Evaluasi terhadap sistem penilaian kinerja dalam mendukung kompensasi yang berkeadilan (studi pada karyawan Bagian Keuangan dan Bagian Perawatan PDAM Kota Malang) / Maria Devinovelia Bella Rengga - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi terhadap sistem penilaian kinerja dalam mendukung kompensasi yang berkeadilan (studi pada karyawan Bagian Keuangan dan Bagian Perawatan PDAM Kota Malang) / Maria Devinovelia Bella Rengga

Rengga, Maria Devinovelia Bella (2017) Evaluasi terhadap sistem penilaian kinerja dalam mendukung kompensasi yang berkeadilan (studi pada karyawan Bagian Keuangan dan Bagian Perawatan PDAM Kota Malang) / Maria Devinovelia Bella Rengga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rengga Maria Devinovelia Bella. 2017. Evaluasi Terhadap Sistem Penilaian Kinerja Dalam Mendukung Kompensasi yang Berkeadilan pada Karyawan Bagian Keuangan dan Perawatan PDAM Kota Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Syihabudhin S.E. M.Si. Kata Kunci Penilaian Kinerja Sistem Penilaian Kinerja Kompensasi yang Berkeadilan Penilaian kinerja merupakan salah satu faktor penting dalam proses pemberian kompensasi kepada karyawan. Hasil penilaian kinerja yang sesuai akan berdampak pada kompensasi yang sepadan pula hal ini dapat memicu semangat kerja karyawan menjadi lebih baik. Jika karyawan merasa kompensasi yang diberikan perusahaan tidak sebanding dengan kontribusi yang diberikannya maka tidak menutup kemungkinan karyawan tersebut akan menurun produktivitas dan kualitas kerjanya. Supaya kompensasi dapat dirasa adil maka pihak manajemen harus mengevaluasi hasil kinerja karyawan dengan sebaik mungkin. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti memiliki ketertarikan untuk meneliti hal tersebut yakni tentang evaluasi sistem penilaian kinerja dalam mendukung kompensasi yang berkeadilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode penilaian yang akurat yang digunakan untuk mencapai kompensasi yang berkeadilan baik dari segi internal maupun eksternal perusahaan dan mengevaluasi sistem tersebut. Penelitian ini termasuk dalam kategori studi kasus sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena peneltian ini tidak bertujuan mengeksplanasi hubungan antar variabel melainkan untuk mengeksplorasi keadaan yang sebenarnya terjadi. Hasil dari penelitian ini adalah metode penilaian yang digunakan oleh PDAM Kota Malang adalah sistem penilaian otomatis yang didasarkan atas KPI dan kehadiran sedangkan untuk sistem kompensasi sendiri PDAM Kota Malang menerapkan sistem hasil dan waktu yang semuanya didasarkan juga pada hasil penilaian kinerja. Prinsip keadilan selalu dijunjung tinggi oleh PDAM Kota Malang dalam memberikan kompensasi. Sedangkan untuk beberapa karyawan yang merasa bahwa kompensasinya masih kurang adil ini dikarenakan kebutuhan setiap karyawan berbeda dan menurut mereka kompensasi yang adil itu relatif tetapi PDAM Kota Malang sudah memiliki aturan sendiri untuk memberikan kompensasi dan sejauh yang peniliti analisis metode penilaian dan sistem pemberian kompensasi kepada setiap karyawan sudah sesuai dengan hasil kerja dan realita kerja karyawan melalui bukti dokumen observasi dan wawancara. Saran untuk PDAM Kota Malang adalah tetap memperhatikan keadilan dan kesejahteraan karyawan dengan memberikan kompensasi bonus atau penghargaan atas kinerja seluruh karyawan. Sedangkan untuk karyawan sendiri diharapkan untuk meningkatkan kesadaran agar tidak terjadi masalah ketidakadilan terhadap pemberian kompensasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32161

Actions (login required)

View Item View Item