Pengaruh kecedasan emosional terhadap kinerja perawat pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangil / Arisarkhus Setyo Pamujo Raharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecedasan emosional terhadap kinerja perawat pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangil / Arisarkhus Setyo Pamujo Raharjo

Raharjo, Arisarkhus Setyo Pamujo (2017) Pengaruh kecedasan emosional terhadap kinerja perawat pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangil / Arisarkhus Setyo Pamujo Raharjo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Raharjo Aristarkhus Setyo Pamujo. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Perawat Pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangil. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Elfia Nora S.E M.Si. Kata Kunci kecerdasan emosional kinerja perawat Pelayanan publik seperti halnya pelayanan jasa kesehatan yang dikelola oleh pemerintah dituntut dapat menumbuhkan profesionalisme untuk melakukan pelayanan. Hal ini telah diatur dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009. Komplain yang diberikan oleh pasien terhadap kinerja perawat di RSUD Bangil terkait kecerdasan emosional menjadi permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi kecerdasan emosional pada perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Bangil (2) Deskripsi kinerja perawat pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangil (3) Pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap kinerja perawat pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangil. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat non PNS pada bagian rawat inap. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 67 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Skala pengukuran menggunakan skala likert dan untuk menguji hubungan antar variabelnya dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana. Uji Hipotesis menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kondisi kecerdasan emosional perawat di rumah sakit umum daerah bangil sudah dapat dikatakan memiliki kecerdasan emosional yang tinggi (2) kondisi kinerja perawat di rumah sakit umum daerah bangil memiliki sudah dapat dikatakan bahwa perawat memiliki kinerja yang tinggi (3) Kecerdasan emosional tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perawat. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Disarankan untuk perusahaan mempertahankan tingkat kecerdasan emosional perawat dengan memperhatikan tingkat emosional perawat saat bekerja dengan dibantu melalui kepala ruangan yang memiliki kedekatan dengan perawat tersebut. (2) Disarankan untuk perusahaan mempertahankan tingkat kinerja perawatnya dengan selalu memantau dan memberikan penambahan sub indikator penilaian kinerja yang berkaitan dengan kecerdasan emosional supaya perawat dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pasien ABSTRACT Raharjo Aristarkhus Setyo Pamujo. 2017. The Influence of Emotional Intelligence on Nurses Performance of Bangil Regional General Hospital. Thesis Management Faculty of Economic Universitas Negeri Malang. Advisor Elfia Nora S.E M.Si. Keywords emotional intelligence nurse performance Public services as well as health services managed by the government are required to foster professionalism in performing services. This matter has been regulated in the Indonesian Law number 25 of 2009. This study put focus on the complaint which is related to emotional intelligence given by the patient to the performance of nurses of Bangil Regional General Hospital Rumah Sakit Umum Daerah Bangil . This study aims to identify the descriptions of (1) The emotional intelligence of nurses (2) The performance of nurses (3) The positive and significant influences of nurses emotional intelligence on their performance. The population of this study were the non-civil servant nurses of Bangil Regional General Hospital Rumah Sakit Umum Daerah Bangil in the inpatient care unit. This study used quantitative approach. The sample size of this study were 67 respondents which were precedingly calculated by Slovin formula. The data of this study were collected by questionnaire method. In addition this study employed Likert scale. To test the relationship between the variables this study used simple linear regression formula. The hypothesis examination was measured by t-test The result of this study revealed that the nurses emotional intelligence of were high. The research reports also showed that the nurses performances were high. However the nurses emotional intelligences were not positively significant to impact their performances. Suggestions in this study are (1) It is recommended for the company to maintain the emotional intelligence level of the nurses by paying attention to the emotional level of the nurses. This effort can be assisted through the head of the room that has closeness with the nurses. (2) It is recommended for the company to maintain the nurses performance level by always monitoring and providing additional sub-indicators of performance appraisal related to emotional intelligence so that the nurses can provide the best service for the patient.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32150

Actions (login required)

View Item View Item