Pengelolaan modal kerja pada CV. Kacang Mas Turen Kabupaten Malang / Niska Dwi Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan modal kerja pada CV. Kacang Mas Turen Kabupaten Malang / Niska Dwi Rahmawati

Rahmawati, Niska Dwi (2017) Pengelolaan modal kerja pada CV. Kacang Mas Turen Kabupaten Malang / Niska Dwi Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Niska Dwi. 2017. Pengelolaan Modal Kerja Pada CV. Kacang Mas Turen Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) H. Subagyo SE. SH. MM. Kata Kunci modal kerja pengelolaan modal kerja CV. Kacang Mas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan modal kerja yang berfokus pada pengertian dan pentingnya modal kerja komponen modal kerja sumber pendanaan modal kerja pengelolaan modal kerja dan pengelolahan keuntungan. CV. Kacang Mas merupakan salah satu usaha mikro kecil dan menengah yang bergerak dalam bidang makanan ringan dan terletak di Jl. Jatirenggo Rt.02 Rw.09 Dusun Serut Talok Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Peneliti tertarik melakukan penelitian pada usaha ini karena sudah berdiri sejak lama dan mampu bersaing dengan banyaknya kompetitor di lingkungan sekitar dengan jenis usaha yang sama walaupun tanpa adanya pembukuan keuangan. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh secara langsung melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi yang terdiri dari trianggulasi sumber (pengecekan keabsahan data dengan membandingkan data yang diperoleh dari berbagai sumber) trianggulasi teknik (pengecekan keabsahan data dari sumber yang sama dengan teknik yang berbeda) dan trianggulasi waktu (pengecekan keabsahan data dalam situasi dan waktu yang berbeda). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal kerja adalah modal yang digunakan untuk kegiatan produksi sehari-hari dalam usahanya. Modal kerja terbagi menjadi dua yaitu modal kerja yang harus ada saat produksi dan modal kerja lainnya yang diambil dari sisa produksi sebelumnya. Pentingnya modal kerja pada sebuah usaha digunakan sebagai langkah awal untuk memulai sebuah usaha. Komponen modal kerja terdiri dari uang kepribadian tidak malu dan kepercayaan antar produsen. Sumber-sumber pendanaan modal kerja berasal dari modal sendiri rekening koran piutang usaha dan keuntungan. Pengeloalaan modal kerja dilakukan dengan cara perencanaan yaitu memprediksi jumlah produksi menggunakan insting pelaksanaan yaitu dengan memanfaatkan peluang dan pengawasan dengan cara menjaga kualitas produk. Hasil keuntungan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dana cadangan mengembangkan usaha dengan cara menambah jumlah bahan baku dan investasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32115

Actions (login required)

View Item View Item