Peranan manajemen hubungan masyarakat dalam pemanfaatan sumber belajar: studi kasus di SD Islam Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo / Ayu Rizki Amalya

Amalya, Ayu Rizki (2009) Peranan manajemen hubungan masyarakat dalam pemanfaatan sumber belajar: studi kasus di SD Islam Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo / Ayu Rizki Amalya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SDI Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo merupakan Lembaga Pendidikan (LP) MaÔÇÖarif Nahdhatul Ulama (NU) Taman Pendidikan QurÔÇÖan (TPQ)/Diniyah yang terbilang baru. Berdiri pada Tahun 2002 dan bernaung di bawah Yayasan Sabilil Huda. Pada Tanggal 24 Maret 2003 dikeluarkan Surat Keputusan (SK) dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo dengan Nomor: 642.2/246/104.314/2003 tentang Izin Pendirian dan Penyelenggaraan Sekolah Dasar Islam ÔÇ£Sabilil HudaÔÇ£, kemudian pada Tanggal 17 Desember 2007, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia melalui Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) menetapkan SDI Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo dengan Nomor Induk Sekolah (NIS) 101050203013 telah berhasil memperoleh akreditasi dengan peringkat A. SDI Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo memberlakukan jam sekolah secara penuh (full day school) mulai jam 06.30-15.00 WIB, setelah pada tahun pelajaran 2003/2004 sekolah mengadakan studi komparatif ke SDI Sabilillah Malang. Berkaitan dengan hal tersebut, maka manajemen humas sangat diperlukan dalam hal sosialisasi dan kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat, sehingga pada tahun pelajaran 2007/2008 kepala sekolah mengangkat Wakasek Humas untuk menangani segala operasional hubungan dan kerjasama antara sekolah dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan sumber belajar melalui manajemen humas yang meliputi: (1) Program-program kepala sekolah dan Wakasek Humas dalam pelaksanaan manajemen humas di SDI Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo; (2) Pemanfaatan sumber belajar dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDI Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo; (3) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di SDI Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo; (4) Peranan manajemen humas dalam pemanfaatan sumber belajar di SDI Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di SDI Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo, Jalan Singokarso Nomor 54 Sumorame Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, mulai Tanggal 3 Januari 2009, 20 Mei 2009 sampai 22 Juli 2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Studi kasus yang digunakan adalah studi kasus observasional (observational case studies). Pada penelitian ini, peneliti merupakan instrumen kunci. Kehadiran peneliti di lapangan diperlukan sebagai alat pengumpul data utama. Adapun sumber data berupa orang/person meliputi kepala sekolah, Wakasek Humas, Wakasek Kurikulum, petugas perpustakaan, Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU), guru dan siswa. Metode pengumpulan data dalam Penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang meliputi tiga langkah, yaitu reduksi data, display/penyajian data, dan verifikasi data/penarikkan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan tiga cara, yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensial. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program kerja tahunan kepala sekolah dalam bidang manajemen humas terdiri dari kegiatan-kegiatan operasional: (a) pertemuan dengan komite sekolah, (b) rapat pengurus, (c) rapat pleno, dan (d) konsultasi dengan instansi. Program-program tersebut disusun oleh kepala sekolah. Sedangkan Wakasek Humas adalah pihak yang dipercaya sebagai penanggungjawab dan diberikan wewenang untuk melaksanakan program-program tersebut serta segala kegiatan yang berhubungan dengan pihak luar. Wakasek Humas membawahi masyarakat atau wali murid, siswa dan guru, yang terdiri dari wakil bagian kesehatan, wakil penjaga sekolah dan bagian keamanan/satpam; (2) Pemanfaatan sumber belajar di sekolah berupa pemanfaatan lingkungan untuk kepentingan KBM; (3) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi penyelenggaraan studi pariwisata dan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah; dan (4) Pemanfaatan sumber belajar di sekolah semuanya dapat dikelola melalui manajemen humas. Kegiatannya meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Berdasarkan kesimpulan penelitian, disarankan kepada: (1) kepala sekolah untuk menetapkan program kerja yang efektif, tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada masa kini dan masa yang akan datang serta dapat mengambil segala keputusan dengan tepat. Kepala sekolah juga dapat memberikan pengarahan, masukan, serta kritik yang bersifat membangun kepada para guru untuk terus meningkatkan kinerjanya terkait dengan KBM di sekolah. Salah satunya dengan mendukung, mengupayakan, dan mengembangkan pemanfaatan berbagai sumber belajar, baik yang berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah serta mengajak orangtua siswa berpartisipasi secara langsung dalam KBM di sekolah, terutama sebagai sumber belajar bagi siswa; (2) Wakasek Humas disarankan untuk memperluas saluran komunikasi dan rekan kerja melalui kerjasama dan hubungan dengan berbagai pihak di luar sekolah serta menyatukan pihak-pihak di dalam dan di luar sekolah; (3) Guru disarankan untuk lebih menggali ide, kreativitas, dan metode mengajar yang bervariasi dan konstruktif serta berbasis masyarakat. Guru dapat menggunakan berbagai sumber belajar, baik yang berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah; (4) Orangtua siswa disarankan untuk berpartisipasi secara langsung dalam KBM. Salah satunya menjadi sumber belajar bagi siswa; dan (5) Peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian sejenis dengan objek yang sama tetapi dengan pendekatan dan subjek yang berbeda, sehingga dapat diketahui perbandingan diantara keduanya serta dapat melengkapi penelitian-penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item