Pengaruh brand equity dan brand image terhadap minat beli susu bernutrisi (studi pada konsumen Herbalife Kota Malang) / Eddy Setiawan Putranto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand equity dan brand image terhadap minat beli susu bernutrisi (studi pada konsumen Herbalife Kota Malang) / Eddy Setiawan Putranto

Putranto, Eddy Setiawan (2017) Pengaruh brand equity dan brand image terhadap minat beli susu bernutrisi (studi pada konsumen Herbalife Kota Malang) / Eddy Setiawan Putranto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putranto Eddy Setiawan. 2017. Pengaruh Brand Equity dan Brand Image Terhadap Minat Beli Susu Bernutrisi (Studi Konsumen Herbalife Kota Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ftriana S.Pd. M.M. Kata kunci Brand Equity Brand Image minat beli. Fenomena persaingan yang terjadi di era globalisasi saat ini semakin mengarahkan sistem perekonomian Indonesia ke mekanisme pasar yang memposisikan pemasar untuk selalu mengembangkan dan merebut market share (pangsa pasar). Salah satu aset untuk mencapai kondisi tersebut adalah brand (merek). Apabila konsumen sudah merasa cocok terhadap salah satu merek maka niat berperilaku mereka akan positif yaitu berkeinginan untuk membeli ulang di toko (merek) tersebut dibandingkan toko lainnya. Konsumen saat ini sangatlah kritis dalam memilih suatu produk minat untuk membeli suatu produk sangat dipengaruhi oleh penilaian akan bentuk kualitas produk tersebut. Tuntutan permintaan akan sebuah produk barang yang semakin berkualitas membuat perusahaan yang bergerak diberbagai bidang usaha berlomba-lomba meningkatkan kualitas produk yang mereka miliki demi mempertahankan brand equity dan brand image produk yang mereka miliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kondisi brand equity brand image dan minat beli pada Herbalife Kota Malang (2) pengaruh brand equity terhadap minat beli (3) pengaruh brand image terhadap minat beli (4) pengaruh secara simultan antara brand equity dan brand image terhadap minat beli (5) Variabel yang paling dominan terhadap minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Herbalife Kota Malang yang mengunjungi kantor atau outlet dengan jumlah populasi yang tidak terbatas atau infinite population. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik perhitungan rumus Daniel Terrel dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakanan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial di dahului dengan uji asumsi klasik kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi berganda dengan uji t dan uji f. Proses pengolahan data menggunakan program SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) variabel brand equity brand image dan minat beli memiliki deskripsi yang baik (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara brand equity terhadap minat beli (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara brand image terhadap minat beli (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara brand equity dan brand image terhadap minat beli (5) brand equity berpengaruh paling dominan terhadap minat beli. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka peneliti memberikan saran sebagai berikut atribut produk seperti kemasan yang digunakan untuk dikembangkan dengan cara mengganti warna ataupun background/gambar kemasan yang digunakan agar terlihat menarik dalam benak konsumen dan mengundang daya tarik konsumen melalui aspek tersebut melalui atribut produk. Pada aspek yang kedua persepsi kualitas peneliti menyarankan agar setiap kegiatan pemasaran yang dilakukan Herbalife lebih detail dalam menjelaskan tentang khasiat dan manfaat yang terkandung dalam produk dengan melakukan upaya tersebut ditujukan agar konsumen dapat mengetahui kandungan produk lebih jelas sehingga menimbulkan kenyakinan konsumen terhadap Herbalife.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32173

Actions (login required)

View Item View Item