Analisis market timing pada keputusan Inital Public Offering (IPO) dan Initial Return di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 1993-2016 / Imayudha Asepta Faza - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis market timing pada keputusan Inital Public Offering (IPO) dan Initial Return di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 1993-2016 / Imayudha Asepta Faza

Faza, Imayudha Asepta (2018) Analisis market timing pada keputusan Inital Public Offering (IPO) dan Initial Return di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 1993-2016 / Imayudha Asepta Faza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Faza Imayudha A. 2017. Analisis Market Timing pada Keputusan Initial Public Offering (IPO) dan Initial Return di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 1993-2016. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Yuli Soesetio S.E . M.M. Kata Kunci Initial Public Offering volume initial return hot market cold market. Initial Public Offering (IPO) adalah penawaran umum saham untuk pertama kali di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tujuan melakukan IPO adalah untuk mendapatkan sumber pendanaan. Akan tetapi perusahaan harus mengetahui strategi market timing untuk melakukan IPO pada waktu yang tepat. Market timing adalah ketika sebuah perusahaan mendapat hasil invetasi yang maksimal ketika mampu menentukan waktu yang tepat dalam berinvestasi. Penelitian ini mengelompokkan pasar menjadi hot market dan cold market. Pengelompokan hot market dan cold market dengan cara menjumlahkan volume perusahaan yang melakukan IPO periode 1993-2016 dibagi dengan jumlah periode 1993-2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Offering yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1993-2016. Sebanyak 462 perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Independent Sample T-test dan Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kondisi volume perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) pada kondisi hot market dan cold market di Bursa Efek Indonesia periode 1993-2016 mengalami fluktuasi 2) Kondisi initial return yang melakukan Initial Public Offering (IPO) pada kondisi hot market dan cold market di Bursa Efek Indonesia periode 1993-2016 mengalami underpricing 3) Terdapat perbedaan yang signifikan volume perusahaan antara perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) saat hot market dan saat cold market di Bursa Efek Indonesia periode 1993-2016. Perusahaan mempertimbangkan strategi market timing dalam menentukan waktu IPO 4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan initial return antara perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) saat hot dan cold market di Bursa Efek Indonesia periode 1993-2016. Perusahaan dan underwriter dalam menentukan harga perdana selalu mempertimbangkan kepentingan investor baik pada kondisi cold market maupun dalam kondisi hot market.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32187

Actions (login required)

View Item View Item