Implementasi rintisan sekolah bertaraf internasional (studi kasus di SMP Negeri 3 Tulungagung) / Desi Dwi Juliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi rintisan sekolah bertaraf internasional (studi kasus di SMP Negeri 3 Tulungagung) / Desi Dwi Juliana

Juliana, Desi Dwi (2010) Implementasi rintisan sekolah bertaraf internasional (studi kasus di SMP Negeri 3 Tulungagung) / Desi Dwi Juliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Juliana Desi Dwi. 2009. Implementasi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Studi Kasus di SMP Negeri 3 Tulungagung. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (2) Dra. Maisyaroh M. Pd. Kata kunci rintisan sekolah bertaraf internasional manajemen sekolah. RSBI merupakan salah satu program dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sekolah di Indonesia untuk dapat diterima era global. Pelaksanaan programnya sendiri dilaksanakan selama tiga tahun sebelum dapat menjadi SBI secara utuh. Banyak sekolah di Indonesia yang berjuang untuk mendapatkan posisi sebagai RSBI untuk memperbaiki kualitas sekolah salah satunya adalah SMP Negeri 3 Tulungagung. Bertolak dari itulah perjuangan SMP Negeri 3 Tulungagung untuk menjadi RSBI dimulai. Setelah ditetapkan sebagai sekolah standar nasional (SSN) SMP Negeri 3 Tulungagung berusaha keras untuk memperbaiki manajemen yang ada di sekolah agar dapat menjadi SSN yang unggul. Pada tahun 2008 (tahun ke tiga menjadi SSN) SMPN 3 Tulungagung resmi menjadi RSBI yang ke dua di Tulungagung. Banyak persiapan-persiapan yang dilakukan pihak sekolah untuk menjadi RSBI. Persiapan tersebut meliputi seluruh aspek manajemen yang ada di sekolah diantaranya manajemen peserta didik manajemen sumber daya manusia manajemen kurikulum dan manajemen sarana prasarana. Keempat substansi manajemen tersebut merupakan kunci utama dari pihak sekolah untuk menjalankan RSBI di SMP Negeri 3 Tulungagung karena dengan keempat substansi tersebut pihak sekolah dapat memenuhi standar nasional pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan SMP Negeri 3 Tulungagung dari segi manajemen kurikulum manajemen peserta didik manajemen sumber daya manusia dan manajemen sarana prasarana untuk menuju Sekolah Bertaraf Internasional. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Tulungagung dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisasi ditafsirkan dan dianalisis secara berulang-ulang guna penyusunan konsep dan abstraksi temuan lapangan. Kredibilitas data di cek dengan menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Negeri 3 Tulungagung 60% telah siap untuk mengimplementasikan SBI secara utuh. Banyak perubahan-perubahan yang telah dilakukan oleh SMP Negeri 3 Tulungagung untuk memenuhi standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan pemerintah. Perubahan itu mencakup empat substansi manajemen sekolah yaitu manajemen kurikulum yang sampai saat ini pihak sekolah masih menggunakan KTSP sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajarannya tetapi di kelas RSBI ada penambahan kurikulum yang bersifat bilingual pada mata pelajaran MIPA TIK dan Bahasa Inggris. Penambahan kurikulum baru tersebut menambah juga beban jam belajar siswa RSBI yang bersifat full day. Untuk manajemen sumber daya manusia pihak sekolah melakukan pelatihan bahasa Inggris dan komputer untuk semua staf sekolah termasuk guru dan kepala sekolahnya. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas guru dan staf dalam menghadapi RSBI berikutnya.Untuk manajemen peserta didik perubahan yang terjadi yaitu sekolah membuka dua jalur pendaftaran siswa baru yaitu jalur reguler dan jalur RSBI dimana dalam jalur RSBI ini sekolah membuka dua kelas yang masing-masing berisi 24 siswa dalam evaluasi pihak sekolah menggunakan sistem on line untuk penyampaian hasil evaluasi dan memberika dua jenis rapor di kelas RSBI yaitu rapor reguler dan rapor yang khusus RSBI yang di dalamnya mencakup empat matapelajaran yaitu MIPA TIK dan Bahasa Inggris. Dan untuk manajemen sarana dan prasarana banyak penambahan dan pembangunan sarana prasarana yang mendukung pembelajaran RSBI diantaranya dengan pembangunan laboratorium menambah kelengkapan sarana yang ada di kelas RSBI menambah layanan kesiswaan dan yang akan direncanakan untuk tahun berikutnya adalah pembangunan kelas baru untuk kelas RSBI tingkat II. Pengadaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 3 Tulungagung dananya berasal dari bantuan orang tua siswa komite sekolah dan bantuan dari pemerintah. Dana terbesar di dapat dari pemerintah karena setiap pengadaan sarana dan prasarana SMP Negeri 3 Tulungagung membuat sebuah proposal pengajuan bantuan dana untuk melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana yang kurang. Semua persiapan dan perubahan yang dilakukan di SMP Negeri 3 Tulungagung dengan satu tujuan yaitu menjadikan SMP Negeri 3 Tulungagung menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional yang unggul di Tulungagung maupun di Indonesia serta mampu dengan cepat menjadi SBI secara utuh. Dari hasil penelitian saran-saran yang diajukan yaitu 1) Bagi Kepala Sekolah di manajemen kurikulum kepala sekolah menambah jam belajar untuk kelas RSBI khusus di hari Sabtu dengan memantapkan pembelajaran bilingual di empat matapelajaran yaitu MIPA TIK dan Bahasa Inggris 2) Bagi Guru Pengajar dan Karyawan untuk lebih meningkatkan profesionalisme dan semangat kerja keras untuk menerapkan program bilingual yang ada di sekolah agar siswa dapat termotivasi dengan semangat guru dalam mengajar 3) Bagi peneliti lain diharapkan bagi peneliti lain untuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan metode dan pemikiran yang berbeda tentang RSBI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3209

Actions (login required)

View Item View Item