan program keterampilan life skill dan ekstrakurikuler yang menjawab kebutuhan siswa (e) pemberian penghargaan bagi siswa yang berprestasi (f) memerankan figur sebagai pemimpin yang tegas namun baik dan menyenangkan bagi siswa (g) menjalin relasi dan dekat dengan siswa dan (h) mengembangkan pelayanan bimbingan konseling bagi siswa dalam memahami bakat dan minat serta menyelesaikan masalah. Pada fokus ketiga yaitu kepemimpinan pelayanan yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam menangani masalah belajar siswa mencakup penetapan standar operasional prosedur atau alur penanganan masalah siswa mendorong dan memotivasi guru untuk melakukan pendekatan kepada siswa dan mengembangkan variasi metode belajar sehingga siswa menjadi termotivasi untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya terhadap pembelajaran dan melakukan pemanggilan orang tua dan melakukan kerja sama dalam menangani masalah siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah kepemimpinan pelayanan kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dengan cara memberi teladan menerapkan asas demokrasi dan kekeluargaan mengembangkan supervisi dan mengadakan pelatihan untuk guru dan kesediaan mendengarkan segala permasalahan guru. Kepemimpinan pelayanan kepala sekolah juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara mengembangkan pembelajaran spiritual karakter pengembangan pembelajaran secara pengetahuan dan keterampilan serta penanganan masalah belajar siswa yang dihadapi selama masa pandemi dengan menetapkan prosedur penanganan masalah belajar pendampingan guru kepada siswa dan kerja sama dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322049

Actions (login required)

View Item View Item