Pengaruh sertifikasi dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian mixue ice cream and tea dengan religiusitas sebagai variabel moderasi / Isma Nuriya Hasanah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sertifikasi dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian mixue ice cream and tea dengan religiusitas sebagai variabel moderasi / Isma Nuriya Hasanah</p>

Hasanah, Isma Nuriya (2024) Pengaruh sertifikasi dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian mixue ice cream and tea dengan religiusitas sebagai variabel moderasi / Isma Nuriya Hasanah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Status halal pada produk termasuk suatu hal yang penting bagi orang-orang pemeluk agama Islam. Selain karena perintah agama untuk mengonsumsi produk halal status halal merupakan suatu jaminan bahwa suatu produk aman dan kualitasnya telah terjamin. Perilaku konsumsi merupakan salah satu hal yang juga mendapat aturan cukup ketat dalam Islam. Dijelaskan bahwa seorang muslim dianjurkan mengonsumsi produk-produk yang halal dan baik serta menghindari yang haram. Apabila konsumen muslim memiliki ketaatan yang besar dalam beragama mereka akan berusaha mengonsumsi atau menggunakan apapun yang halal menurut agama Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah sebagai sarana untuk mengetahui apakah sertfikasi halal dan kesadaran halal mempengaruhi keputusan pembelian produk Mixue Ice Cream and Tea pada mahasiswa muslim serta untuk mengetahui apakah religiusitas mampu memoderasi pengaruh sertfikasi dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian produk Mixue Ice Cream and Tea pada mahasiswa muslim. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner melalui google form kepada mahasiswa muslim di Kota Malang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 128 responden dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sertifikasi halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mixue Ice Cream and Tea kesadaran halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mixue Ice Cream and Tea sedangkan religiusitas tidak dapat memoderasi (memperkuat atau memperlemah) pengaruh sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian dan juga religiusitas tidak dapat memoderasi kesadaran halal terhadap keputusan pembelian Mixue Ice Cream and Tea. Dengan penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam dalam melakukan produksi pelaku usaha akan memperhatikan kehalalan bahan baku proses memperoleh dan proses pengolahannya yang sesuai syariat Islam. Dari kondisi tersebut saran dari penelitian ini adalah perlu adanya regulasi pemberian sertifikasi produk non halal. Tujuannya agar masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam dapat menghindari produk-produk non halal dan mampu memastikan bahwa produk yang digunakan serta dikonsumsi halal sesuai syariat Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/320937

Actions (login required)

View Item View Item