Pengaruh citra toko terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (studi pada customer Nimco Giant Store Malang) / Awdita Citra Birru

Birru, Awdita Citra (2018) Pengaruh citra toko terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (studi pada customer Nimco Giant Store Malang) / Awdita Citra Birru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Birru, Awdita Citra. 2017. Pengaruh Citra Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Customer Nimco Giant Store Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing. Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si. Kata Kunci : Citra toko , Kepuasan pelanggan, Loyalitas pelanggan Persaingan bisnis baik pasar domestik maupun pasar internasional telah berubah menjadi persaingan yang sangat ketat. Perusahaan yang ingin berkembang atau mampu bertahan harus dapat memberikan barang atau jasa yang bernilai lebih tinggi, berkualitas, dan pelayanan yang lebih baik. Di satu sisi, era globalisasi memberikan persaingan dunia usaha yang semakin pesat contohnya di dunia fashion. Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong terciptanya persaingan ketat di dalam dunia bisnis. Pasar yang semakin dinamis, mengharuskan para pelaku bisnis untuk secara terus-menerus berimprovisasi dan berinovasi dalam mempertahankan para pelanggannya. Maka dari itu perusahaan harus memperhatikan citra toko agar dapat tercipta kepuasan pelanggan dan menyebabkan pelanggan yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana deskriptif citra toko, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. (2) mengetahui pengaruh citra toko terhadap loyalitas pelanggan, (3) pengaruh citra toko terhadap kepuasan pelanggan, (4) pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (5) dan pengaruh langsung dan tidak langsung citra toko terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Populasi pada penilitian ini merupakan customer Nimco Giant Store Malang dan sampel penilitian ini adalah sebanyak 101 customer. Untuk menghindari kesalahan atau angket yang tidak kembali, maka sampel dibulatkan menjadi 110 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dimana kriteria sampel adalah pengunjung yang datang ke Nimco Giant Store minimal 2 kali. Skala yang digunakan adalah skala Likert. Jenis skala pengukuran dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis jalur (Path Analysis) dengan program SPSS versi 21.0 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) citra toko yang diberikan perusahaan sudah sesuai dengan harapan pelanggan meskipun masih ada yang perlu ditingkatkan dari indikator Interior, merchandise, excellent customer service, dan price (2) terdapat pengaruh langsung citra toko terhadap kepuasan pelanggan. (3) terdapat pengaruh langsung kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. (4) terdapat pengaruh langsung citra toko terhadap loyalitas pelanggan. (5) pengaruh langsung dan tidak langsung citra toko terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.ii Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan peneliti kepada Nimco Giant Store Malang yaitu (1) Diharapkan perusahaan agar meningkatkan citra toko yang diberikan khususnya pada kebersihan display yang ada di dalam Nimco Giant Store, (2) Diharapkan perusahaan dapat meningkatkan sikap pegawai Nimco Giant Store (3) Diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kecepatan respon pegawai Nimco Giant Store apabila ada keluhan dari pelanggan sehingga nantinya akan menyebabkan pelanggan puas dan loyal terhadap perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32199

Actions (login required)

View Item View Item