Analisis budaya kerja pada agen AJB Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Batu / Yunita Triana Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis budaya kerja pada agen AJB Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Batu / Yunita Triana Ningsih

Ningsih, Yunita Triana (2017) Analisis budaya kerja pada agen AJB Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Batu / Yunita Triana Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningsih Yunita Triana. 2017. Analisis Budaya Kerja Pada Agen AJB Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Batu. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Elfia Nora S.E. M.Si. Kata Kunci Kualitatif Budaya Kerja Agen Agen memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup perusahaan asuransi. Keberhasilan perusahaan dalam fungsi marketing tergantung bagaimana performance dari agen-agennya. Agen harus memiliki kemampuan dalam menjelaskan alur kerja yang ada dan mengetahui dengan baik jenis produk kekurangan dan kelebihannya. Bukan hanya menjual produk tetapi agen juga harus mampu memberikan edukasi motivasi dan memberikan kepercayaan kepada calon nasabah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup karakteristik budaya kerja agen pemahaman agen tentang budaya kerja dan penerapan budaya kerja pada agen AJB Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena peneliti menggambarkan peristiwa berdasarkan fakta-fakta yang ada dan tampak dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi untuk menggali lebih dalam tentang budaya kerja agen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Karakteristik budaya kerja agen AJB Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Batu antara lain memakai pakaian seragam dan membawa kartu identitas saat bertemu nasabah agen mengutamakan kejujuran keramahan dan kesopanan rasa peduli cepat dan tepat dalam memberikan pelayanan dan berkomunikasi dengan nasabah jam kerja agen fleksibel namun tetap memberikan laporan kerja secara berkala agen harus mengikuti briefing (pertemuan) pagi dan rapat evaluasi serta mengikuti pelatihan sebagai upaya pengembangan diri dan peningkatan kualitas kerja sehingga dapat bersaing dengan para agen lainnya. (2) Agen telah memiliki pemahaman yang baik tentang cara kerja dan produk asuransi yang akan ditawarkan ke nasabah. Namun agen belum memahami tentang prosedur kerja yang benar karena masih ditemukan agen yang belum benar-benar mengerti tahapan dalam mengurus pengajuan klaim. (3) Agen belum seutuhnya menerapkan budaya kerja karena masih banyak agen yang tidak taat terhadap peraturan dalam melaksanakan pekerjaan diantaranya tidak memakai pakaian seragam tidak mengikuti briefing pagi dan rapat evaluasi dan menunda pekerjaan untuk bertemu nasabah. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti berdasarkan hasil penelitian ini adalah (1) Kepala Cabang harus bersikap lebih tegas dan memperhatikan masalah disiplin kerja agen serta memberikan sanksi yang sesuai bagi agen yang melakukan pelanggaran (2) Agen AJB Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Batu diwajibkan mematuhi segala kode etik serta peraturan yang berlaku dan lebih meningkatkan kemampuan dalam memahami semua prosedur kerja yang berlaku di perusahaan demi kepuasan nasabah. Agen juga harus mampu menciptakan cara baru yang lebih inovatif dalam memasarkan asuransi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32117

Actions (login required)

View Item View Item