Pengaruh the big five personality terhadap kinerja karyawan PT. Pelabuhan Indonesia IV Cabang Samarinda / Widi Erindra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh the big five personality terhadap kinerja karyawan PT. Pelabuhan Indonesia IV Cabang Samarinda / Widi Erindra

Erindra, Widi (2017) Pengaruh the big five personality terhadap kinerja karyawan PT. Pelabuhan Indonesia IV Cabang Samarinda / Widi Erindra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erindra Widi. 2017.Pengaruh The Big Five Personality Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pelabuhan Indonesia IV cabang Samarinda. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci The Big Five Personality Kinerja Lima besar kepribadian (kesungguhan sifat menyenangkan stabilitas emosi ekstraversi dan terbuka pada pengalaman) merupakan dimensi-dimensi dari kepribadian yang merupakan lima dasar dimensi dari kepribadian yang menjadikan sifat dasar dari seseorang.Penelitian ini membahas beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu The Big Five Personality. Berdasarkan dari penelitian yang telah ada maka peneliti mengembangkan teori tersebut Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah ciri kepribadian karyawan berdasarkan teori The Big Five personality (Kesungguhan Stabilitas Emosi Sifat Menyenangkan Ekstraversi dan Terbuka pada Pengalaman) dan kinerja karyawan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) cabang Samarinda (2) Apakah terdapat pengaruh sigifikan The Big Five personality terhadap kinerja karyawan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) cabang Samarinda (3) Dari ciri kepribadian karyawan berdasarkan teori The Big Five personality (Kesungguhan Stabilitas Emosi Sifat Menyenangkan Ekstraversi dan Terbuka pada Pengalaman) manakah yang paling berpengaruh terhadap kinerja pada karyawan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) cabang Samarinda . Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Populasi penelitian adalah karyawan PT Pelindo IV cabang Samarinda sedangkan sampel yang diambil berjumlah 52karyawan. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis data yag digunkan dalam penelitian ini yaitu regresi Linear Berganda. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan sebagai berikut (1) Conscientiousnessmasuk kategori tinggi Agreeableness masuk kategori tinggi Neuroticsm masuk kategori cukup Extraversion masuk kategori cukup Openess to Experience masuk kategori cukup dan Kinerja karyawan masuk kategori tinggi atau baik (2) The Big Five personality berpengaruh positifdan signifikan terhadap kinerja karyawan (3) Ektraversionmerupakan ciri yang paling mempengaruhi kinerja. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Bagi manajemen PT. Pelindo sebaiknya lebih memperhatikan karyawan-karyawan yang ada dalam organisasi tersebut. Karyawan yang memiliki nilai kepribadian rendah dan kurang diperhatikan tidak dapat menjalankan tugas yang diberikan secara maksimal sehingga dapat menghambat keberhasilan perusahaan tersebut (2) Bagi peneliti selanjutnya dapat lebih memperhatikan faktor-faktor lain selain The Big Five Personality yang diduga masih banyak lagi yang mempengaruhi kinerja karyawan dan menggunakan responden dari organisasi yang lebih spesifik. Selain itu teknik pengambilan data tidak hanya dilakukan dengan penyebaran angket (kuesioner) tetapi dengan teknik wawancara dan observasi sehingga data yang diperoleh lebih mendalam dan hasil penelitian lebih objektif dan akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32132

Actions (login required)

View Item View Item