Kusuma, Lilia Nensi (2010) Faktor-faktor motivasi guru sekolah dasar negeri dalam mengikuti program sertifikasi di Kabupaten Kediri / Lilia Nensi Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kusuma Lilia Nensi. 2009. Faktor-faktor Motivasi Guru Sekolah Dasar Negeri dalam Mengikuti Program Sertifikasi di Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd (II) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. Kata kunci faktor-faktor motivasi program sertifikasi Tuntutan untuk memperbaiki mutu pendidikan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia yang setiap tahun semakin menurun. Sertifikasi yang wajib dimiliki guru termuat dalam pasal 8 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menjadi salah satu tuntutan peningkatan mutu pendidikan dari sektor guru yang merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya kualitas hasil pendidikan. Program sertifikasi selain memberikan pengakuan terhadap guru professional juga dibarengi naiknya gaji dan kesejahteraan. Kebijakan pemerintah dengan menaikan gaji dan pemberian berbagai tunjangan memotivasi para guru yang selama ini hidup dengan gaji pas-pasan bisa berlomba-lomba lolos uji sertifikasi. Melalui program sertifikasi guru ini mereka bisa memperbaiki kompetensi profesional dan tentu saja taraf hidupnya. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) faktor-faktor apa yang memotivasi guru sekolah dasar negeri dalam mengikuti program sertifikasi di kabupaten Kediri (2) faktor apa yang paling dominan memotivasi guru sekolah dasar negeri dalam mengikuti program sertifikasi di kabupaten Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor motivasi guru sekolah dasar negeri dalam mengikuti program sertifikasi di kabupaten Kediri (2) faktor yang paling dominan memotivasi guru sekolah dasar negeri dalam mengikuti program sertifikasi di kabupaten Kediri. Penelitian ini dirancang menggunakan metode analisis faktor eksploratorik. Metode ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor baru hasil rotasi faktor-faktor yang telah ada. Populasi penelitian adalah guru sekolah dasar negeri di kabupaten Kediri yang telah mengikuti program sertifikasi pada tahun 2007 berjumlah 278 orang. Sampel dari penelitian berjumlah 60 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disusun dalam butir-butir pernyataan berjumlah 27 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor menggunakan program komputer SPSS (Statistical Package for The Social Sciences) for Windows Version 15.01. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor motivasi guru sekolah dasar negeri dalam mengikuti program sertifikasi di Kabupaten Kediri dan faktor dominan yang memotivasi guru sekolah dasar negeri dalam mengikuti program sertifikasi di Kabupaten Kediri. Faktor-faktor motivasi guru sekolah dasar negeri dalam mengikuti program sertifikasi di Kabupaten Kediri adalah (1) faktor sosial (2) faktor pengembangan karir dan (3) faktor kebutuhan dasar profesi. Faktor dominan yang memotivasi guru sekolah dasar negeri dalam mengikuti program sertifikasi di Kabupaten Kediri adalah faktor sosial. Saran yang dikemukakan oleh penulis bahwa hendaknya pihak sekolah dasar di Kabupaten Kediri khususnya kepala sekolah memperhatikan faktor-faktor yang memotivasi guru dalam mengikuti program sertifikasi serta faktor dominan yang memotivasi guru dalam mengikuti program sertifikasi. Dengan memperhatikan faktor motivasi para guru dalam mengikuti program sertifikasi para kepala sekolah dasar negeri di Kabupaten Kediri dapat menghimbau dan mendorong para guru yang memenuhi syarat untuk mengikuti program sertifikasi agar sekolah tersebut memiliki guru-guru dengan kompetensi dan profesionalisme yang diakui. Bagi para guru sekolah dasar di Kabupaten Kediri hendaknya memperhatikan bahwa program sertifikasi memiliki tujuan yakni peningkatan mutu pendidikan khususnya dari sektor guru disertai dengan peningkatan kesejahteraan guru serta keunggulan-keunggulan lain yang bisa diperoleh jika mengikuti program ini. Dengan mengikuti program sertifikasi karena agar hal-hal yang mereka butuhkan berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia mereka baik dari segi sosial pengembangan karir dan kebutuhan dasar guru dapat terpenuhi dengan baik. Bagi jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya melakukan kajian ulang terhadap pnelitian sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dalam bidang administrasi pendidikan. Bagi peneliti lain hendaknya melakukan kajian ulang terhadap hasil penelitian dengan cara menguji kebenaran hasil penelitian. Apabila ternyata motif tersebut benar-benar merupakan landasan para guru mengikuti program sertifikasi maka sepatutnya menempatkan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi yang memperkaya khasanah teori motivasi. Apabila ternyata motif-motif ini tidak seluruhnya benar maka sebaiknya disanggah dengan mengemukakan teori motivasi baru yang mempengaruhi para guru mengikuti program sertifikasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |