Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Asus Smartphone (studi pada mahasiswa pengguna Asus Smartphone Prodi S1 Manajemen angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 FE UM) / Bella Stia Mahardhika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Asus Smartphone (studi pada mahasiswa pengguna Asus Smartphone Prodi S1 Manajemen angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 FE UM) / Bella Stia Mahardhika

Mahardhika, Bella Stia (2017) Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Asus Smartphone (studi pada mahasiswa pengguna Asus Smartphone Prodi S1 Manajemen angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 FE UM) / Bella Stia Mahardhika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahardhika B.S. 2017. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Studi Pada Mahasiswa Pengguna Asus Smartphone Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E. M.Sc. Kata Kunci kualitas produk dan kepuasan konsumen. Di era globalisasi dan modernisasi setiap perusahaan harus siap untuk berada dalam persaingan yang ketat. Perkembangan tersebut memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan industri teknologi informasi di Indonesia. Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat berdampak kepada semakin tingginya persaingan memperebutkan pangsa pasar pada dunia saat ini. Seiring dengan berkembang pesatnya dunia teknologi membuat orang-orang lebih mencari Smartphone yang berkualitas. Smartphone tidak lagi digunakan untuk media informasi saja melainkan media hiburan yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa khususnya mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi kualitas produk yang terdiri dari kinerja fitur reliability durability serviceability dan aesthetics (2) pengaruh kualitas produk yang terdiri dari kinerja fitur reliability durability serviceability dan aesthetics terhadap kepuasan konsumen Asus smartphone (3) pengaruh kualitas produk yang terdiri dari kinerja fitur reliability durability serviceability dan aesthetics secara simultan terhadap kepuasan konsumen Asus smartphone. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan instrument berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna Asus Smartphone Prodi S1 Manajemen Angkatan 2014 dan 2015 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan cara penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel maka jumlah penentuan sampel diperoleh sebanyak 88 orang. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan 5 opsi jawaban. Data yang diperoleh bersumber dari responden (data primer) dan dokumentasi (data skunder). Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda terdapat uji prasyarat berupa uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa (1) kinerja Asus Smartphone dapat diklasifikasikan baik (2) Fitur Asus Smartphone dapat diklasifikasikan baik (3) Reliability Asus Smartphone dapat diklasifikasikan baik (4) Durability Asus Smartphone dapat diklasifikasikan baik (5) Serviceability Asus Smartphone diklasifikasikan baik (6) Aesthetics Asus Smartphone dapat diklasifikasikan baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat pada titik-titik yang menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada grafik normal P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) model regesi tidak terjadi multikolinearitas yang terlihat pada nilai Tolerance 0 10 atau sama dengan nilai VIF 10 (3) model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas yang terlihat dari titik-titik pada gambar grafik Scatterplot yang menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel kinerja fitur reliability durability serviceability dan aesthetics terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk yang terdiri dari kinerja fitur reliability durability serviceability dan aesthetics berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Asus smartphone. Dapat dilihat dari Adjus R square menunjukkan bahwa kualitas produk yang terdiri dari kinerja fitur reliability durability serviceability dan aesthetics terhadap kepuasan konsumen sebesar 77 5% sedangkan sisanya 22 5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti harga dan persepsi kualitas. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan maka saran yang dapat diberikan peneliti (1) Sebaiknya Asus meningkatkan bahan baku yang lebih kuat seperti kualitas produk dan manfaat yang diberikan oleh produk tersebut kepada konsumen dan meningkatkan kapasitas RAM agar dapat digunakan dalam jangka panjang (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel-variabel lain seperti harga dan persepsi kualitas sebagai model baru untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32095

Actions (login required)

View Item View Item