Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan Ubud Hotel and Cottage Malang) / Alfi Nur Azmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan Ubud Hotel and Cottage Malang) / Alfi Nur Azmi

Azmi, Alfi Nur (2017) Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan Ubud Hotel and Cottage Malang) / Alfi Nur Azmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azmi Nur Azmi. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Ubud Hotel and Cottage Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. I Wayan Adi Putra M.si. Kata Kunci Bauran pemasaran jasa kepuasan pelanggan Bauran pemasaran jasa merupakan salah satu alat yang dapat digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Ubud Hotel an Cottage Malang merupakan salah satu peusahaan perhotelan yang menjalankan strategi bauran pemasaran jasa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan Ubud Hotel and Cottage Malang. Variabel bebas didalam penelitian ini yaitu produk (X1) harga (X2) tempat (X3) promosi (X4) orang (X5) proses (X6) dan bukti fisik (X7). Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan Ubud Hotel and Cottage Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi tentang bauran pemasaran jasa dan kepuasan pelanggan (2) besarnya pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan Ubud Hotel and Cottage Malang secara parsial dan simultan (3) Variabel pemasaran jasa yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan Ubud Hotel and Cottage Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan penelitian penjelasan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Ubud Hotel and Cottage Malang yang melakukan penginapan. Sampel diperoleh dengan teknik perhitungan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program IBM SPSS 22. Jenis skala pengukuran dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Menunjukkan ada pengaruh signifikan dari variabel produk harga lokasi promosi orang proses dan bukti fisik (2) Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel bebas bauran pemasaran jasa menyumbang sebesar 69 3% terhadap variabel terikat kepuasan pelanggan (3) variabel harga sebagai penyumbang efektif terbesar atau paling dominan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 19 11%. Saran yang dapat diajukan kepada 1) Ubud Hotel and Cottage Malang untuk lebih memperhatikan bauran pemasaran jasa yang rendah signifikannya 2) peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian tentang bauran pemasaran dengan penambahan pada variabel bebas. ABSTRACT Azmi Alfi Nur. 2017. The Effect of Service Marketing Mix on Customer Satisfaction (Study at Ubud Hotel and Cottage Malang). Sarjana s Thesis. Department of Management Faculty of Economics State University of Malang. Advisor Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si. Keywords Service Marketing Mix Customer Satisfaction Service marketing mix is one of the media that marketers can use to shape the characteristics of services offered to customers. Ubud Hotel and Cottage Malang is one of the hospitality companies that runs a mix marketing for service strategy. Independent variable in this research is customer satisfaction of Ubud Hotel and Cottage Malang. The independent variables in this research are product (X1) price (X2) place (X3) promotion (X4) person (X5) process (X6) and physical proof (X7). The dependent variable in this research is customer satisfaction of Ubud Hotel and Cottage Malang. The purpose of this study is to know (1) description of mix marketing for service and customer satisfaction (2) the amount of influence of mix marketing for service on customer satisfaction of Ubud Hotel and Cottage Malang partially and simultaneously (3) the most dominant service marketing variable in influencing customer satisfaction in Ubud Hotel and Cottage Malang. This research uses quantitative approach with the type of research used is descriptive research and explanatory research. The population in this study is the customers of Ubud Hotel and Cottage Malang who spent the night there. Samples were obtained by Slovin formula calculation technique and obtained a sample of 100 respondents. Sampling method using random sampling technique. Data processing this research using multiple linear regression analysis with IBM SPSS 22 program. Types of measurement scalaes in this study is ordinal scale enhanced into an interval scale through MSI (Method of Successive Interval). Meanwhile the results of this study are (1) Showing the significant influence of product variables price location promotion person process and physical evidence (2) adjusted R Square indicates that the free variable of mix marketing for service contributes 69 3% to the dependent variable of customer satisfaction (3) price variable is the biggest effective contributor or the most dominant to customer satisfaction equal to 19 11%. Suggestions that can be submitted to 1) Ubud Hotel and Cottage Malang should pay more attention to the mix marketing for service which still has low significance and 2) the future researchers should conduct researches on mix marketing for service with the addition to the independent variable.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32159

Actions (login required)

View Item View Item