Pengaruh kepuasan kerja, affective commitment, continuance commitment dan normative commitment terhadap turnover intention karyawan Grand Palace Hotel Malang / Kevin Luhika Sakila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepuasan kerja, affective commitment, continuance commitment dan normative commitment terhadap turnover intention karyawan Grand Palace Hotel Malang / Kevin Luhika Sakila

Sakila, Kevin Luhika (2018) Pengaruh kepuasan kerja, affective commitment, continuance commitment dan normative commitment terhadap turnover intention karyawan Grand Palace Hotel Malang / Kevin Luhika Sakila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Sakila Kevin Luhika. 2018. Pengaruh Kepuasan Kerja Affective Commitment Continuance Commitment dan Normative Commitment terhadap Turnover Intention Karyawan Grand Palace Hotel Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lohana Juariyah S.E. M.Si KATA KUNCI Kepuasan Kerja Affective Commitment Continuance Commitment Normative Commitment Turnover Intention Karyawan Industri perhotelan merupakan salah satu industri yang sering mengalami masalah turnover karyawan. Pada dasarnya untuk mengetahui faktor penyebab seseorang keluar dari perusahaan sangatlah sulit. Sebelum karyawan memutuskan untuk keluar dari organisasi terlebih dahulu muncul niat dari karyawan untuk meninggalkan organisasi tersebut (turnover intention). Kepuasan kerja affective commitment continuance commitment dan normative commitment merupakan empat faktor yang mempengaruhi turnover intention karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui gambaran deskriptif kepuasan kerja affective commitment continuance commitment normative commitment dan turnover intention karyawan Grand Palace Hotel (2) untuk mengetahui apakah kepuasan kerja affective commitment continuance commitment dan normative commitment berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan Grand Palace Hotel. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Grand Palace Hotel yang berstatus kontrak sejumlah 45 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner terbuka dan tertutup. Dari analisis data diperoleh hasil bahwa kepuasan kerja karyawan masuk kategori tinggi atau puas affective commitment karyawan masuk kategori tinggi atau baik continuance commitment karyawan masuk kategori cukup atau cukup baik normative commitment karyawan masuk kategori tinggi atau baik dan turnover intention karyawan termasuk dalam kategori cukup. Hasil analisis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa (1) Kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan artinya H1 diterima (2) Affective commitment berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap turnover intention karyawan artinya H2 ditolak (3) Continuance commitment berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan artinya H3 diterima (4) Normative commitment berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan artinya H4 diterima. Saran yang diberikan peneliti kepada pihak Grand Palace Hotel sebagai berikut (1) memperhatikan tingkat kepuasan kerja karyawan terutama pada sikap yang menyatakan kurang puas terhadap gaji promosi dan hubungan rekan kerja (2) mempertahankan nilai affective commitment karyawan yang sudah tinggi v dengan memperhatikan respon emosional karyawan dengan memberikan motivasi pemahaman akan visi misi hotel rasa kepemilikan dan rasa cinta terhadap organisasi meningkatkan rasa percaya pada diri karyawan bahwa mereka benar akan rugi jika meninggalkan hotel karena organisasi lain tidak lebih baik mempertahankan keadaan normative commitment yang sudah tinggi dan memperhatikan respon karyawan pada item yang menunjukkan kurangnya rasa hutang budi karyawan terhadap organisasi (3) kemudian untuk turnover intention karyawan perlu diperhatikan dengan pemberian arahan serta pemberian kepercayaan pada diri karyawanlah usaha yang mampu menyurutkan niat karyawan untuk mencari pekerjaan lain. Pada penelitian selanjutnya untuk menguji ulang atau meneliti kembali apakah benar bahwa affective commitment memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap turnover intention karyawan hotel yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32003

Actions (login required)

View Item View Item