Pengaruh management by objectives dan kerjasama tim terhadap kinerja karyawan marketing (studi pada PT. BPR Gunung Ringgit Malang) / Frendi Hiranda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh management by objectives dan kerjasama tim terhadap kinerja karyawan marketing (studi pada PT. BPR Gunung Ringgit Malang) / Frendi Hiranda

Hiranda, Frendi (2017) Pengaruh management by objectives dan kerjasama tim terhadap kinerja karyawan marketing (studi pada PT. BPR Gunung Ringgit Malang) / Frendi Hiranda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hiranda Frendi. 2017. Pengaruh Management by Objectives dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan Marketing (Studi Pada PT. BPR Gunung Ringgit Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Management by Objectives Kerjasama Tim Kinerja Karyawan Kinerja karyawan yang semakin baik tentu akan berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan. Manajemen kinerja karyawan yang tepat juga dibutuhkan oleh perbankan khususnya untuk karyawan marketing dimana mereka bersaing dengan karyawan dari perbankan lain. Khususnya PT.BPR Gunung Ringgit Malang memiliki pesaing baik itu sesama bank BPR maupun non-BPR sehingga perusahaan harus berinovasi untuk melakukan manajemen kinerja karyawan. Inovasi diciptakan untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah dengan cara menggunakan management by objectives (MBO) dan cara kerja berupa kerjasama tim. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana gambaran deskriptif penerapan MBO kerjasama tim dan kinerja karyawan marketing PT. BPR Gunung Ringgit Malang (2) untuk mengetahui apakah MBO berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan marketing PT. BPR Gunung Ringgit Malang (3) untuk mengetahui apakah kerjasama tim berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan marketing PT. BPR Gunung Ringgit Malang. Penelitian ini juga bertujuan untuk menunjukan apakah hasil dari penelitian ini mendukung pengaruh positif MBO maupun kerjasama tim terhadap kinerja karyawan seperti peneliti sebelumnya atau hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa mampu mendukung peneliti sebelumnya yang tidak mendukung adanya pengaruh positif MBO maupun kerjasama tim terhadap kinerja karyawan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah management by objectives atau MBO (X1) dan kerjasama tim (X2) sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan marketing. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan divisi marketing yang berjumlah 73 karyawan dan menghasilkan sampel sebanyak 42 karyawan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dimana masing-masing bagian dalam divisi marketing dapat terwakili. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) management by objectives (MBO) masuk kriteria sangat baik kerjasama tim masuk kriteria sangat baik dan kinerja karyawan marketing masuk kriteria sangat baik (2) management by objectives (MBO) berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan (3) kerjasama tim berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Nilai item tertinggi variabel MBO adalah Karyawan dengan atasan/manajer terlibat dalam penyusunan target pekerjaan karyawan sedangkan nilai item terendah adalah Atasan/manajer memberikan apresiasi atas ide-ide baru maupun kontribusi karyawan dalam bekerja. Nilai item tertinggi variabel kerjasama tim adalah Selalu ada komunikasi diantara anggota tim sedangkan skor item terendahnya adalah Anggota tim cukup puas dengan ketepatan informasi yang diperoleh dari anggota lainya. Nilai item tertinggi variabel kinerja karyawan adalah Saya mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sedangkan nilai item terendahnya adalah Saya memiliki ide/inisiatif atas permasalahan dalam pekerjaan saya. Saran yang diberikan peneliti kepada pimpinan PT. BPR Gunung Ringgit Malang sebagai berikut (1) Pimpinan harus mampu mempertahankan konsep MBO kerjasama tim dan manajemen kinerja karyawan karena karyawan merasa baik MBO kerjasama tim maupun sistem manajemen kinerja yang dijalankan perusahaan dinilai sangat baik. (2) mendorong atasan/ Manajer harus mempertahankan dan meningkatkan aktivitas penetapan tujuan/ target kerja secara terpadu (3) para anggota tim marketing harus mampu mempertahankan komunikasi yang baik dengan anggota tim lainya (4) karyawan harus mampu mempertahankan kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas/ pekerjaan tepat waktu (5) manajer/ atasan harus memberikan perhatian dalam hal memberikan apresiasi atas kontribusi maupun ide-ide baru yang diberikan oleh karyawan (6) anggota tim marketing memiliki kemampuan menyaring informasi yang akan dibagikan kepada anggota tim lainya agar informasi tersebut dapat bermanfaat dan berguna (7) karyawan harus mulai berani untuk mengembangkan kemampuan dalam memberikan ide pendapat hingga memecahkan masalah dalam pekerjaanya. Pada peneliti selanjutnya diharapkan lebih memperdalam penelitian khususnya pada variabel MBO karena pada variabel ini sangat jarang diteliti sehingga literaturnya juga sangat sedikit khususnya pada penelitian di Indonesia selain itu peneliti bisa menggunakan data kinerja karyawan yang berasal dari perusahaan sebagai bahan analisa penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32123

Actions (login required)

View Item View Item