Pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan UKM Jajanan Khas Trenggalek / Arum Sekar Melati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan UKM Jajanan Khas Trenggalek / Arum Sekar Melati

Melati, Arum Sekar (2017) Pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan UKM Jajanan Khas Trenggalek / Arum Sekar Melati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Melati Arum Sekar. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Di UKM Jajanan Khas Trenggalek. Skripsi Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Rachmad Hidayat S. Pd. M Pd. Kata Kunci bauran pemasaran volume penjualan. Perkembangan dunia usaha yang semakin ketat pada saat ini menuntut peranan pemasaran yang dapat menunjang kemajuan usaha. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam bisnis adalah strategi marketing mix atau bauran pemasaran. Melalui bauran pemasaran maka perusahaan akan mendapatkan gambaran dari hasil pemasaran yang dilakukan apakah sudah sesuai dengan rencana pemasaran (market plan). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui deskripsi bauran pemasaran dan volume penjualan pada UKM Jajanan khas Trenggalek (2) untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (produk harga tempat promosi) secara parsial terhadap volume penjualan pada UKM Jajanan khas Trenggalek (3) untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (produk harga tempat promosi) secara simultan terhadap volume penjualan pada UKM Jajanan khas Trenggalek (4) untuk mengetahui variabel bauran pemasaran yang dominan mempengaruhi volume penjualan pada UKM Jajanan khas Trenggalek. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linir berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah produk (X_1) harga (X_2) tempat (X_3) promosi (X_4) dengan variabel terikatnya adalah volume penjualan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah outlet UKM Jajanan khas Trenggalek berjumlah 44 outlet dan diambil semua sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan rentang 5 alternatif jawaban. Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden. Metode pengumpulan data menggunakan (1) kuesioner tertutup dan (2) wawancara tidak terstruktur. Uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas dngan melihat grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) Uji Multikolinearitas yyang dapat dilihat dari nilai tolerance dan VIF (Variance Inflation Factor) pada model regresi (3) Uji Heteroskedastisitas dengan melihat grafik scatterplot. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa (1) produk mempengaruhi volume penjualan sebesar 0 050 (5%) sehingga dapat disimpulkan bahwa produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan (2) harga mempengaruhi volume penjualan sebesar 0 081 (8 1%) sehingga dapat disimpulkan bahwa harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan (3) tempat mempengaruhi volume penjualan sebesar 0 050 (5%) sehingga dapat disimpulkan bahwa tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan (4) promosi mempengaruhi volume penjualan sebesar 0 085 (8 5%) sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Saran yang diberikan terkait dengan hasil penelitian sebagai berikut (1) Sebaiknya penjual melakukan inovasi pada produk jajanan khas Trenggalek baik dari segi rasa maupun kemasan (2) Menjaga harga tetap terjangkau dengan kualitas yang baik (3) Tidak hanya promosi dari mulut ke mulut penjual perlu melakukan promosi melalui media promosi online dan media promosi lainnya (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk melakukan penelitian mengenai bauran pemasaran atau untuk mengetahui variabel lain yang dapat mempengaruhi volume penjualan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32137

Actions (login required)

View Item View Item