Penganggaran modal pada usaha budidaya jamur tiram sejati Kab. Pacitan / Novita Indra Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penganggaran modal pada usaha budidaya jamur tiram sejati Kab. Pacitan / Novita Indra Wardhani

Wardhani, Novita Indra (2017) Penganggaran modal pada usaha budidaya jamur tiram sejati Kab. Pacitan / Novita Indra Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhani Novita Indra. 2017. Proses Penganggaran Modal pada usaha Budidaya Jamur Tiram Sejati. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) H. Subagyo S.E. S.H. M.M. Kata Kunci Penganggaran modal investasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Pacitan Usaha Budidaya Jamur Tiram merupakan usaha yang bergerak dalam bidang pembudidaya jamur seperti jamur tiram jamur kuping dan bibit jamur. Usaha ini dibawah naungan dinas UMKM dan Koperasi Kabupaten Pacitan. Pendirian usaha ini bermodalkan limbah yang tidak dimanfaatkan di lingkungan sekitar rumah seperti limbah bekatul dan serbuk gergaji. Hal itu memberikan peluang untuk membuka usaha yang sekiranya belum ada di daerah Pacitan maka pelaku usaha memutuskan untuk mendirikan usaha Budidaya Jamur Tiram Sejati. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan ingin mengetahui bagaimana pemahaman pelaku usaha terhadap penganggaran modal konsep penganggaran modal proses penetuan pembiayaan penganggaran modal serta bagaimana keuntungan yang diperoleh setelah melakukan penganggaran modal. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta tipe yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus (case study resesrch). Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan trianggulasi meliputi trianggulasi sumber trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Berdasarkan dari hasil analisis data maka hasil dari penelitian ini bahwa pelaku usaha melakukan penganggaran modal untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang melalaui investasi. Dengan investasi pembelian alat-alat peluasan usaha serta membuka usaha baru bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang meningkat mengurangi biaya operasional dalam usaha bisa membayar kewajiban hutang jangka panjang dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Penganggaran modal pada usaha Budidaya Jamur Tiram Sejati dilakukan tetapi tidak secara rinci dan tertulis untuk setiap bulannya. Untuk proses penganggaran modal dilakukan ketika adanya peluang pasar. Dalam hal ini pelaku usaha juga melakukan konsep penganggaran modal meliputi penggantian peluasan usaha serta pengembangan usaha baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32166

Actions (login required)

View Item View Item