Penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar daya ingat siswa kelas XI mata pelajaran akutansi di SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar / Wulan Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar daya ingat siswa kelas XI mata pelajaran akutansi di SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar / Wulan Puji Lestari

Lestari, Wulan Puji (2012) Penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar daya ingat siswa kelas XI mata pelajaran akutansi di SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar / Wulan Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Hasil Belajar Daya Ingat Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di kelas XI IPS V SMAN 1 Sutojayan menunjukkan bahwa daya ingat belajar siswa masih rendah hal ini terlihat dari kurangnya menguasai materi dengan baik serta hasil belajar siswa yang masih terlihat kurang memenuhi standart yang sudah ditentukan dan kurang minatnya sama mata pelajaran Akuntansi ini yang dianggap begitu sulit. Selain itu terlihat juga kurangnya pengetahuan atau wawasan siswa sehingga belum bisa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar daya ingat siswa. Kegiatan pembelajaran berbasis proyek terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS V SMAN 1 Sutojayan dengan jumlah siswa 32 orang. Tahap- tahap dalam pembelajaran berbasis proyek yaitu (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap evaluasi. Perencanaan dilaksanakan dengan menyiapkan skenario pembelajaran bahan ajar lembar observasi catatan lapangan menyiapkan topik permasalahan yang akan dijadikan sebagai bahan diskusi menyiapkan soal tes evaluasi diakhir tiap siklus menyiapkan kamera sebagai dokumentasi dan melakukan koordinasi dengan guru mata pelajaran akuntansi. Analisis data dilakukan dengan paparan data penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar daya ingat siswa di kelas XI IPS V mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar daya ingat siswa dengan melakukan tes evaluasi. Hasil belajar daya ingat siswa dapat dilihat dari presentase pada siklus II meningkat dari skor rata- rata sebesar 74 31dengan presentase 56% meningkat menjadi 77 09 dengan presentase 75%. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi guru mata pelajaran akuntansi penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar daya ingat siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar daya ingat siswa (2) Guru hendaknya memanagemen waktu dengan sebaik- baiknya sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu (3) Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran berbasis proyek agar dapat dikembangkan lebih lanjut pada mata pelajaran dan materi yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan strategi pembelajaran berbasis proyek (project based learning).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item View Item