Pengembangan video learning interaktif dengan layanan learning management system / Firnanda Hidayah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video learning interaktif dengan layanan learning management system / Firnanda Hidayah</p>

Hidayah, Firnanda (2024) Pengembangan video learning interaktif dengan layanan learning management system / Firnanda Hidayah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan keluaran produk yaitu berupa media pembelajaran atau video learning interaktif dengan pemanfaatan layanan Learning Management System. Setting pembelajaran yang diterapkan dibanyak institusi pendidikan yang jarang memberikan ruang kepada siswa untuk berdiskusi dan berinteraksi secara aktif dalam proses belajar sehingga minimnya interaksi tersebut terjadi fenomena dibeberapa sekolah khsusnya jenjang SMP dan banyak juga sekolah yang belum menerapkan pemanfaatan teknologi salah satunya dengan adanya Learning Management System (LMS). Banyak dari peserta didik mengeluhkan dengan metode belajar yang monoton kurang joyfull sehingga menyebabkan rasa bosan dan menurunnya minat belajar. Untuk mengatasi hal tersebut pengajar dituntut untuk berinovasi menggunakan metode lain dalam proses belajar mengajar salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran untuk memudahkan pengajar dalam penyampaian informasi atau materi yang akan disampaikan agar lebih efektif dan efisien. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu research amp development (R amp D) melalui pendekatan Design Thinking yang terdiri dari 5 tahapan yaitu emphatize define ideate prototype dan test. Data informasi yang didapat dari asesmen dari 10 siswa dan dilakukan perhitungan dengan rumus SUS atau System Usability Scale maka didapatkan hasil perhitungan rata-rata skor sebesar 87 5%. Hasil tersebut menunjukkan hasil dari pengujian SUS tersebut mendapatkan nilai A atau ldquo Acceptable rdquo yang berada di rentang skor 84 1 ndash 100 dengan keterangan Best Imaginable. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang interaktif dapat meningkatkan minat belajar yang berpengaruh terhadap hasil belajar dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/321419

Actions (login required)

View Item View Item