Pengaruh penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang /Siti Zahrotul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang /Siti Zahrotul Jannah

Jannah, Siti Zahrotul (2017) Pengaruh penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang /Siti Zahrotul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jannah S. Z. 2017. Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan PDAM Kota Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lohana Juariyah S.E. M.Si. Kata Kunci Penilaian Kinerja Kepuasan Kerja Kinerja Karyawan Kinerja karyawan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Karena dengan kinerja yang tinggi diharapkan tujuan perusahaan dapat dengan mudah tercapai. Dengan kepuasan kerja karyawan yang baik dan kepuasan karyawan terhadap penilaian kinerja akan membuat kinerja karyawan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Deskripsi penilaian kinerja kepuasan kerja dan kinerja karyawan PDAM Kota Malang (2)Pengaruh positif signifikan penilaian kinerja terhadap kepuasan kerja karyawan PDAM Kota Malang (3)Pengaruh positif signifikan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang (4)Pengaruh positif signifikan penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang (5)Pengaruh positif signifikan penilaian kinerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan PDAM Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel bebas penilaian kinerja (X) variabel terikat kinerja karyawan (Y) dan variabel antara kepuasan kerja karyawan (Z). Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dari 159 orang responden karyawan PDAM Kota Malang yang diperoleh melalui teknik sampel proportioned stratified random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path) dengan menggunakan program SPSS 22.0 for Windows. Hasil penelitian ini adalah (1)Penilaian kinerja berbasis KPI yang dilakukan perusahaan sudah baik akan tetapi umpan balik yang diberikan perusahaan dirasa masih kurang. Kepuasan kerja karyawan terbesar adalah kepuasan terhadap rekan kerja sedangkan masih banyak karyawan yang merasa kurang puas terhadap supervisi pimpinan. Karyawan PDAM Kota Malang memiliki kinerja sangat baik yang dibuktikan dengan capaian KPI 90. (2)Penilaian kinerja berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PDAM Kota Malang.(3)Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang (4)Penilaian kinerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang.(5)Penilaian kinerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan PDAM Kota Malang. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan adalah (1)Perusahaan harus mempersiapkan karyawan dalam jumlah banyak untuk menggantikan posisi karyawan yang berusia 40 tahun ketika beberapa tahun kedepan mereka pensiun (2)Mempertahankan dan memperbaiki lagi kegiatan penilaian kinerja berbasis KPI dengan cara memberikan kecukupan dalam umpan balik kepada karyawan. (3)Memberikan umpan balik terhadap prestasi kerja karyawan daripada mengkritik kinerja buruk karyawan. (4)Pimpinan perusahaan atau pimpinan masing-masing bagian dapat memahami dan lebih memberikan pujian terhadap prestasi kerja karyawan. (5)Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti lebih dalam penyebab tingginya kinerja karyawan yang menggunakan penilaian kinerja berbasis KPI. (6)Selain itu diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti variabel lain yang bisa mempengaruhi kinerja karyawan seperti kompensasi kepemimpinan dan lingkungan kerja. ABSTRACT Jannah S. Z. 2017. The Effect of Performance Appraisal on Employee Performance Through Employee Job Satisfaction of PDAM Kota Malang. Thesis Management Department Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Lohana Juariyah S.E. M.Si. Keywords Performance Appraisal Job Satisfaction Employee Performance Employee performance is an extremely important thing for company. Due to the high performance it is expected that the company goals can be easily achieved. Good employee job satisfaction and employee satisfaction on performance appraisal will make the employee performance improved. This study aimed to find out (1) the description of the performance appraisal job satisfaction and employee performance of PDAM Kota Malang Kota Malang (2) the significant positive effect of the performance appraisal on the employee job satisfaction of PDAM Kota Malang (3) the significant positive effect of the job satisfaction on the employee performance of PDAM Kota Malang (4) the significant positive effect of the performance appraisal on the employee performance of PDAM Malang (5) the significant positive effect of the performance appraisal on the employee performance through the employee job satisfaction of PDAM Kota Malang. This research was a quantitative descriptive research with the performance appraisal (X) as the independent variable the employee performance (Y) as the dependent variable and the employee job satisfaction (Z) as the intermediate variable. It used a questionnaire to collect data from 159 employees of PDAM Kota Malang obtained by using proportional stratified random sampling technique. The data analysis technique used was path analysis conducted by using SPPS 22.0 for Windows program. The findings of the research were as follows. (1) KPI-based performance appraisal done by the company had been good however the feedback given was still lacking. The greatest employee job satisfaction was the satisfaction with colleagues while there were still some employees feeling less satisfied with the chief supervision. The employees of PDAM Kota Malang had a great performance proven by the KPI achievement of 90 (2) the performance appraisal had a positive effect on the employee job satisfaction of PDAM Kota Malang (3) the job satisfaction had a positive effect on the employee satisfaction of PDAM Kota Malang (4) the performance appraisal had a positive effect on the employee performance of PDAM Kota Malang and (5) the performance appraisal had a positive effect on the employee performance of PDAM Kota Malang. The recommendations that can be given related to the findings were (1) the company should prepare recruiting a large number of employees to replace the position of the employees aged 40 years when they are going to retire few years later (2) the company should maintain and refine the KPI-based performance appraisal activity by providing sufficient feedback to the employees (3) the company should provide the feedback on the employee job achievement than criticizing the poor employee performance (4) the chief of the company or the chief of each department can understand and give more praise on the employee job achievement (5) it is suggested for future researchers that they examine deeper the causes of the high employee performance using the KPI-based performance appraisal (6) additionally it is expected for the future researchers that they explore other variables that can affect the employee performance such as compensation leadership and work environment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32058

Actions (login required)

View Item View Item