Analisis tingkat kesehatan koperasi simpan pinjam Kota Malang pada tahun 2013-2015 / Miftahul Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat kesehatan koperasi simpan pinjam Kota Malang pada tahun 2013-2015 / Miftahul Sari

Sari, Miftahul (2017) Analisis tingkat kesehatan koperasi simpan pinjam Kota Malang pada tahun 2013-2015 / Miftahul Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Miftahul. 2017. Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam di Kota Malang pada Tahun 2013-2015. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Agung Winarno M.M. Kata Kunci Kesehatan Koperasi Koperasi Simpan Pinjam Kota Malang Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Menteri Koperasi dan UKM No.06/Per/Dep.6/VI/2016 Kesehatan koperasi adalah suatu kondisi koperasi yang dapat dilihat dari kinerja koperasi agar koperasi dapat mengambil kebijakan demi keberlangsungan usahanya dalam jangka pendek maupun jangka panjang.. Oleh karena itu penting dilakukannya analisis mengenai tingkat kesehatan koperasi sebagai dasar untuk mengukur kesehatan keuangan koperasi. Berdasarkan Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Menteri Koperasi dan UKM No.06/Per/Dep.6/VI/2016 terdapat tujuh aspek yang digunakan sebagai indikator penilaian kesehatan koperasi yaitu permodalan kualitas aktiva produktif manajemen efisiensi likuiditas pertumbuhan dan kemandirian serta jatidiri koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek kinerja keuangan dalam penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam serta untuk mengetahui tingkat kesehatan koperasi koperasi simpan pinjam di Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah deskrptif kuantitatif dengan metode analisis laporan keuangan KSP dan didukung data kualitatif berupa wawancara pada aspek manajemen. Subyek dalam penelitian ini adalah KSP di Kota Malang. Periode yang digunakan adalah tahun 2013-2015. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan metode dokumentasi wawancara maupun kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh delapan kesimpulan (1a) aspek permodalan KSP dalam kondisi Sehat (b) aspek kualitas aktiva produktif KSP dalam kondisi sehat (c) aspek manajemen KSP dalam kondisi sehat (d) aspek efisiensi KSP dalam kondisi kurang sehat (e) aspek likuditas KSP dalam kondisi kurang sehat (f) aspek pertumbuhan dan kemandirian KSP dalam kondisi kurang sehat (g) Aspek jatidiri KSP dalam kondisi cukup sehat (2) KSP di Kota Malang dalam predikat cukup sehat. KSP di Kota Malang hendaknya meningkatkan predikat dari cukup sehat menjadi sehat. Anggota diharapkan mentaati kebijakan KSP terkait pinjaman yang diberikan agar tidak adanya lagi pinjaman yang bermasalah. Peneliti selanjutnya agar kedepannya dapat menggunakan pedoman penilaian kesehatan koperasi terbaru mengikuti Peraturan Menteri Koperasi dan UKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32033

Actions (login required)

View Item View Item