Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI): studi kasus unit pelaksana teknis daerah (UPTD) SMP Negeri 1 Nganjuk / Riza Novita Lilasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI): studi kasus unit pelaksana teknis daerah (UPTD) SMP Negeri 1 Nganjuk / Riza Novita Lilasari

Lilasari, Riza Novita (2010) Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI): studi kasus unit pelaksana teknis daerah (UPTD) SMP Negeri 1 Nganjuk / Riza Novita Lilasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lilasari Riza Novita. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan KTSP pada RSBI Studi Kasus UPTD SMP Negeri 1 Nganjuk. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si. Dosen Pembimbing (II) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. Kata kunci kepemimpinan kepala sekolah pengembangan KTSP. Kemampuan pemimpin dalam usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan mempunyai tanggungjawab yang besar guna menyukseskan program pendidikan keberhasilan seluruh program yang ditentukan sangat dipengaruhi oleh pemimpin dari lembaga pendidikan yang bersangkutan. Bentuk kepemimpinan sekolah pada pengembangan sekolah atau lembaga pendidikan tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing bangsa Indonesia dengan negara lainnya. Upaya pengembangan tersebut adalah pengembangan KTSP yang mengacu pada penyesuaian kurikulum sekolah dengan pertimbangan taraf sekolah tersebut. Salah satu sekolah yang mengembangkan KTSP adalah UPTD SMP Negeri 1 Nganjuk yang merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). KTSP yang dikembangkan di UPTD SMP Negeri 1 Nganjuk dengan mengacu pada kurikulum sekolah yang bertaraf internasional dalam pengembanagan KTSP ini perlu adanya peningkatan kualitas kepemimpinan kepala sekolah SDM sarana dan prasarana sekolah. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan yang digunakan oleh Kepala Sekolah dalam pengembangan KTSP di RSBI UPTD SMP Negeri 1 Nganjuk. Tujuan khusus adalah mendeskripsikan tentang karakteristik kepemimpinan kepala sekolah tipe kepemimpinan kepala sekolah fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan kegiatan-kegiatan kepala sekolah dalam pengembangan KTSP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Dalam penelitian ini dilakukan tanpa mengisolasi subjek penelitian dan dilakukan secara langsung di lapangan. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian maka menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik kepemimpinan kepala sekolah yang terbentuk di lingkungan RSBI UPTD SMP Negeri 1 Nganjuk adalah pimpinan dihormati karena tingkat kecerdasan dalam menjalankan kepemimpinannya. Hal ini terlihat pada manajemen sekolah yang diterapkan kepala sekolah dapat berjalan dengan lancar dan baik. Dari data di lapangan juga diperoleh keterangan bahwa dalam keefektifan menjalankan kepemimpinannya kepala sekolah RSBI UPTD SMP Negeri 1 Nganjuk memiliki tipe kepemimpinan demokratis. Kepala sekolah bersama pendidik dan komite sekolah memiliki tanggungjawab untuk memperhatikan dunia pendidikan. Mereka mengedepankan kebersamaan semangat kerja saling memotivasi bekerjasama yang dilandasi nilai keikhlasan tanpa mengharapkan balas jasa. Fungsi kepemimpinan kepala sekolah adalah sebagai penentu arah organisasi wakil dan juru bicara delegasi konsultasi pengendalian dan berpartisipasi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan kepala sekolah dalam pengembangan KTSP pada RSBI UPTD SMP Negeri 1 Nganjuk yaitu workshop pengembangan KTSP pelatihan komputer bagi guru study banding test TOEIC MGMP RSBI se-Jawa Timur dan teacher award. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran (1) bagi kepala sekolah RSBI UPTD SMP Negeri 1 Nganjuk yaitu menjalankan kepemimpinan secara profesional terutama kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk pengembangkan KTSP RSBI UPTD SMP Negeri 1 Nganjuk (2) bagi Jurusan Administrasi Pendidikan yaitu diharapkan lebih banyak mengkaji organisasi/lembaga pendidikan informal sebagai pendalaman pada ilmu kepemimpinan pendidikan (3) bagi pendidik dan karyawan RSBI UPTD SMP Negeri 1 Nganjuk yaitu selalu memiliki loyalitas sebagai partner kepala sekolah RSBI dalam pengembangan KTSP dengan mengoptimalisasikan segala kompetensi yang dimiliki dalam interaksi pembinaan secara langsung kepada anak didik dan pendidik ini (4) bagi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DIKPORA) Kabupaten Nganjuk yaitu tetap menjalin hubungan yang baik dengan kepala sekolah RSBI UPTD SMP Negeri 1 Nganjuk sehingga dapat mendukung dan menfasilitasi usaha kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan (5) bagi tokoh pendidikan yaitu diharapkan memberikan ilmunya dan sumbangsihnya untuk mendukung kepala sekolah RSBI UPTD SMP Negeri 1 Nganjuk dalam rangka pengembangan KTSP (6) Bagi Peneliti lain untuk menyempurnakan teori hasil penelitian yang telah ditemukan sehingga penelitian ini mempunyai nilai guna praktis dan teoritis bagi pembangunan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3204

Actions (login required)

View Item View Item