Pengaruh brand trust terhadap proses keputusan pembelian pengguna smarthphone merek Iphone (studi pada mahasiswa prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013 / Wahyu Dian Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand trust terhadap proses keputusan pembelian pengguna smarthphone merek Iphone (studi pada mahasiswa prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013 / Wahyu Dian Ningrum

Ningrum, Wahyu Dian (2017) Pengaruh brand trust terhadap proses keputusan pembelian pengguna smarthphone merek Iphone (studi pada mahasiswa prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013 / Wahyu Dian Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningrum Wahyu Dian. 2017. Pengaruh Brand Trust Terhadap Proses Keputusan Pembelian Smartphone Merek iPhone (Studi Pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S Si. M.M Kata Kunci brand trust proses keputusan pembelian Banyaknya persaingan smartphone yang masuk ke Indonesia memberikan banyak pilihan merek untuk para penggunanya. Semakin maju teknologi maka akan muncul berbagai merek smartphone. Konsumen dihadapkan dengan berbagai merek smartphone dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya seperti smartphone merek iPhone. Kepercayaan merupakan faktor yang sangat penting dalam mengubah konsumen menjadi pelanggan pertama kali. Dengan adanya kepercayaan merek yang dimiliki konsumen kepada suatu merek akan memicu adanya proses keputusan pembelian konsumen untuk smartphone merek iPhone. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi brand trust dan proses keputusan pembelian pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang selanjutnya untuk mengetahui pengaruh brand trust terhadap proses keputusan pembelian smartphone merek iPhone pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Variabel independen (bebas) pada penelitian ini adalah brand trust sedangkan variabel dependen (terikat) adalah proses keputusan pembelian. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pengguna smartphone merek iPhone yang berjumlah 120 responden dengan jumlah sampel 95 responden. Sampel ini diambil dengan teknik sampling purposive random sampling dan menggunakan instrument berupa kuisoner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Mahasiswa angkatan 2013-2016 mempersepsikan brand trust (brand reliability dan brand intentions) sudah baik dan proses keputusan pembelian yang baik dalam mengguakan smartphone merek iPhone (2) brand trust (brand reliability dan brand intentions) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap proses keputusan pembelian smartphone merek iPhone (3) brand trust (brand reliability dan brand intentions) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap proses keputusan pembelian smartphone merek iPhone. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan peneliti kepada 1. Perusahaan sebaiknya Apple Inc. terus melakukan inovasi-inovasi baru dengan mengeluarkan fitur-fitur baru yang belum pernah dimiliki merek smartphone lainya agar tetap unggul dan bersaing karena dari hasil penelitian bahwa fitur-fitur tersebut sangat bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan 2. Untuk konsumen sebaiknya selalu memperbanyak informasi porduk dari suatu merek khususnya produk smartphone merek iPhone karena saat ini banyak beredar produk handphone dengan merek-merek yang palsu yang memiliki bentuk fisik yang mirip tetapi tidak memiliki kualitas yang sama. 3. Saran bagi peneliti selanjutnta adalah untuk menambahkan variable lain misalnya brand equity sehingga nantinya hasil penelitian yang diperoleh dapat dijadikan sebagai perbandingan dengan penelitian ini. ABSTRACT Ningrum Wahyu Dian. 2017. Influence of Brand Trust on Purchase Decision Process of Smartphone of iPhone Brand (Study on S1 Management Program Faculty of Economics Universitas Negeri Malang). Sarjana s Thesis Management Department Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Supervisor Dr. Aniek Indrawati S Si. M.M Keywords brand trust purchase decision process The number of smartphone competitions in Indonesia provides many choices of brands for their users. The development of advanced technology will also emerge varieties of smartphone brands which are sophisticated in terms of their features and services. Consumers are faced with varieties of smartphone brands in fulfilling their daily needs like purchasing smartphone of iPhone brand. Trust is a very important factor in changing the buyers or consumers to become the first customers. Due to the emergence of brand trust owned by the consumers toward a brand it will lead to the purchase decision process especially on buying smartphone of iPhone brand. The aims of this study are to determine how the condition of brand trust and purchase decision process on S1 students of Management Program Faculty of Economics Universitas Negeri Malang and to find out the influence of brand trust on purchase decision process especially on buying smartphone of iPhone brand on S1 students of Management Program Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. The independent variable of this study is brand trust while the dependent variable is purchase decision process. The approach used on this study is quantitative research whose types are descriptive research and explanatory. The subjects of this study are all students who are iPhone users. The total of them are 120 respondents and the samples are 95 respondents. Those samples are taken by using purposive random sampling and using questionnaires instrument. Analysis data technique uses multiple linear regression analysis. The research findings showed that (1) Students of 2013-2016 academic year perceive that brand trust (brand reliability and brand intentions) was already good and purchase decision process was also good in using smartphone of iPhone brand (2) brand trust (brand reliability and brand intentions) has positive and significant influences partially on purchase decision process of iPhone smartphone (3) brand trust (brand reliability and brand intentions) has positive and significant influences simultaneously on purchase decision process of iPhone smartphone. Based on those research findings the researcher suggests (1) the companies especially Apple Inc. to create new innovations continuously by releasing new features that have never been owned by other smartphone brands aiming to be superior and competitive since due to the previous study showed that those features are very useful and appropriate to the necessities (2) the consumers to increase information about a brand of product especially smartphone product of iPhone brand since there are many handphone products which have counterfeit brands and have similar physical shape yet have no similar quality (3) further researchers to add other variable such as brand equity so that the research findings obtained can be compared to this study.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32067

Actions (login required)

View Item View Item