Hubungan antara sikap dosen terhadap teknologi informasi dan adopsinya untuk pembelajaran fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Malang / Retno Kartika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara sikap dosen terhadap teknologi informasi dan adopsinya untuk pembelajaran fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Malang / Retno Kartika Sari

Sari, Retno Kartika (2009) Hubungan antara sikap dosen terhadap teknologi informasi dan adopsinya untuk pembelajaran fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Malang / Retno Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan dalam teknologi memungkinkan para dosen menggunakan teknologi modern untuk perkuliahan. Televisi komputer atau laptop liquid crystal display (LCD) overhead projector (OHP) dan berbagai macam metode pembelajaran modern lain yang dapat digunakan. Di era globalisasi seperti saat sekarang para dosen dihadapkan dengan media elektronik kuliah dengan menggunakan OHP laptop dan LCD. Pembelajaran tradisional dengan kapur spidol papan tulis dan hanya lewat lisan atau hanya dengan menerangkan akan membuat para mahasiswa bosan berada di dalam kelas dan terkadang membuat para mahasiswa tidak mengerti dengan apa yang diterangkan oleh dosen tersebut. Seharusnya para dosen memanfaatkan teknologi informasi yang ada agar supaya memudahkan dalam mengerjakan pekerjaan tugas menyelesaikan pekerjaan dapat menjadi efektif dan efisien terutama untuk inovasi pembelajaran. Masalah penelitian ini adalah (1) seberapa tinggi derajat sikap dosen FIP UM tehadap teknologi informasi untuk keperluan pembelajaran (2) seberapa tinggi derajat adopsi dosen FIP UM terhadap teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran (3) apakah ada hubungan antara sikap dosen terhadap teknologi informasi dan adopsinya untuk pembelajaran di FIP UM (4) apakah ada perbedaan sikap dan adopsi teknologi informasi di antara dosen-dosen jurusan di FIP UM Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui seberapa derajat sikap dosen FIP UM terhadap teknologi informasi untuk keperluan pembelajaran (2) mengetahui seberapa derajat adopsi dosen FIP UM terhadap teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran (3) mengetahui hubungan antara sikap dosen terhadap teknologi informasi dan adopsinya untuk pembelajaran di FIP UM (4) mengetahui perbedaan sikap dan adopsi teknologi informasi di antara dosen-dosen jurusan di FIP UM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah dosen Fakultas Ilmu Pendidikan dengan jumlah 249 orang dan sampel 148 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan angket.teknik analisis. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan (1) sikap dosen terhadap teknologi informasi masuk dalam kategori tinggi (2) adopsi teknologi informasi masuk dalam kategori sedang (3) terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dosen terhadap teknologi informsi dan adopsinya untuk pembelajaran di FIP UM. Apabila sikap yang ditunjukkan oleh seorang dosen tinggi maka adopsi yang ditunjukkan oleh dosen juga lebih tinggi. Begitu juga sebaliknya apabila sikap yang ditunjukkan oleh dosen kurang tinggi maka adopsi yang ditunjukkan oleh dosen juga rendah (4) terdapat perbedaan sikap yang signifikan di antara dosen-dosen jurusan di lingkungan FIP UM. dosen Jurusan AP memiliki sikap positif tertinggi rata-rata sikap peringkat kedua pada Jurusan TEP rata-rata sikap ketiga Jurusan PPKn rata-rata sikap keempat Jurusan BKP rata-rata sikap kelima Jurusan PLS rata-rata sikap keenam pada Jurusan KSDP dan yang terakhir rata-rata sikap yaitu Jurusan IK. Demikian juga tingkat adopsi teknologi informasi dosen Jurusan AP paling tinggi tingkat adopsinya rata-rata adopsi teknologi informasi kedua ada pada Jurusan TEP kemudian rata-rata adopsi teknologi informasi yang ketiga Jurusan PPKn rata-rata adopsi teknologi informasi yang keempat Jurusan BKP rata-rata adopsi teknologi informasi yang kelima Jurusan KSDP rata-rata adopsi keenam Jurusan PLS dan rata-rata adopsi teknologi informasi yang terakhir ada pada Jurusan IK. Implikasi Penelitian ini adalah (1) memperhatikan hasil penelitian sikap dosen terhadap teknologi informasi termasuk dalam kategori tinggi tetapi adopsi teknologi informasi tergolong dalam kategori rendah maka adopsi teknologi informasi yang ada sekarang perlu dikembangkan dan ditingkatkan dengan mendayagunakan segala perangkat teknologi informasi yang tersedia di FIP untuk pengembangan media pembelajaran (2) mengingat adopsi teknologi informasi masih tergolong rendah kiranya perlu ada peningkatan kreatifitas dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk pembelajaran di FIP UM (3) pengembangan dan pemanfaatan adopsi teknologi informasi untuk pembelajaran ini seharusnya dapat menjadi landasan bagi para dosen di FIP UM untuk lebih termotivasi dalam mencoba hal-hal baru yang dapat meningkatkan mutu dan kualitas mereka yang pada akhirnya dapat melakukan inovasi-inovasi dalam media pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan sebagai berikut (1) pimpinan FIP UM seyogyanya lebih meningkatkan perhatiannya pada sikap dan adopsi teknologi informasi untuk pembelajaran di FIP UM salah satu caranya adalah dengan senantiasa mensosialisasikan perkembangan teknologi informasi melalui cara-cara seminar diskusi pelatihan dan lain sebagainya. Selain itu pihak pimpinan FIP hendaknya menyediakan fasilitas prasarana dan sarana teknologi informasi bagi keperluan para dosen guna melakukan praktik adopsi teknologi tersebut dalam rangka peningkatan kemampuan dan keterampilannya (2) Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan diharapkan dosen-dosen di FIP UM bisa lebih meningkatkan adopsi teknologi informasinya. dosen di FIP UM diharapkan juga dapat memacu kretifitasnya dalam pemanfaatan dan penggunaan teknologi informasi. Misalnya menggunakan media blog sebagai media pembelajaran atau menggunakan media lain yang dapat menunjang proses pembelajaran agar dapat berjalan secara efektif dan efisien (3) Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat menjadi contoh untuk jurusan yang ada di FIP UM dalam pemanfaatan dan peningkatan teknologi informasi untuk pembelajaran (4) peneliti Lain hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai wujud-wujud adopsi teknologi informasi apa saja yang menjadi karya para dosen serta melakukan studi eksplorasi mengenai peluang-peluang pengembangan teknologi informasi lainnya yang dapat memajukan dan memproduksi media pembelajaran bagi para mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item