Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk rokok Dji Sam Soe (studi pada karyawan Tata Usaha Universitas Negeri Malang) / Cucuk Dian Afianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk rokok Dji Sam Soe (studi pada karyawan Tata Usaha Universitas Negeri Malang) / Cucuk Dian Afianto

Afianto, Cucuk Dian (2009) Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk rokok Dji Sam Soe (studi pada karyawan Tata Usaha Universitas Negeri Malang) / Cucuk Dian Afianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan pemasaran yang semakin mutakhir pada saat ini menuntut setiap perusahaan untuk mendapatkan pelanggan yang sebanyak-banyaknya dan mempertahankan agar tidak beralih ke perusahaan lain. Dengan memberikan produk yang berkualitas bagus kemasan menarik dan rasa yang khas akan membuat konsumen lebih memilih produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Serta dengan memberikan kepuasan dan pelayanan yang baik pada konsumen dapat menciptakan hubungan yang erat antara perusahaan dengan konsumen. Hubungan yang erat antara perusahaan dengan konsumen haruslah terjalin terus menerus agar sifat loyalitas konsumen dapat tercipta. Dalam memahami perilaku konsumen agar mau memutuskan pembeliannya pada suatu produk atau jasa seorang pemasar harus terlebih dahulu mengerti atatu paham benar terhadap karakteristik konsumen mulai dari adanya rangsangan dari luar hingga munculnya keputusan pembelian oleh konsumen. Salah satu faktor yang menentukan agar konsumen mau memutuskan pembeliannya pada suatu produk atau jasa adalah faktor psikologis. Pilihan pembelian seseorang dipengaruhi oleh empat faktor psikologis utama yaitu motivasi persepsi pembelajaran serta keyakinan dan sikap. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasional penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian oleh konsumen dalam membeli rokok Dji Sam Soe. Populasi dari penelitian ini adalah para Karyawan Tata Usaha Universitas Negeri Malang yang membeli rokok Dji Sam Soe baik secara eceran maupun perbungkus. Sampel menggunakan teknik perhitungan rumus Daniel and Terrel yang menggunakan infinite population dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 140 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mewujudkan tujuan dari penelitian ini peneliti menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui faktor psikologis yang terdiri dari motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) serta keyakinan dan sikap (X4). Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) variabel motivasi yang diterapkan direspon sangat baik oleh konsumen terbukti 52 8% responden menjawab setuju Signifikansi t sebesar 0 009 0 05 sehingga variabel motivasi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. (2) variabel persepsi yang diterapkan direspon sangat baik oleh konsumen terbukti 85% responden menjawab sangat setuju Signifikansi t sebesar 0 033 0 05 sehingga variabel persepsi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. (3) variabel pembelajaran menjawab setuju Signifikasi t sebesar 0 004 0 05 sehingga variabel pembelajaran memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. (4) variabel keyakinan dan sikap yang diterapkan direspon sangat baik oleh konsumen terbukti 59 3% responden menjawab setuju Signifikasi t sebesar 0 000 0 05 sehingga variabel keyakinan dan sikap memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara simultan faktor psikologis dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen diperoleh nilai hitung Fhitung sebesar 57 522 signifikansi F sebesar 0 000 dengan nilai Ftabel sebesar 3 47 sehingga dapat disimpulkan Fhitung Ftabel. Maka dari itu Ha yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi persepsi pembelajaran serta keyakinan dan sikap terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk rokok Dji Sam Soe diterima. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah sebagai berikut (1) bahwa variabel keyakinan dan sikap dari faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk rokok Dji Sam Soe terletak pada sisi citarasa aroma dan bahan baku. Karena pada dasarnya yang membedakan atau kekhasannya produk rokok Dji Sam Soe terleta pada sisi citarasa aroma dan bahan baku. (2) PT. H.M. Sampoerna Tbk di dalam pentas bisnis rokok di Indonesia tergolong perusahaan yang sudah tua dan merupakan produsen rokok ternama tentunya sudah menguasai pangsa pasar rokok serta mempunyai konsumen yang telah loyal. Agar loyalitas konsumen tetap terwujud maka PT. H.M. Sampoerna Tbk harus bisa mempertahankan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produknya dan tetap mewujudkan kepuasan konsumen mereka dengan cara menyajikan suatu produk yang benar-benar sempurna atau tidak cacat produk. Karena biasanya di dalam satu bungkus rokok Dji Sam Soe terdapat sebatang rokok dengan rajangan tembakau yang masih kasar. Hal itu jika dibiarkan terus menerus akan berdampak terhadap citarasa rokok dan penurunan citra positif produk yang telah terbentuk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32017

Actions (login required)

View Item View Item