Hubungan antara kinerja manajemen layanan perpustakaan sekolah dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan SMA Negewri se-Kabupaten Lumajang / Eni Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kinerja manajemen layanan perpustakaan sekolah dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan SMA Negewri se-Kabupaten Lumajang / Eni Wulandari

Wulandari, Eni (2009) Hubungan antara kinerja manajemen layanan perpustakaan sekolah dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan SMA Negewri se-Kabupaten Lumajang / Eni Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perpustakaan sekolah sebagai lembaga penyedia ilmu pengetahuan dan informasi mempunyai peranan yang penting dalam penyelenggaraan manajemen lembaga pendidikan.Perpustakaan sekolah merupakan pusat sumber ilmu pengetahuan dan informasi yang berada di sekolah dan didirikan untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar yang dilaksanakan oleh sekolah.Perpustakaan sekolah harus dapat memainkan peran khususnya dalam membantu siswa untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Untuk itu perpustakaan sekolah perlu merealisasikan misi dan kebijakannya dalam mendukung usaha peningkatan prestasi belajar siswa di sekolah dengan mempersiapkan tenaga pustakawan yang memadai koleksi yang berkualitas serta layanan pendukung suasana pembelajaran baik layanan teknis maupun layanan pembaca. Dengan memaksimalkan perannnya diharapkan perpustakaan sekolah bisa mencetak siswa untuk selalu membiasakan diri dengan aktivitas membaca memahami pelajaran dan menghasilkan karya bermutu. Sehingga pada akhirnya prestasi pun relatif mudah untuk diraih oleh para siswa. Masalah penelitian ini adalah (1) Seberapa tinggi tingkat motivasi belajar siswa di perpustakaan SMA Negeri Se- Kabupaten Lumajang (2) Seberapa tinggi tingkat keefektivan kinerja manajemen layanan perpustakaan sekolah di SMA Negeri Se-Kabupaten Lumajang (3) Apakah ada hubungan antara kinerja manajemen layanan perpustakaan sekolah dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan SMA Negeri Se-Kabupaten Lumajang Adapun tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa di perpustakaan SMA Negeri Se-Kabupaten Lumajang (2) untuk mengetahui kefektivan kinerja manajemen layanan perpustakaan sekolah di SMA Negeri Se-Kabupaten Lumajang (3) untuk mengetahui hubungan antara kinerja manajemen layanan perpustakaan sekolah dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan SMA Negeri Se-Kabupaten Lumajang. Penelitian ini tergolong penelitian descriptive correlational dwivariat maksudnya adalah penelitian yang mengungkapkan hubungan asimetris variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah sejumlah 2350 orang siswa dengan sampel penelitian 342 orang siswa ditetapkan dengan teknik stratified proportional random sampling di SMA Negeri Se-Kabupaten Lumajang. Data penelitian dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan teknik korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa di perpustakaan SMA Negeri Se-Kabupaten Lumajang tergolong tinggi yakni 63 74%. Rata-rata nilai motivasi siswa di perpustakaan mencapai 65 8% (2) kinerja manajemen layanan perpustakaan SMA Negeri Se-Kabupaten Lumajang tergolong baik Hal ini dapat dilihat sekitar 67 25% dalam kategori baik dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja manajemen layanan perpustakaan sekolah dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan SMA Negeri Se-Kabupaten Lumajang. Dengan semakin tinggi kinerja manajemen layanan perpustakaan sekolah maka motivasi belajar siswa di perpustakaan sekolah akan semakin tinggi pula. Dari hasil penelitian ini penulis mengajukan beberapa saran yaitu (1) bagi sekolah perpustakaan sekolah hendaknya lebih dikembangkan sebagai sumber belajar selain yang diperoleh di dalam kelas untuk menunjang kegiatan PBM. Selain itu hendaknya bahan pustaka yang disediakan relatif baru dengan jumlah yang memadai. Guru hendaknya memotivasi siswa untuk belajar di perpustakaan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai media untuk menggali ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya. Guru hendaknya juga memberikan tugas yang terkait dengan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar (2) seorang pustakawan harus memiliki tanggung jawab dan dedikasi tinggi terhadap pengelolaan bahan pustaka dan pelayanan yang diberikan perpustakaan kepada pembaca perpustakaan. disamping itu pustakawan harus kreatif dalam mengelola perpustakaan agar siswa termotivasi datang ke perpustakaan (3) bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat menambah wawasan dan informasi sekaligus sebagai salah satu rujukan terutama bagi mereka yang akan meneliti masalah kinerja manajemen layanan perpustakaan sekolah dengan motivasi siswa di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3213

Actions (login required)

View Item View Item