Pemanfaatan database pelanggan dalam Customer Relationship Management (CRM) sebagai alat pengambilan keputusan strategi pemasaran pada PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk. / Muhammad Putu Arsyandra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan database pelanggan dalam Customer Relationship Management (CRM) sebagai alat pengambilan keputusan strategi pemasaran pada PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk. / Muhammad Putu Arsyandra

Arsyandra, Muhammad Putu (2017) Pemanfaatan database pelanggan dalam Customer Relationship Management (CRM) sebagai alat pengambilan keputusan strategi pemasaran pada PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk. / Muhammad Putu Arsyandra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putu Arsyandra Muhammad. 2017. Pemanfaatan Database Pelanggan Dalam Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Alat Pengambilan Keputusan Strategi Pemasaran Pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pem- bimbing Handri Dian Wahyudi. S.E. M.Sc. Kata Kunci database pelanggan manajemen hubungan pelanggan strategi pemasaran promosi retensi pelanggan akuisisi pelanggan Database pelanggan adalah sekumpulan data komprehensif yang terorganisir tentang pelanggan-pelanggan individual prospek atau orang-orang yang dicurigai yang terbaru mudah diakses dan dapat ditindak lanjuti untuk tujuan pemasaran misalnya petunjuk untuk produksi petunjuk kualifikasi penjualan barang dan jasa atau memelihara hubungan dengan pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengimplementasian pemanfaatan database pelanggan dalam manajemen hubungan pelanggan yang mencakup beberapa yaitu promosi retensi pelanggan dan akuisisi pelanggan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan instumen berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Kegiatan analisi data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh 3 simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama database pelanggan bisa dibuat sebagai acuan strategi promosi dengan melihat profil pelanggan yang ada di perusahaan. Kedua dalam membangun hubungan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan perusahaan melakukan berbagai macam program loyalitas untuk meretensi pelanggan agar pelanggan melakukan pembelian produk berulang. Ketiga database pelanggan berpeluang untuk mendapatkan pelanggan baru dengan cara melihat portofolio pelanggannya yang sudah ada dengan melakukan survey dan evaluasi lalu mengembangankan jaringan toko untuk mengekspansi pasar. Adapun saran yang dapat diberikan adalah perusahaan setidaknya menambah pegawai yang menangani permasalahan pelanggan karena antara jumlah pegawai dengan jumlah pelanggan yang begitu banyaknya akan tidak efektif dalam melayani pelanggan dan perusahaan bisa mengupgrade validasi dan mengkonfirmasi database yang dimiliki oleh perusahaan secara terukur dan berjangka waktu tiap 1 tahun atau 2 tahun untuk mengkonfimasi apakah toko tersebut masih berada dipihak perusahaan atau tidak dan agar datanya menjadi lebih bisa dipertanggung jawabkan dan dapat dijadikan sebagai acuan pengambilan keputusan startegi pemasaran. ABSTRACT Putu Arsyandra Muhammad. 2017. Utilization of Customer Database in Customer Relationship Management (CRM) as A Decision Making Tool Marketing Strategy at PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang Advisor Handri Dian Wahyudi. S.E. M.Sc. Keywords customer database customer relationship management promotion customer retention customer acuasition. Customer database is an organized collection of comprehensive data about individual customers prospect or the ones suspected of the latest customers easy to access and can be followed up for marketing purposes such as instructions for production qualification guidance sales of goods and services or maintaining customer relationships This study was conducted with the aim to describe the implementation of customer database utilization in customer relationship management that includes promotion customer retention and customer acceptance. This research uses qualitative research type with phenomenological approach. Instruments used to collect data using the instrument in the form of human instruments namely researchers themselves. Data collection was done using interview technique observation and documentation. To maintain the validity of data performed by triangulation method. Data analysis activities start from data reduction data presentation and conclusion. Based on the results of the data analysis obtained 3 conclusions of research results as follows. First the customer database can be made as a reference promotional strategy by looking at the profile of existing customers in the company. Second in building customer relationships to gain customer loyalty the company performs a variety of loyalty programs to retain customers in order for customers to purchase recurring products. Third the customer database has the opportunity to gain new customers by viewing their existing customer portfolio by conducting surveys and evaluations and developing a store network to expand the market. As for suggestions that can be given is the company at least add employees who deal with customer problems because between the number of employees with the number of customers that so many will not be effective in serving customers and companies can upgrade validate and confirm the database owned by the company measurable and timed each 1 year or 2 years to confirm whether the store is still on the side of company or not and for the data becomes more accountable and can be used as a reference decision marketing strategy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32092

Actions (login required)

View Item View Item