Profil praktik MSDM pada industri opak gambir Sekar Mawar Blitar / Yana Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil praktik MSDM pada industri opak gambir Sekar Mawar Blitar / Yana Anggraini

Anggraini, Yana (2017) Profil praktik MSDM pada industri opak gambir Sekar Mawar Blitar / Yana Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini Yana. 2017. Profil Praktik MSDM Pada Industri Opak Gambir Sekar Mawar Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Elfia Nora S.E M.Si. Kata Kunci Praktik MSDM Pemeliharaan Kompensasi Perekrutan. Setiap organisasi perusahaan beroperasi dengan menggunakan seluruh sumber dayanya untuk dapat menghasilkan produk baik barang atau jasa yang bisa dipasarkan. Dalam hal ini pengelolaan sumber daya yang dimiliki perusahaan meliputi sumber daya finansial fisik SDM dan kemampuan teknologis dan sistem. Sejalan dengan semua itu praktik MSDM perlu mendpatkan perhatian secara khusus agar dapat berjalan dan berfungsi secara efektif. Maka penelitian mengambil fokus (1) Bagaimana upaya pemeliharaan karyawan pada industri opak gambir Sekar Mawar Blitar (2) Bagaimana sistem kompensasi yang diterima karyawan industri opak gambir Sekar Mawar Blitar (3) Bagaimana sitem perekrutan karyawan industri opak gambir Sekar Mawar Blitar (4) Permasalahan apa yang timbul pada industri opak gambir Sekar Mawar Blitar dan bagaimanakah mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Pembuktiannya menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian tahap peneliti dalam menganalisis data melalui pengumpulan data reduksi data penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Peneliti menggunakan pengujian dengan beberapa macam teknik diantaranya Uji Kredibilitas (Perpanjangan Pengamatan Meningkatkan Ketekunan Triangulasi Menggunakan Bahan Referensi) Pengujian Transferability dan Pengujian Confirmability. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini diketahui bahwa upaya pemeliharaan karyawan yang dilakukan oleh pemilik pada industri opak gambir Sekar Mawar Blitar dengan memberikan fleksibilitas waktu atau jam kerja dan upah karyawan. Sistem kompensasi yang dilakukan industri opak gambir Sekar Mawar berbentuk kompensasi langsung dan tidak langsung. Kompensasi langsung berupa upah yang diberikan secara tunai serta bonus tambahan upah diluar upah pokok sebagai penghargaan atau balas jasa industri akan hasil kerja karyawannya. Dan kompensasi tidak langsung berupa fasilitas makan siang yang disediakan oleh industri. Pemilik industri opak gambir merekrut karyawan berdasarkan kebutuhan industri dengan melakukan wawancara seleksi secara lisan. Masalah yang terjadi pada industri opak gambir Sekar Mawar Blitar yaitu karyawan yang protes atau mengeluh terkait dengan permintaan kenaikan upah. Dalam penyelesaiannya pemilik melakukan sharing bersama atau musyawarah mufakat secara kekeluargaan. Agar mencari alternatif pemecahan masalah secara bersama supaya mendapatkan keuntungan yang berimbang bagi kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32051

Actions (login required)

View Item View Item