Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen melalui citra rumah sakit (studi pada pendamping pasien rawat inap RSUD Dr. Harjono S. Ponorogo) / Yohansyah Adi Bhaswara

Bhaswara, Yohansyah Adi (2018) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen melalui citra rumah sakit (studi pada pendamping pasien rawat inap RSUD Dr. Harjono S. Ponorogo) / Yohansyah Adi Bhaswara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pudyastuti, Zusana Eko. 2017. Improving Non-English Department StudentsÔÇÖ Ability in Comprehending Texts through Introducing Reading Strategies. Thesis, English Language Teaching, Graduate Program, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Drs. Fachrurrazy, M.A., Ph.D., (II) Dr. Suharmanto, M.Pd. Key words: reading comprehension, non-English department students, reading strategies Bagi sebagian besar mahasiswa, khususnya mahasiswa program studi non-Bahasa Inggris, membaca teks berbahasa Inggris merupakan kegiatan yang tidak menyenangkan karena berbagai masalah seperti kurangnya pengetahuan tentang Bahasa Inggris, kurangnya kosakata dan ketidakmampuan menggunakan strategi membaca. Strategi membaca mutlak diperlukan agar mahasiswa berhasil dalam membaca dan dapat menjadi pembaca yang strategis (strategic reader). Akan tetapi, strategi membaca ini tidak diajarkan kepada mahasiswa program studi non-Bahasa Inggris yang berakibat terhambatnya kemampuan pemahaman membaca mereka. Ketika mahasiswa mampu menggunakan strategi membaca, mereka akan mampu membaca secara efisien dan efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi membaca dapat meningkatkan pemahaman membaca mahasiswa program studi non-Bahasa Inggris. Untuk memenuhi tujuan tersebut, Penelitian Tindakan Kelas digunakan dalam penelitian ini. Subyek penelitian ini adalah 15 mahasiswa program studi Informatika Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 2 perempuan. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman membaca, observasi dan wawancara. Oleh karena itu, kriteria keberhasilan dari penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman membaca mahasiswa berdasarkan hasil tes pemahaman membaca. Hasil yang diperoleh dari tes pemahaman membaca menunjukkan adanya peningkatan pemahaman membaca mahasiswa. Nilai yang diperoleh dari hasil tes tersebut adalah 66. Nilai ini lebih tinggi dari nilai yang diperoleh sebelum strategi membaca diajarkan kepada mahasiswa, yaitu 61. Hasil observasi juga menunjukkan adanya partisipasi aktif dari mahasiswa yang membantu mahasiswa dalam memahami strategi membaca dengan mudah. Partisipasi aktif mahasiswa meningkat dari 33% menjadi 66%. Hal ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan, pre-reading, whilst-reading dan post-reading, sesuai untuk membantu mahasiswa memahami strategi membaca. Pada tahap prereading, dosen mengaktifkan pengetahuan awal terkait topik yang akan dibaca.iv Pada tahap whilst-reading, mahasiswa secara aktif membaca teks dan menjawab pertanyaan. Sedangkan pada tahap post-reading, mahasiswa menggabungkan pengetahuan mereka sebelum dan setelah membaca teks melalui kegiatan diskusi. Berdasarkan persepsi mahasiswa diketahui bahwa pemahaman membaca mereka meningkat setelah mereka mempelajari dan menggunakan strategi membaca. Dapat disimpulkan bahwa mengajarkan strategi membaca berhasil meningkatkan kemampuan mahasiswa program studi non-Bahasa Inggris dalam memahami bacaan. Kompetensi mahasiswa dalam menggunakan strategi membaca secara efisien dan efektif terbukti berhasil menjadikan mahasiswa sebagai strategic reader. Disarankan agar dosen Bahasa Inggris dapat menggunakan strategi pengajaran pre-reading, whilst-reading dan post-reading dalam pengajaran strategi membaca. Selain itu, disarankan untuk melakukan penelitian terkait penggunaan strategi membaca yang berbeda untuk meningkatkan pemahaman membaca, motivasi dan kebiasaan membaca mahasiswa non-Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32200

Actions (login required)

View Item View Item