Kepimpinan Kepala Sekolah dalam mengelola sumber belajr (Studi kasus SD Negeri Pagowan 01 Pasrujambe kota Lumajang) / Linda Putriansih - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepimpinan Kepala Sekolah dalam mengelola sumber belajr (Studi kasus SD Negeri Pagowan 01 Pasrujambe kota Lumajang) / Linda Putriansih

Putriansih, Linda (2009) Kepimpinan Kepala Sekolah dalam mengelola sumber belajr (Studi kasus SD Negeri Pagowan 01 Pasrujambe kota Lumajang) / Linda Putriansih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putriansih Linda. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Belajar Studi Kasus di SD Negeri Pagowan 01 Pasrujambe Lumajang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si Dosen Pembimbing (II) Prof. Dr. H. M. Huda A.Y M.Pd. Kata kunci Kepemimpinan Kepala Sekolah Sumber belajar. Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif merupakan kunci kesuksesan di sekolah. Karena kepemimpinan kepala sekolah mempunyai peran dan pengaruh yang cukup besar di dalam kehidupan sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola sumber belajar dapat meningkatkan kinerja para guru dan staf agar sekolah mampu menciptakan inovasi-inovasi baru dalam pendayagunaan sumber belajar yang efektif dan efisien guna mewujudkan tujuan pembelajaran di sekolah. Tidak terlepas dari model sumber belajar kepemimpinan kepala sekolah dalam faktor pendukung dan penghambat serta faktor kebudayaan dan strategi pemecahannya merupakan hal yang penting dalam mengelola sekolah. SD Negeri Pagoan 01 merupakan sekolah yang sistem model pembelajarannya memanfaatkan media alam sekitar yang dijadikan media pembelajaran sehingga lingkungan alam dijadikan laboratorium pembelajaran. Sekolah ini sangat strategis letaknya karena terletak di nuansa desa yang indah dan alami jadi sangat cocok dan tepat sekali kalau salah satu sumber belajar pemanfaatannya menggunakan alam sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola sumber belajar (2) model sumber belajar (3) faktor pendukung dan pemberdayaannya dan (4) faktor penghambat dan strategi pemecahannya. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pagowan 01 Pasrujambe Lumajang sebagai salah satu sekolah negeri di kabupaten Lumajang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif jenis studi kasus dengan landasan berpikir fenomenologis. Dalam penelitian ini dilakukan tanpa mengisolasi subjek penelitian dan dilakukan secara langsung di lapangan. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian maka skripsi ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola sumber belajar yaitu a) perencanaan sumber belajar b) pengadaan sumber belajar c) pemanfaatan sumber belajar (2) model sumber belajar yang digunakan antara lain a) model sumber belajar berbasis pembelajaran b) model alam dan lingkungan sosial sebagai sumber belajar c) model sumber belajar berbasis guru d) model sumber belajar berbasis media (3) faktor pendukung bagi terselenggaranya proses pengelolaan sumber belajar SD Negeri Pagowan 01adalah a) kepemimpinan kepala sekolah yang gigih dalam memperjuangkan segala macam kebutuhan sarana dan prasarana sekolah b) dukungan positif dari Departemen Pendidikan guru-guru staf administrasi dan tidak ketinggalan peran orang tua dan masyarakat dan faktor pemberdayaannya antara lain a) meningkatkan kemampuan kepala sekolah b) pembinaan hubungan kerjasama yang aktif dengan komite sekolah dan masyarakat (4) faktor penghambat yang terjadi di SD Negeri Pagowan 01 adalah pertama dari aspek guru-guru yang masih belum profesional secara akademis dan aspek perkembangan zaman yang menuntut pemanfaatan teknologi bagi sekolah berbasis alam semesta dan strategi pemecahannya antara lain a) dengan pemberian kesempatan bagi guru untuk mengikuti diklat pendidikan atau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi b) penambahan jumlah fasilitas dari sumber belajar bagi siswa yang berbasis teknologi seperti komputer dan internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item View Item