Pengaruh celebrity endorser (attractiveness, trustworthy, dan expertise) terhadap niat beli nutrisari jeju orange (studi pada mahasiswa Prodi S1 Manajemen angkatan 201/2014 FE UM) / Yoshe Amalia Faustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh celebrity endorser (attractiveness, trustworthy, dan expertise) terhadap niat beli nutrisari jeju orange (studi pada mahasiswa Prodi S1 Manajemen angkatan 201/2014 FE UM) / Yoshe Amalia Faustina

Faustina, Yoshe Amalia (2017) Pengaruh celebrity endorser (attractiveness, trustworthy, dan expertise) terhadap niat beli nutrisari jeju orange (studi pada mahasiswa Prodi S1 Manajemen angkatan 201/2014 FE UM) / Yoshe Amalia Faustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faustina Y. A. Pengaruh Celebrity Endorser (Attractiveness Trustworthy Dan Expertise) Terhadap Niat Beli Nutrisari Jeju Orange (Studi Pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2013/2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E. M.Sc. Kata Kunci celebrity endorser attractiveness trustworthy expertise dan niat beli Niat beli konsumen sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk. Niat beli dapat diartikan sebagai kemungkinan bahwa konsumen akan melakukan pembelian produk tertentu. Kesediaan pelanggan untuk membeli memiliki probabilitas yang lebih tinggi meskipun pelanggan belum tentu benar-benar membelinya. Proses pembelian dimulai ketika seseorang menyadari kebutuhannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana deskripsi attractiveness trustworthy expertise dan niat beli Nutrisari Jeju Orange (2) pengaruh attractiveness trustworthy expertise secara parsial maupun simultan terhadap niat beli Nutrisari Jeju Orange (3) manakah diantara variabel attractiveness trustworthy dan expertise yang berpengaruh dominan terdapat niat beli Nutrisari Jeju Orange. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah attractiveness (X1) trustworthy (X2) dan expertise (X3) sedangkan untuk variabel terikatnya niat beli (Y). Penelitian menggunakan instrumen berupa kuesioner dan merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Manajemen Angkatan 2013/2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang belum pernah mengkonsumsi Nutrisari Jeju Orange yang mengetahui Joshua Suherman sebagai endorser Nutrisari Jeju Orange dan berniat membeli Nutrisari Jeju Orange yang tergolong dalam populasi yang tak terhingga (Infinite Population). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sedangkan untuk penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Daniel dan Terrel yaitu diperoleh sampel sebanyak 140 responden. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima alternatif jawaban yaitu sangat setuju (SS). Setuju (S) cukup setuju (CS) tidak setuju (TS) dan sangat tidak setuju (STS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan membagikan kuesioner. Uji kelayakan untuk instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang telah memenuhi uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji F. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Attractiveness endorser pada Nutrisari Jeju Orange dikatakan baik (2) Trustworthy endorser pada Nutrisari Jeju Orange dikatakan sangat baik (3) Expertise endorser pada Nutrisari Jeju Orange dikatakan sangat baik (4) Niat beli pada Nutrisari Jeju Orange dikatakan telah mempertimbangkan dengan sangat baik dalam melakukan niat beli. Hasil uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas yang dapat dilihat dari nilai signifikansi yaitu melebihi 0 5 (2) Model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas yang dapat dilihat melalui nilai VIF yaitu lebih kecil dari 10 00 (3) Model regresi tidak terjadi masalah heteroskedastisitas terlihat pada gambar grafik Scatterplot yang tidak membentuk pola dan menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh postif signifikan antara variabel attracttiveness trustworthy dan expertise terhadap niat beli Nutrisari Jeju Orange secara parsial maupun simultan. Peneliti menyarankan perusahaan PT. Nutrifood Indonesia sebagai berikut (1) pihak perusahaan PT. Nutrifood Indonesia dalam penggunaan endorser sudah menarik. Karena konsumen sudah percaya akan kualitas produknya. Iklan juga sudah sering muncul dalam berbagai media baik media cetak media elektronik dan online (2) PT. Nutrifood Indonesia sudah tepat dalam memilih endorser karena dulu hingga sekarang masih tetap menggunakan Joshua Suherman sebagai endorser Nutrisari Jeju Orange. Pada penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan variabel lain untuk melengkapi penelitian karena selain attractiveness trustworthy dan expertise terdapat beberapa variabel lain yang juga mempengaruhi yaitu brand image dan keputusan pembelian dan tidak melakukan manipulasi data terkait dengan penelitian yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32160

Actions (login required)

View Item View Item