Yuliana (2010) Hubungan tata ruang perpustakaan dengan minat baca siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Bangil / Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yuliana. 2009. Hubungan Tata Ruang Perpustakaan dengan Minat Baca Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Bangil. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd (2) Drs. H. Burhanuddin M.Ed. Kata kunci tata ruang perpustakaan minat baca siswa Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa memegang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Disebutkan dalam penjelasan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 35 Ayat 1 bahwa ... standar sarana dan prasarana pendidikan mencakup ruang belajar tempat berolahraga tempat beribadah perpustakaan laboratorium bengkel kerja tempat bermain tempat rekreasi dan berikreasi dan sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran termasuk pengguna teknologi informasi dan komunikasi... Perlunya perpustakaan bagi sekolah mempunyai nilai yang dapat membangkitkan anak untuk membaca dan mengenali berbagai jenis buku. Melalui perpustakaan inilah siswa akan banyak memperoleh informasi dari apa yang dibacanya. Oleh sebab itu perlu bagi pihak pustakawan untuk dapat mengelola perpustakaan dengan baik sehingga perpustakaan tampak nyaman dan menjadi suatu tempat yang digemari oleh siswa untuk dikunjungi. Kenyamanan ini salah satunya dapat diwujudkan dengan penataan ruangan perpustakaan yang baik dan teratur mengingat peranan perpustakaan sangat sentral dalam membina dan menumbuhkan kesadaran membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk tata ruang perpustakaan di SMP Negeri se-Kecamatan Bangil (2) bagaimana tingkat minat baca siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Bangil (3) adakah hubungan tata ruang perpustakaan dengan minat baca siswa SMP Negeri se-Kecamatan Bangil Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bentuk tata ruang perpustakaan di SMP Negeri se-Kecamatan Bangil (2) tingkat minat baca siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Bangil (3) hubungan tata ruang perpustakaan dengan minat baca siswa SMP Negeri se-Kecamatan Bangil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri se-Kecamatan Bangil dengan jumlah 1.786 orang dari 3 sekolah. Sedangkan jumlah sampel penelitian yang diperoleh dari perhitungan rumus Slovin sebanyak 327 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah teknik angket. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment pearson. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk tata ruang perpustakaan di SMP Negeri se-Kecamatan Bangil termasuk dalam kategori baik (2) tingkat minat baca siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Bangil termasuk dalam kategori baik (3) terdapat hubungan yang signifikan antara bentuk tata ruang perpustakaan dengan tingkat minat baca siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Bangil. Berdasarkan kesimpulan saran yang diajukan kepada (1) kepala sekolah yaitu kepala sekolah hendaknya terus meningkatkan kualitas bentuk penataan ruangan perpustakaan untuk lebih membangkitkan minat baca siswa di perpustakaan sekolah (2) pustakawan yaitu pustakawan hendaknya terus aktif mencari pengetahuan baru untuk memberikan pelayanan di perpustakaan demi meningkatkan minat baca siswa. Selain itu pustakawan juga perlu untuk mempertahankan kemampuan profesional yang sudah baik dalam mengelola perpustakaan sekolah (3) siswa yaitu siswa hendaknya dapat terus meningkatkan minat bacanya dan bukan hanya tergantung dari keberadaan ketenagaan penataan ruangan maupun sarana prasarana di dalam perpustakaan (4) jurusan Administrasi Pendidikan yaitu jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya selalu memotivasi mahasiswa agar meneliti sejauhmana perkembangan perpustakaan saat ini di sekolah. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menambah perbendaharaan kajian seputar dunia pendidikan (5) peneliti lain yaitu hasil penelitian ini hendaknya dapat dikembangkan oleh peneliti lain dengan cara meneliti hal yang sama tetapi dalam pengembangannya dengan menambahkan variabel lain yang akan diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |