Pengembangan usaha kesehatan sekolah (UKS) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang / Rendra Fatrisna Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan usaha kesehatan sekolah (UKS) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang / Rendra Fatrisna Kurniawan

Kurniawan, Rendra Fatrisna (2010) Pengembangan usaha kesehatan sekolah (UKS) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang / Rendra Fatrisna Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Rendra Fatrisna. 2009. Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Willem Manjta M. Pd (2) Drs. H. Burhanuddin M.Ed . Kata kunci pengembangan pelayanan kesehatan usaha kesehatan sekolah. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah segala usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur jenis dan jenjang pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat dan derajat kesehatan peserta didik maupun warga belajar serta menciptakan lingkungan yang sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya. Pembinaan dan pengembangan UKS dilaksanakan melalui tiga program pokok yang meliputi pendidikan kesehatan pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Penelitian ini pada dasarnya dari permasalahan tentang pengelolaan layanan UKS di SMA Negeri 1 Malang. Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan ditetapkan 5 (lima) sub fokus penelitian yaitu (1) latar belakang pengembangan UKS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang ini menjadi Poliklinik dan Praktek Dokter Keluarga Mitreka Satata (2) struktur pengorganisasian UKS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang (3) pengadaan sarana prasarana dan anggaran UKS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang (4) perekrutan petugas UKS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang (5) penerapan pengembangan UKS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang sebagai Poliklinik dan Praktek Dokter Keluarga Mitreka Satata dan (6) pelaporan dan pertanggung jawaban UKS di SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis dengan model analisis jalinan atau mengalir (flow model of analysis) guna penyusunan temuan lapangan. Pengecekan keabsahan data dengan (1) kriteria kredibelitas (derajat kepercayaan) (2) perpanjangan keikutsertaan dan (3) teknik trianggulasi Kesimpulan yang diperoleh penelitian ini meliputi (1) UKS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang melakukan berbagai pengembangan terhadap layanan kesehatannya. Dalam rangka pengembangan tersebut akhirnya UKS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang ini melahirkan sebuah Poliklinik dan Dokter Keluarga dengan nama Mitreka Satata semenjak bulan 2004 (2) pengorganisasian UKS di SMA Negeri 1 Malang ini adalah dengan penyusunan struktur organisasi dan melibatkan berbagai pihak lain yang turut mendukung perkembangan UKS (3) proses pengadaan sarana dan prasarana UKS di SMA Negeri 1 Malang dengan menyusun Rencana Anggaran dan Belanja UKS pada i setiap tahun (4) Perekrutan petugas UKS di SMA Negeri 1 Malang ini diselenggarakan langsung oleh sekolah di bawah pengawasan Wakasek Humas (5) pengembangan pelayanan kesehatan yang dilakukan UKS di SMA Negeri 1 Malang sesuai dengan maksud dan tujuan UKS dengan mendukung program pembinaan lingkungan kesehatan yang telah dinyatakan Tim Pembinaan UKS Pusat pada tahun 2003 (6) pelaporan dan pertanggung jawaban UKS di SMA Negeri 1 Malang kepada kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyajikan beberapa saran antara lain (1) dinas-dinas yang terkait dalam pengembangan UKS diharapkan untuk lebih memberikan dorongan serta dukungan yang nyata terhadap pengembangan layanan kesehatan UKS di sekolah-sekolah lainnya (2) sekolah diharapkan terus memberi motivasi dan perhatian kepada pengembangan layanan kesehatan yang diberikan UKS untuk mencapai maksud dan tujuan UKS (3) sekolah juga diharapkan memberikan dukungan kepada pengelola UKS baik dari guru maupun petugas ahli untuk terus mengembangkan model-model ataupun strategi-strategi layanan kesehatan ke depan (4) para guru diharapkan untuk turut berpartisipasi secara aktif dalam pembinaan pelaksanaan dan pengembangan UKS untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat sehingga peserta didik dapat tumbuh dan berkembang secara harmonis serta kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat berlangsung secara efisien dan optimal. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3206

Actions (login required)

View Item View Item